free statistics

Cara Menggunakan Fungsi Vlookup Dan Hlookup

Rate this post

Cara Menggunakan Fungsi Vlookup Dan Hlookup – Penggunaan Microsoft Excel dalam dunia kerja tidak terbatas pada entri data saja. Ada data yang perlu diolah, dianalisis, dipresentasikan, dll. Salah satu rumus Excel yang umum digunakan adalah rumus vlookup dan hlookup.

Pastinya kalian sudah tahu kan rumus vlookup dan hlookup ini? Rumus yang dapat mempermudah tugas mempopulasikan data. Fungsi vlookup dan hlookup digunakan untuk membaca data atau memindahkan data dari satu tabel ke tabel lainnya dengan menggunakan kata kunci tertentu.

Cara Menggunakan Fungsi Vlookup Dan Hlookup

Cara Menggunakan Fungsi Vlookup Dan Hlookup

Rumus vlookup dan hlookup merupakan fungsi dasar Excel yang digunakan untuk mencari nilai tertentu pada kolom atau sumber data lainnya dengan menggunakan kata kunci tertentu pada suatu form

Pelatihan Excel Di Terupdate, Yuk Mulai Belajar Bersama Dqla

Jadi kapan kita bisa mengetahui kapan menggunakan rumus vlookup dan hlookup? Fungsi vlookup dan hlookup digunakan untuk membaca data yang disajikan

Perhatikan bahwa rumus penjelajahan vertikal dan visual berbeda dari rumus “pencarian”. Saat rumus pencarian bisa mencocokkan data numerik dan teks sedangkan formula pencarian vertikal dan horizontal hanya bisa mencocokkan data numerik.

Saat melaporkan dari Microsoft, rumus vlookup dan hlookup digunakan saat Anda ingin mencari data dalam tabel atau rentang baris demi baris. Fungsi vlookup dan hlookup digunakan untuk membaca data berdasarkan kata kunci tertentu.

Misalnya, Anda dapat menggunakan rumus pencarian vertikal dan pencarian horizontal untuk menemukan nama atau lokasi pelanggan. Selengkapnya akan dijelaskan di bawah ini, ya!

Cara Membuat Rumus Foto Di Excel, Menampilkan Foto Langsung Otomatis

. Perhatikan juga bahwa saat menggunakan rumus Vlookup dan Hlookup, pastikan untuk mengisi range_lookup dengan nilai

Sekarang setelah Anda mengetahui apa yang harus dicari dan cara menggunakan fungsi telusuri dan telusuri untuk membaca data Anda, saatnya beralih ke rumus telusuri dan telusuri.

Apa yang dapat Anda pelajari Cara menggunakan rumus pencarian vertikal dan horizontal untuk membantu Anda menemukan data Anda.

Cara Menggunakan Fungsi Vlookup Dan Hlookup

1. Oleh karena itu, sebelum menggunakan rumus Vlookup dan Hlookup, Anda harus terlebih dahulu membuat atau membuka sumber data di

Rumus Dasar Microsoft Excel Yang Wajib Dikuasai Oleh Pemula

Yang akan Anda gunakan untuk menggunakan rumus Vlookup dan Hlookup. Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, kolom Nama Pelanggan, Kota, dan Waktu Pengiriman kosong.

2 atau data pelanggan, terdapat sumber data yang nantinya menjadi kata kunci atau database dengan menggunakan rumus vlookup dan hlookup. Anda dapat melihat semua kolom dan baris

Seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Jangan lupa gunakan “=” sebelum memasukkan rumus vlookup dan hlookup, dan buka tanda kurung “(” untuk memasukkan rumus.

Kunci utama yang ingin kami temukan datanya ada di B2. Mengapa? Karena tidak. Klien adalah kunci utama yang digunakan untuk menjalankan berbagai rumus Vlookup

Solution: Modul Microsoft Excel Pertemuan 11 Compressed

. Jangan lupa untuk memasukkan “,” atau “;”. sesuai dengan rumus yang diminta excel yang anda miliki setelah mengetikkan lookup_value.

