free statistics

Cara Menggunakan Rumus If Dan Countif

Rate this post

Cara Menggunakan Rumus If Dan Countif – You are here: MJournal » Rumus Excel » Rumus IF Excel tunggal dan multi-level [aturan + 7 contoh] Rumus IF Excel tunggal dan multi-level [aturan + 7 contoh]

) di Excel. Cara termudah untuk menggunakan rumus ini adalah dengan menggunakan logika Anda sendiri. Aturan IF – THEN terkait erat dengan rumus IF ini.

Cara Menggunakan Rumus If Dan Countif

Cara Menggunakan Rumus If Dan Countif

Itu penting! Tulis semua rumus di Excel menggunakan operator yang memisahkan setiap pernyataan, baik koma (, ) atau titik koma (;). Sesuaikan operator pembatas yang Anda gunakan. Saya menggunakan koma (, ). Jika Anda masih tidak yakin, lihat panduan titik koma Excel.

Rumus Excel Dasar Yang Sering Digunakan Di Perusahaan

Dalam praktiknya, ada banyak cara untuk menggunakan rumus/fungsi Excel IF ini. Misalnya, seperti rumus IF tunggal Excel, multi-level dan bahkan kombinasi fungsi IF dengan fungsi tambahan seperti AND, OR, VLOOKUP, dll.

Dalam panduan ini Anda akan mempelajari semua cara menggunakan fungsi IF yang saya rangkum dalam beberapa contoh berbeda. Harap memahami setiap langkah untuk mendapatkan pemahaman yang sempurna.

Pada dasarnya, rumus IF adalah fungsi dalam Ms. Excel untuk memeriksa, membandingkan dan kemudian memilih kondisi/kondisi terpenuhi.

Minimal, rumus IF harus berisi pernyataan logika IF – THEN. Kedua pernyataan harus tersedia. Juga, Anda mungkin atau mungkin tidak menggunakan pernyataan logika alternatif (tergantung seperti apa data Anda).

Cara Menggunakan Fungsi Sum, Average, Max, Min, Count, If, Stdav, Flookup Dalam Microsoft Office Exel

Tiga argumen (Logical_Test, Value_IF_true dan Value_IF_false) dapat berupa nilai (diketik secara manual) / sel / rumus tertentu, baik pada lembar yang sama atau berbeda. Ini berarti Anda dapat menggabungkan rumus IF dengan rumus lain juga.

Sedikit tip, sebelum menggunakan rumus IF multi level, pahami contoh penggunaan rumus IF tunggal berikut atau kombinasikan rumus IF dengan rumus Excel lainnya.

Pertama-tama rumus IF tunggal berarti satu. Artinya, Anda akan menggunakan rumus JIKA 1 tanpa menggabungkannya dengan rumus JIKA 2, 3 dan seterusnya.

Cara Menggunakan Rumus If Dan Countif

Dalam contoh ini, kami menentukan kursus mana yang termasuk dalam kategori LULUS. Perhatikan istilah yang saya gunakan:

Belajar Rumus Countif Dan Countifs Di Excel

Rumus IF digunakan untuk menentukan apakah nilai mata kuliah masuk dalam kategori Lulus atau tidak.

Catatan: Ini hanya contoh paling sederhana. Mungkin Anda mengalami beberapa kesalahan atau memiliki tujuan yang berbeda. Oleh karena itu, mari kita pahami lebih dalam tentang fungsi IF ini.

Jika Anda ingin merujuk ke data dalam format teks dalam argumen rumus Excel seperti LULUS, GAGAL, ??LIMA dan seterusnya, teks harus menggunakan 2 tanda kutip seperti “LULUS”, “GAGAL” dan “LIMA”. Perhatikan contoh berikut:

Lihat, argumen value_if_true menggunakan data teks “lima”. 2 kutipan harus disediakan. Jika tidak, Excel akan mengembalikan pesan kesalahan #NAME di hasil? Sama seperti sel B3

Modul_rumus Rumus Excell Dan Cara Penggunaannya.pdf

Di Excel, saat Anda merujuk ke angka atau sel dalam argumen rumus, Anda tidak perlu meletakkan 2 tanda kutip seperti “27” dan “C”.

Sedangkan untuk data berupa angka tidak perlu mengapit sel B6 dan B7 dengan 2 tanda petik seperti rumus.

Contoh ini memperlihatkan rumus JIKA yang mengambil hasil data dalam sel. Maksud dari rumus JIKA adalah, jika kolom A berisi A, maka 100. Jika tidak memiliki A, maka 80.

Cara Menggunakan Rumus If Dan Countif

Perhatikan bahwa argumen logical_test berisi data dalam format teks, yaitu A10 = “A” dan A11 = “A”. Mengacu pada 2, Excel mengasumsikan bahwa data dalam format teks.

Rumus Excel Mengetahui Duplikasi Data

Lihat rumus di sel B12 yang menunjukkan penyalahgunaan karena tidak membungkus data teks dalam uji logika =IF(A12=A,B17,B18).

