free statistics

Cara Menggunakan Mendeley Pada Ms Word

Rate this post

Cara Menggunakan Mendeley Pada Ms Word – Nurhadi Bakhtiar – Anda mahasiswa tingkat akhir yang melakukan penelitian? Apakah Anda merasa bahwa materi yang Anda kumpulkan tidak disimpan dengan baik? Anda harus menginstal dan menggunakan aplikasi Mendeley.

Mendeley adalah program aplikasi yang dikembangkan oleh Elsevier untuk mengelola dan berbagi artikel ilmiah secara online. Fitur-fitur yang tersedia di Mandeley akan memudahkan Anda dalam mengelola dan menemukan materi yang Anda terima. Nah, penasaran bagaimana cara menggunakan Mendeley? Mari kita lihat selengkapnya.

Cara Menggunakan Mendeley Pada Ms Word

Cara Menggunakan Mendeley Pada Ms Word

Diperlukan akun untuk mengunduh aplikasi Mendeley dari situs web. Ada fitur pendaftaran untuk pengguna baru. Isi data pribadi Anda sesuai dengan situasi Anda saat ini. Jika Anda sudah memiliki akun, Anda dapat langsung masuk ke menu login.

Menu Menu Pada Microsoft Word Dan Fungsinya

Setelah Anda berhasil membuat akun, Anda dapat melanjutkan dengan mengunduh Mendeley di bagian Kelola Konteks. Pastikan Anda mendownload Mendeley sesuai dengan sistem operasi komputer yang Anda gunakan.

Setelah unduhan Mendeley selesai, menu instalasi akan muncul secara otomatis. Anda dapat melanjutkan dengan tombol “Selanjutnya” dan menerima “Perjanjian Lisensi”. Kemudian pilih lokasi penyimpanan Mendeley dan tunggu proses instalasi selesai. Pada langkah terakhir, Anda dapat menekan tombol “Selesai”.

Berikut cara menggunakan Mendeley. Saat pertama kali membuka Mendeley, muncul fungsi pencarian literatur yang masih bersih. Di sisi kiri terdapat menu-menu yang dapat digunakan untuk melihat data yang telah Anda simpan.

Cara menggunakan Mendeley dengan Ms. Kata-kata dapat disinkronkan untuk mempermudah pekerjaan Anda. Pilih menu Tools di bagian atas, lalu pilih Install MS Word Plugin. Pastikan tidak ada dokumen mba. Sebuah kata yang terbuka selama proses instalasi plugin. Jika berhasil, plugin Mendeley Ms. Kata-kata seperti gambar.

Tutorial Lengkap Menggunakan Mendeley Di Word

Pertama, Anda dapat memilih tombol “Buat Folder”. Beri nama folder tersebut sesuai dengan kata kunci yang dibutuhkan. Anda kemudian dapat mengimpor file PDF dari kumpulan materi andal yang dikumpulkan dengan drag and drop.

Jika Anda memasukkan data yang benar, sistem Mendeley akan secara otomatis membaca dan membuat bibliografi. Bibliografi akan muncul di sisi kanan materi ketika dibuka. Isi daftar pustaka meliputi judul, pengarang, nama jurnal, tahun dan halaman.

Anda tetap dapat mengedit bibliografi yang belum dibaca oleh Mendeley. Anda dapat menambahkannya di sebelah kanan kotak merah.

Cara Menggunakan Mendeley Pada Ms Word

Gaya kutipan diaktifkan untuk menyimpan format kutipan secara otomatis. Jika gaya kutipan tidak tersedia, Anda dapat mengunduhnya lagi dari halaman Zotero. File tersebut kemudian diimpor ke Mendeley Desktop (kutipan yang dimaksud).

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Word Dengan Mendeley

Sekarang saatnya menulis kutipan di Microsoft Word. Cara menggunakan Mendeley di Microsoft Word, anda tinggal klik halaman Referensi kemudian pilih Insert Citation. Kemudian Anda tinggal memasukkan kata kunci berupa judul atau pengarang.

Selain kutipan, Mandela dapat membantu Anda menulis bibliografi. Anda dapat menggunakan halaman Referensi lalu pilih Tambahkan Bibliografi. Tentu saja bibliografi yang dihasilkan mengikuti bibliografi Mandela.

