free statistics

Cara Menggunakan Rumus Di Excel If

Rate this post

Cara Menggunakan Rumus Di Excel If – Rumus IF digunakan untuk membandingkan logika dengan nilai tertentu. Hasilnya akan menampilkan nilai sebagai TRUE jika cocok, atau sebagai FALSE jika nilainya tidak cocok. Dalam bentuk fungsi IF kita dapat membandingkan logika yang kita masukkan. Kemudian Microsoft Excel akan memproses logika berdasarkan kriteria yang ada. Ini kemudian menampilkan nilai/hasil akhir yang diperoleh.

Dalam praktiknya, rumus IF dapat digunakan jika kita ingin membandingkan siswa berprestasi atau menggunakan nilai ulangan/raport masing-masing siswa. Contoh lain, kita dapat mengurutkan posisi karyawan hanya berdasarkan nomor ID karyawan perusahaan, dll. Nah, dalam tutorial MS Excel ini, kita juga akan berlatih dengan contoh-contohnya.

Cara Menggunakan Rumus Di Excel If

Cara Menggunakan Rumus Di Excel If

Berdasarkan struktur rumus yang tertulis di atas, berikut ini akan kita bahas kembali penjelasan detail dari rumus di atas:

Kumpulan Video Tutorial Excel

Tempatkan kursor di sel tempat Anda ingin meletakkan hasil perhitungan rumus IFKA. Kemudian ketikkan rumus ke dalam formulir

Di mana semua alamat sel, nilai, dan angka berada dalam tanda kurung. Pada huruf, beri tanda petik, misalnya “Benar” atau “Salah”, lalu tekan Keyboard untuk melihat hasilnya.

Misalnya, kami akan mengklasifikasikan pesanan yang berisi makanan dan minuman berdasarkan biaya atau harga. Jadi kita tinggal menggunakan fungsi IF seperti biasa dengan memasukkan referensi sel dan logika yang kita inginkan, lalu masukkan nilainya, nilai yang sebenarnya adalah “Makanan”, sedangkan nilai yang salah adalah “Minuman”. Berikut adalah contoh teks:

Jadi cara membaca rumusnya adalah barang yang lebih dari 20000 itu BENAR dan masuk ke Makanan, juga SALAH yaitu Minuman.

Rumus Excel Match Untuk Mencari Data Dan Contohnya

Salin rumus yang ditulis dalam Isi Manual atau seret ke bawah untuk menerapkan rumus ke sel lain. Lihat juga rumus dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian di Excel.

Tulis apakah fungsi MS Excel dapat digunakan hingga 7 level. Jadi kita bisa memasukkan nama fungsinya, yaitu IF 7 kali tulis jika perlu. Seperti yang disebutkan pada versi terbaru dari aplikasi Microsoft Excel, kita dapat memasukkan fungsi IF hingga level 64x, sehingga kita dapat memperkirakan berapa banyak logika perbandingan yang dapat dimasukkan.

Model IF bertingkat digunakan jika ada lebih dari 2 nilai, seperti untuk memisahkan nilai siswa. Untuk siswa yang nilainya 0-50 dalam kategori Kurang, skor 51-75 dalam kategori Cukup dan 76-100 dalam kategori Baik. Berikut adalah rumus scriptnya:

Cara Menggunakan Rumus Di Excel If

Kita dapat melihat bahwa rumus tersebut mengandung 2 level IF yang berbeda karena ada lebih dari 2 kemungkinan. SE pertama, kita merujuk ke sel yang nilai siswanya kurang dari 50, dengan nilai “kurang dari”.

Mencari Duplikat Dari Dua Data Excel

Kemudian ketikkan rumus IF kedua, jangan lupa gunakan tanda kurung buka setiap kali mengetik nama rumus, masukkan referensi sel beserta nilai TRUE yaitu “Suffcient”.

Untuk nilai terakhir kita tidak perlu menulis IF lagi, cukup tulis nilai FALSE yaitu “Baik”. Kemudian ada penutupan penutupan seperti pada pembukaan yang kita masuki sebelumnya, misalnya ada 2 sayap.