Selanjutnya, lihat argumen value_if_true dan value_if_false. Kedua argumen berisi referensi sel, yaitu B17 dan B18. Untuk data seperti itu, “jangan tutup 2 referensi”.

Sedangkan rumus di sel B13 menunjukkan penyalahgunaan karena mencondongkan data berupa referensi sel =IF(A13=”A”, “B17” , “B18” ).

Menggunakan rumus IF untuk lembar (antara) yang berbeda sama seperti rumus lainnya. Anda akan melihat nama lembar (2/3 dan seterusnya) diterapkan pada argumen rumus. Contohnya seperti contoh berikut :

Fungsi/rumus Countif Excel: Kegunaan, Contoh, Dan Cara Menggunakan

Itu penting! Saya menggunakan fitur Show Multiple Worksheets untuk melihat beberapa lembar sekaligus. Fitur ini membuatnya sangat mudah untuk menggunakan formula lembar yang berbeda. Jika Anda tidak tahu caranya, lihat beberapa lembar kerja dan lihat manual Excel.

Seperti yang Anda lihat, saya memiliki 3 lembar. Lembar 1 = Beda Lembar 1, Lembar 2 = Lain-lain Lembar2, dan Lembar 3 = IF Rekap. Kemudian pada sel C

Lihatlah argumen dalam rumus. Excel menambahkan nama lembar sumber sebelum nama sel, misalnya: =IF(DifferentSheet1 !A1=”Apple”, ‘Different Sheet2’ !C1, ”Check Data”)

Cara Menggunakan Rumus If Dan Countif

Namun perlu diperhatikan, jika ada spasi pada nama sheet, nama sheet pada argumen rumus harus diapit oleh 1 tanda kutip ‘…’ seperti nama sheet: =IF(BedaSheet1!A

Rumus Excel Lengkap Fungsi Dan Contohnya

Itu penting! Aturan penulisan ini menjadi dasar untuk menggunakan rumus perbedaan (antara) di Excel. Anda dapat mempelajari diskusi mendalam tentang berbagai rumus lembar di Panduan Referensi 3D Excel.

Itu penting! Tabel bernama tidak memiliki format yang sama dengan tabel yang menggunakan batas biasa. Mungkin masih ada beberapa pengguna yang salah tentang hal ini. Jadi jika Anda ingin tahu tentang tabel bernama, silakan merujuk ke panduan membuat tabel Excel.

Jangan bingung dengan argumen dalam rumus. Karena argumen [@Number] dan T_Value[@NUMBER] adalah struktur tabel. Perhatikan gambar berikut:

Meskipun menggunakan rumus yang sama, setiap baris memberikan hasil yang berbeda. Ini adalah salah satu keuntungan dari rumus terstruktur dibandingkan tabel bernama.

Fungsi Countif Excel Dan Contoh Penggunaannya

Namun, menggunakan rumus bawaan juga memiliki aturan penulisannya sendiri. Jangan biarkan #VALUE mengacaukan Anda! Mirip dengan hasil Sel G

Catatan: Saya harap Anda benar-benar memahami 5 contoh di atas (gabungkan beberapa rumus IF dengan rumus Excel lainnya) sebelum melanjutkan ke contoh berikutnya.

Meskipun value_if_false adalah logika alternatif. Namun, saat menggunakan rumus IF individual atau bersarang, argumen value_if_false ini sering berisi kesalahan.

Cara Menggunakan Rumus If Dan Countif

Misalnya, seperti dalam contoh rumus IF tunggal, kami menggunakan 1 uji_logis, 1 nilai_jika_benar, dan 1 nilai_jika_salah untuk menguji 2 kriteria yang berbeda.

Uda Tau? 18 Rumus Excel Paling Sering Digunakan Dan Contoh » Reezuls

Dalam beberapa situasi kesalahan akan terjadi. Coba masukkan 1 atau 2 baris data baru di baris 7 dan 8. di sel B

Yang menjadi logical_test berisi angka 257. Sedangkan kriteria logical_test dalam rumusnya adalah >=70. Angka 257 lebih besar dari 70, jadi Excel mengembalikan hasil LULUS.

Berisi teks “belum”. Bagaimana nilai None bisa masuk kriteria PASS? Tentu bukan itu yang Anda inginkan.

Untuk mengatasinya bisa menggunakan rumus Criteria OR Multilevel IF karena kita mengecek 2 kriteria “LULUS atau GAGAL” yang berbeda.

Panduan Lengkap Menggunakan Fungsi Count, Counta, Countblank, Countif Dan Countifs Di Excel

Atau, Anda dapat menggunakan validasi data di kolom B untuk membatasi entri data sehingga kolom hanya dapat diisi dengan angka dari 0 hingga 100.

Dengan demikian, Anda dapat menggunakan rumus IF dalam contoh pertama untuk menyelesaikan masalah ini tanpa fungsi IF bersarang.

Rumus IF multi-level berarti menggunakan 2 atau lebih fungsi IF dalam satu sel. Teknik ini cocok untuk Anda gunakan jika Anda memiliki lebih dari satu kriteria tes.