Nah itulah cara menggunakan Mendeley beserta gambar step by step yang bisa anda gunakan untuk menambah wawasan dan meringankan masalah yang anda alami saat ini, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya. Pernahkah Anda mendengar tentang perangkat atau perangkat lunak bernama Mendeley? Sejujurnya, saya baru mengetahuinya ketika saya memulai MA saya pada tahun 2015. Ketika saya masih di BA, saya masih mengerjakan bibliografi dengan tangan – jadi sangat merepotkan untuk mengatur tempatnya dalam teks. Saya telah menggunakan Mendeley selama 4 tahun sejauh ini! Jadi, saya ingin menulis tutorial Mendeley yang saya harap dapat membantu Anda.

Namun, sebelum kita membahas cara menggunakan Mendeley atau Tutorial Mendeley, mari kita pelajari dulu aplikasi yang bermanfaat ini.

Membuat Daftar Pustaka Otomatis Dengan Aplikasi Mendeley

Secara sederhana, Mendeley adalah aplikasi bibliografi yang dapat memudahkan pengguna dalam menyusun laporan. Mendele dikembangkan oleh Elsevier, yang merupakan salah satu penerbit jurnal internasional terkemuka. Salah satu keuntungan menggunakan Mendeley adalah gratis – tidak seperti EndNote, yang berbayar.

Sebenarnya masih banyak manfaat lainnya, tapi ini yang paling penting menurut saya. Oh ya, jika Anda sedang menulis naskah untuk jurnal internasional, disarankan untuk menginstal software ini di laptop/komputer Anda. Juga, artikel saya berikutnya layak dibaca.

Jika Anda belum menginstal Mendeley di laptop/komputer Anda, Anda dapat mengunduhnya terlebih dahulu dari situs resminya: https://www.mendeley.com. Di pojok kanan atas, Anda dapat mengklik tombol “Unduh”. Ukuran aplikasi sekitar 54,7 MB. Jika proses download sudah selesai, silahkan install.

Cara Menggunakan Mendeley Pada Ms Word

Setelah instalasi selesai, Anda dapat mulai membuka program. Anda akan dibawa ke halaman login untuk pertama kalinya. Jika Anda sudah memiliki akun, cukup masuk. Jika tidak, Anda perlu mendaftar. Berikut cara mendaftar Mendeley:

Cara Menggunakan Mendeley Dan Menghubungkan Ke Ms Word

Seperti disebutkan sebelumnya, Mendeley adalah program yang harus diinstal jika Anda seorang pelajar atau peneliti. Sekarang saya akan mencoba menjelaskan cara menggunakan program ini.

#2 Silakan masuk dengan akun terdaftar Anda, jika Anda belum mendaftar, silakan klik “Daftar” di sudut kiri bawah program dan daftar seperti di atas (Anda dapat mencentang “Tetap masuk”, jadi Anda tidak perlu ke .to login setiap kali Anda membuka program).

#3 Klik “Tools” dan klik “Install MS Plugin” (karena saya sudah menginstalnya, maka opsi “Uninstall…” pada gambar di bawah). Plugin MS ini berguna untuk menambahkan menu Mendeley pada tab Reference di aplikasi Microsoft Word Anda.

#4 Setelah menginstal plugin, Anda dapat mulai menambahkan artikel yang dikutip ke Mendeley. Klik File dan Anda akan disajikan dengan beberapa opsi. Opsi “Tambahkan file…” adalah menambahkan satu/beberapa file PDF. “Tambahkan folder…” berarti menambahkan folder tertentu. “Tambahkan record secara manual…” artinya menambahkan secara manual. “Impor” berarti menambahkan referensi dari file tertentu seperti bibtex dan lainnya.

Mengatasi Gagal Install Mendeley Pada Laptop Atau Pc

#5 Selanjutnya, buka aplikasi pengolah kata atau Microsoft Word Anda. Klik pada tab “Referensi”, maka akan ada menu Mendelian.

#6 Untuk menggunakan Mendeley quote, anda cukup klik “Insert Quote” pada tab Mendeley, akan muncul kotak dialog. Selanjutnya silahkan masukkan judul/keyword/nama penulis artikel yang ingin anda sitasi. Kemudian pilih yang tepat. Silakan lihat gambar di bawah ini.