Ini adalah pembahasan fungsi IF dengan contoh, apakah itu sederhana atau contoh rumus IF bertingkat. Jika kita ingin dapat menggunakan fungsi SE untuk meningkatkan. Kita harus mulai belajar sedikit di tingkat kecil dan secara bertahap naik ke tingkat yang lebih tinggi. Fungsi Excel IF ini berguna untuk menentukan nilai berdasarkan suatu kondisi, jika kondisi terpenuhi maka akan keluar satu nilai, jika kondisi tidak terpenuhi maka akan keluar nilai lainnya. Secara umum sintaks atau baris perintah untuk fungsi IF adalah sebagai berikut:

Dari gambar tersebut kita ingin mengetahui kelas mana yang lulus dan mana yang tidak. Dengan logika kondisional B4 > 70 yang digunakan sebagai kriteria untuk lulus kelas, maka kelas yang lulus adalah yang nilainya lebih besar dari 70, sedangkan kelas yang nilainya kurang dari 70 akan menunjukkan nilai FALSE karena kita tidak. menentukan nilai kenaikan jika tes tidak terpenuhi.

Cara Menghitung Diskon Dengan Rumus If Di Microsoft Excel

Atau kondisi hanya satu, bagaimana jika kondisi memiliki lebih dari satu kondisi, maka kita akan menggunakan pengembangan fungsi IF, yang merupakan fungsi IF bersarang atau

Fungsi IF bersarang ini menggunakan 2 kondisi logis Kondisi_1 dan Kondisi_2. Jika kondisi pertama benar maka Value_True_1 akan ditampilkan, jika kondisi 1 salah dan kondisi_2 benar maka nilai yang ditampilkan adalah Value_True_2, jika kedua nilai logika salah maka Value_False akan ditampilkan.

Kemudian hasilnya seperti pada fungsi nested IF dimana nilai B4 < 50 TIDAK REMEDIAL, jika nilai B4 kurang dari atau sama dengan 70 maka kelasnya REMEDIAL, jika tidak maka gagal. Persyaratan 1 dan 2 dan kemudian kelas yang lulus.

Cara Menggunakan Rumus Di Excel If

Fungsi SE Excel ini juga dapat digabungkan dengan fungsi lain seperti fungsi AND, OR dan SUM, fungsi SE gabungan ini akan dibahas pada artikel berikut. Jangan lupa untuk berkomentar jika ada pertanyaan, format Excel kini banyak digunakan untuk dapat mengerjakan laporan keuangan dan lain-lain agar tampil dalam banyak fungsi. Disini kita akan membahas tata cara yang lengkap, singkat dan detail agar tidak berpanjang-panjang, mengingat tata cara tersebut selalu digunakan di sekolah, balai, kantor dan rumah untuk melaksanakan pekerjaan. Kumpulan rumus fungsi lanjutan yang akan kami jelaskan dalam artikel ini meliputi rumus IF, SUM, AVERAGE, VLOOKUP, SUBTRACTION, MULTIPLICATION, MULTIPLICATION, PERCENTAGE, DIVISION DAN AND dan OR lanjutan.

Rumus Dasar Microsoft Excel Yang Wajib Dikuasai Oleh Pemula

Sebelum mengetahui rumus lengkapnya, Anda harus terlebih dahulu memahami pengertian dari Microsoft Excel. Microsoft Excel adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft dalam bentuk perhitungan atau spreadsheet elektronik, aplikasi ini digunakan oleh berbagai sistem operasi seperti Windows beberapa seri, Mac OS beberapa seri, iOS dan Android. Terdapat berbagai macam fungsi di dalam Excel seperti tabel, grafik, perhitungan, rumus perhitungan dan masih banyak lagi fungsi lainnya. Maka tidak heran jika semua orang menggunakan aplikasi Microsoft Excel untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan mudah.

Microsoft Excel juga memiliki beberapa metode yang saya sebutkan di atas, yang merupakan rumus dasar, seperti AVERAGE, SUM, IF dan VLOOKUP. Walaupun rumus-rumus tersebut benar-benar keluar dari pikiran, tetapi beberapa orang tidak tahu cara menggunakannya, yang merupakan tambahan. rumus, pengurangan, perkalian, pembagian dan persentase. Setelah prosedur umum di tempat kerja atau sekolah, rumus AND dan OR sering digunakan.

Anda harus mengetahui rumus lengkap yang mencakup semua fungsi Microsoft Excel, baik itu penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, persentase dan IF, SUM, AVERAGE, FIND V dan OR, E. Jadi ketika Anda bekerja dengan fungsi Microsoft Excel, jangan jangan lupa metode excelnya. Itu sebabnya saya sering menulis metode dari semua fungsi yang ada agar Anda dapat mengingatnya.