Cara Menggunakan Rumus If Dan Countif

Saat ini ada 2 jenis rumus IF bersarang yang disebut kriteria IF “dan” dan kriteria IF “atau”. Kedua jenis tersebut memiliki aturan penulisan yang berbeda.

Penggunaan Rumus Countif Dengan Tambahan Spesifikasi Kata Dari Kriteria Yang Diinginkan

Anda dapat memasukkan rumus IF 2, 3, dan seterusnya dalam argumen [value_if_true] dan/atau [value_if_false] dari rumus IF sebelumnya.

Jika Anda memasukkan rumus IF 2 dalam argumen [value_if_true], itu juga disebut kriteria IF “dan”. Jika [value_if_false] aktif, ini juga disebut kriteria IF “atau”. Anda hanya dapat menggunakan kriteria “dan”, atau hanya “atau” atau kombinasi keduanya.

Catatan: Kriteria “dan” dalam contoh ini bukanlah kombinasi dari fungsi IF dan fungsi AND. Sebaliknya, menggabungkan 2 atau lebih fungsi IF untuk menguji 2 atau lebih kondisi terkait (kriteria).

Perhatian!, fungsi IF kedua (warna hijau) dimasukkan dalam argumen [value_if_true] dari rumus IF pertama (warna biru). Fungsi IF kedua juga harus menyertakan 3 argumen dasar dari rumus IF yang saya jelaskan di awal tutorial ini, yaitu logical_test, [value_if_true] dan [value_if_false].

Rumus Excel Dengan Fungsi Dan Contohnya, Terlengkap!

Sementara itu, argumen pertama rumus IF harus menyertakan [value_if_false] di argumen terakhir meskipun Anda menggunakan lebih dari 2 rumus kriteria IF “dan” sebagai berikut:

Lihat, setiap rumus IF mengisi argumen [value_if_true] di rumus IF sebelumnya. Karena IF 2 menggantikan [value_if_true] dari IF pertama. Demikian pula, IF 3 menggantikan [value_if_true] dengan IF 2 dan seterusnya.

Dalam hal ini, siswa hanya lulus jika memenuhi standar kelulusan minimum di kedua kelas (MID dan UAS). Jika salah satu nilai tidak memenuhi kriteria minimal nilai akhir, maka siswa tersebut dinyatakan gagal. Standar nilai kelulusan minimal adalah sebagai berikut:

Cara Menggunakan Rumus If Dan Countif

Seperti yang terlihat, terdapat hubungan (dan kriteria) dengan dua syarat yaitu nilai MID dan UAS dimana siswa harus memenuhi syarat minimal nilai kelulusan agar kedua nilai tersebut dinyatakan lulus.

Rumus Perkalian Excel Sangat Mudah, Begini Cara Menyelesaikannya

Kemudian, jika logical_test cocok dengan kriteria pengujian, Excel akan mengembalikan hasil rumus IF kedua =IF(B2>=75, IF(C2>=80), karena rumus IF kedua value_if_true adalah rumus IF pertama.

Selain itu, jika logical_test dari rumus IF kedua memenuhi kriteria, Excel mengembalikan hasil value_if_true dari fungsi kedua IF =IF(B2>=75, IF(C2>=80, “LULUS”).

Jika Anda tidak memasukkan value_if_false untuk fungsi IF kedua, Excel akan mengembalikan hasil FALSE seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

Selain itu, nilai terakhir value_if_false =IF(B2>=75, IF(C2>=80, “LULUS”, “FAIL”), “FAIL” ) berguna jika uji logika rumus JIKA pertama tidak cocok dengan kriteria . Jika argumen ini tidak diisi, Excel mengembalikan FALSE seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

Countifs (fungsi Countifs)

Bagaimana? Mudah bukan? FYI, Anda dapat menggunakan kriteria yang berbeda dalam fungsi JIKA “DAN” ini.

Yang terpenting, letakkan fungsi IF berikutnya dalam argumen value_if_true dari fungsi IF sebelumnya. Kemudian jangan lupa untuk mengisi semua value_if_false jika tidak ingin Excel mengembalikan hasil FALSE, gunakan fungsi IF.

Juga, setiap fungsi IF yang Anda gunakan harus ditutup (tanda kurung tutup) ketika semua argumen yang diperlukan diisi. Jika Anda mendapatkan bagian ini salah, kemungkinan besar ada kesalahan dalam rumus IF.

Cara Menggunakan Rumus If Dan Countif

Catatan: kriteria “atau” dalam contoh ini juga bukan kumpulan fungsi.

Kumpulan Studi Kasus Excel

Cara membuat rumus countif di excel, cara menggunakan rumus if, cara rumus countif, menggunakan rumus if, cara menggunakan rumus countif, cara menggunakan rumus excel if, rumus diskon excel menggunakan if, cara menggunakan rumus if bertingkat, cara membuat rumus if di excel, cara rumus if, cara buat rumus if di excel, cara menggunakan rumus if 3 kondisi

Comments

social bar