#7 Selain memasukkan nama penulis atau judul artikel, Anda bisa membuka Mendeley dengan klik “Go to Mendeley”, lalu pilih artikel yang Anda inginkan. Kemudian klik tombol Quote di bagian atas.

Cara Menggunakan Mendeley Pada Ms Word

#8 Untuk mengubah gaya atau gaya kutipan, Anda dapat mengubahnya di tab Mendeley di MS Word yaitu. bagian Gaya.

Bagaimana Membedakan Kutipan Dari Microsoft Word Dengan Kutipan Dari Mendeley

Salah satu masalah yang sering terjadi saat menggunakan Mendely adalah data kutipan tidak sesuai dengan kebenaran. Misalnya, nama penulis tidak cocok. Nama Jurnal, Volume, Halaman Edisi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memeriksa data dan mengeditnya jika salah.

Mendeley adalah program yang sangat berguna bagi siswa, peneliti, dan pendidik. Untuk tutorial Mendeley yang saya tulis belum bisa dikatakan sangat lengkap karena ada beberapa hal kecil yang tidak saya tulis. Jika Anda masih bingung dan kesulitan menggunakan Mendeley, silakan bertanya di kolom komentar. Atau Anda juga dapat mengirim email kepada saya, Anda akan menemukan alamat email saya di kotak profil penulis di bawah artikel ini. Saya harap ini membantu.[]Ketika mengerjakan makalah penelitian ilmiah atau disertasi, Anda harus mencantumkan sumber materi yang Anda peroleh. Tentunya sebuah skripsi atau artikel ilmiah harus memiliki catatan utama atau sering disebut kutipan referensi. Mahasiswa mengalami kesulitan dalam menulis research paper atau makalah penelitian, terkadang kutipan dan daftar pustaka tidak sinkron atau mereka membuat daftar pustaka sendiri. Hal ini tentu sangat tidak efisien. Aplikasi untuk membantu Anda memecahkan masalah terkait kutipan dan bibliografi adalah aplikasi Mendeley. Yuk cari tahu cara menggunakan aplikasi Mendeley dengan baik dan benar.

Mendeley adalah aplikasi yang berguna untuk menghasilkan kutipan (keynote dan bibliografi) secara otomatis. Tidak hanya itu, melalui aplikasi ini Anda dapat membuat perpustakaan digital pribadi yang dapat diakses secara online dengan kapasitas penyimpanan maksimal 2GB.

Sebelum menggunakan aplikasi Mendeley, sebaiknya daftar terlebih dahulu di website Mendeley untuk menggunakan layanan ini. Cara membuat dan mendaftarkan akun Mendele:

Tutorial Lengkap Cara Menggunakan Mendeley Untuk Pemula

1. Setelah mendownload Mendeley, cari aplikasi Mendeley yang sudah Anda download tadi. Klik dua kali aplikasi tersebut, lalu ikuti petunjuknya.

2. Kemudian instal Ms. Plugin Word (Selama penginstalan, jangan mencoba membuka MS Word) > Klik “Alat” > lalu klik “Instal Plugin MS Word”.

Jika label tidak otomatis terisi, harap diisi sesuai dengan “topik” majalah, misalnya majalah terkait dengan website, kemudian isi label dengan website. Isi juga yang berhubungan dengan majalah misalnya halaman, halaman dll. Jika tidak keluar secara otomatis.

Cara Menggunakan Mendeley Pada Ms Word

Bibliografi yang muncul sesuai dengan jumlah keynotes yang dikutip, jadi dengan bantuan aplikasi ini, teman-teman tidak perlu mencari tahu apakah referensi itu bibliografi. Tentunya dengan menggunakan aplikasi ini, keynotes yang Anda kutip akan masuk dalam daftar pustaka Anda. Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Cara Menggunakan Mendeley Sebagai Teknik Menulis Referensi

Cara menggunakan ms word, cara menggunakan ms word 2016, icon pada ms word, ikon pada ms word, menu pada ms word, cara menggunakan ms word 2007, cara ttd di ms word, toolbar pada ms word, cara membuat undangan menggunakan ms word, shortcut pada ms word, cara menggunakan ms word 2010, cara menggunakan ms word 2013

Comments

social bar