Metode IF di Excel adalah rumus paling populer yang memungkinkan Anda untuk menentukan hubungan antara nilai dan nilai secara logis. Jadi pernyataan fungsi IF memiliki dua hasil yaitu hasil perbandingan yang benar (TRUE) dan hasil perbandingan yang salah (ELSE). Oleh karena itu, jangan biarkan diri Anda segera memutuskan hasil sebelum melihat hasil datanya.

Menggunakan Rumus Excel (average Dan If) Dalam Menentukan Nilai Rata Rata Dan Predikat

Cara menggunakan rumus IF di excel harus menggunakan aturan penulisan yang benar dan tidak membuat catatan, berikut contoh penulisan rumus IF :

Untuk menghasilkan 3 argumen yaitu TesGudang yang artinya argumen ini berisi kondisi logika yang dievaluasi dengan nilai true (TRUE) atau false (ELSE).

Bagi Anda yang ingin mempelajari rumus IF secara mendalam, Anda dapat mempelajari rumus IF tunggal, ganda, dan bertingkat di bawah ini.

Cara Menggunakan Rumus Di Excel If

Tabel di atas menunjukkan bahwa 4 orang lulus dan 1 orang gagal. Karena rumusnya, nilai yang diambil lebih besar dari 140, tidak lebih besar dari 140. Oleh karena itu, angka 140 tidak termasuk dalam input IF yang diberikan.

Rumus Fungsi If Di Excel, Contoh Dan Cara Menggunakan If Excel

Menggunakan rumus IF ganda Anda dapat menggunakannya untuk melakukan uji probabilitas ganda pada 2 sel sekaligus secara perlahan dan berulang. Jika salah satu sel memiliki nilai kurang dari 60 dianggap gagal, padahal nilai sel lainnya adalah 90, seperti yang ditunjukkan pada contoh tabel di atas. Karena IF ganda hanya berfokus pada nilai dua sel, bukan nilai sel tunggal dalam sel jumlah.

Menggunakan rumus IF multi-level sama dengan menggunakan rumus IF tunggal. Hanya saja level IF ini menangani variabel sebagai cabang IF. Untuk penggunaan tanda koma (, ) atau titik koma/titik koma (;) pada FORMULA, harap sesuaikan versi Microsoft Excel dan model bahasa laptop atau komputer yang Anda gunakan.

Oleh karena itu, pada tabel di atas diketahui bahwa nilai 1 kurang, nilai 2 cukup, nilai 3 baik, nilai 4 sempurna. Untuk pengelompokan gambar tabel otomatis. Asumsikan bahwa kelompok skor siswa diketahui 1 = Buruk, 2 = Cukup, 3 = Baik, dan 4 = Sempurna. Biaya kursus untuk 5 siswa akan dikelompokkan dalam tabel berikut.

Rumus SUM biasanya digunakan untuk menambahkan daftar harga bahan makanan atau perhitungan keuangan lainnya. Anda dapat dengan mudah menjumlahkan semua harga untuk setiap unit untuk mendapatkan harga total nanti. Rumus SUM sebenarnya mirip dengan fungsi rumus penjumlahan, namun jika sudah menggunakan banyak data, tentu rumus SUM akan jelas berbeda dengan rumus penjumlahan di Excel.

Mengenal Microsoft Excel, Manfaat, Rumus, Plus Minus, Dan Alternatifnya

Model rata-rata tingkat tinggi ini digunakan untuk menghitung jumlah rata-rata harga, pada gambar tabel di atas saya membuat harga beras. Ada 5 harga beras yang berbeda dari penjual yang berbeda, sehingga hasil harga rata-rata beras ada di tabel.

Untuk menggunakan rumus VLOOKUP di Excel seperti pada tabel di atas, masukkan dulu nama tabel yang Anda buat. Di sini saya menggunakan nama tabel penjualan, jadi saya memanggil rumus dengan nama tabel. Adapun penggunaan angka (2) adalah urutan kolom tabel

Rumus if dalam excel, rumus if excel, rumus if pada excel, contoh rumus excel if, cara menggunakan rumus if pada excel, penggunaan rumus if di excel, rumus if di excel, penggunaan rumus if excel, rumus diskon excel menggunakan if, menggunakan rumus if di excel, menggunakan rumus if pada excel, rumus microsoft excel if

Comments

social bar