6. Sebelum memasukkan “,” atau “;” tekan tombol F4 terlebih dahulu. Tujuannya agar sumber data dalam tabel tidak berpindah atau berubah saat dipindahkan ke tabel lain. Kemudian rumus vlookup berbeda

Jadi dihitung jumlah kolom dari kiri ke kanan ya. Atau cukup ikuti urutan abjad dari sisi ke sisi. Setelah mengetik angka 2, jangan lupa ketik “,” atau “;”. Pada dasarnya, ikuti aturan sesuai dengan rumus yang disyaratkan oleh Excel.

Cara Menggunakan Fungsi Vlookup Dan Hlookup

9. Cara lain untuk memasukkan range_lookup adalah dengan memasukkan angka 0. Angka 0 memiliki arti yang sama dengan nilainya

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Hlookup Excel Dan Contohnya

10. Lalu klik “ENTER”. Hasilnya, Anda akan mendapatkan nama klien “Eka”. Jika ragu, Anda dapat memeriksa secara manual apakah hasilnya sesuai dengan sumber data

12. Hasilnya kemudian menunjukkan nama pelanggan sesuai dengan nomor pesanan. Seperti pada gambar di bawah ini.

13. Bagaimana dengan kolom domisili? Caranya sangat mudah, Anda bisa mengulangi langkah tersebut saat mengisi kolom Nama Pelanggan. Namun jangan lupa untuk mengganti col_index_num dengan informasi tempat tinggal Anda.

2 atau detail pelanggan, kolom alamat tempat tinggal ada di kolom ketiga atau kolom C. Jadi penulisan rumus vlookup berbeda

Cara Praktis & Simple Menggunakan Rumus Vlookup Dan Hlookup Pada Ms Excel

, kamu bisa mengganti angka 2 dengan angka 3. Jangan lupa tekan F4 setelah memasukkan data ke dalam table_array ya!

Karena jika lupa menekan F4 sambil menyeret tanda tambah ke bawah untuk memasukkan data lain, itu akan terjadi

Cara mudah untuk memeriksa apakah Anda menekan F4 atau tidak adalah dengan memeriksa apakah ada tanda “$” di rumus atau tidak

Cara Menggunakan Fungsi Vlookup Dan Hlookup

Dalam nilai table_array. Jika demikian, Anda sudah menjadi F4. Tetapi jika tidak ada, Anda harus memasukkan kembali rumusnya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Fungsi Vlookup Dan Hlookup

Bagaimana dengan kolom waktu pengiriman? Untuk mengisi kolom Waktu pengiriman, Anda sekarang harus menggunakan rumus hlookup =HLOOKUP(lookup_value, table_array, row_index_num, [range_lookup]) .

Jangan lupa gunakan “=” sebelum memasukkan rumus Vlookup dan Hlookup dan buka tanda kurung “(” untuk memasukkan rumus. Caranya sama dengan rumus Vlookup yang berbeda

Perbedaannya adalah dengan menggunakan rumus hlookup, sumber data yang merupakan kunci utama disajikan sebagai garis memanjang ke samping atau

2 atau data pelanggan, yang mencakup data waktu pengiriman hanya berdasarkan tempat tinggal. Karenanya

Cara Membuat Rumus Vlookup

D2 atau kolom Tempat Tinggal merupakan kunci utama untuk melengkapi kolom Delivery Time. Jangan lupa untuk memasukkan “,” atau “;”. setelah memasukkan nilai D2.

3. Tujuan menekan F4 untuk rumus Vlookup dan Hlookup adalah sama. Untuk mengunci sumber data agar tidak berubah atau berpindah saat dipindahkan ke tabel lain. Jangan lupa tekan F4 sebelum mengetik “,” atau “;”.

4. Lalu masukkan row_index_num dengan mengetikkan angka 2. Kenapa? Karena sumber data dengan keterangan waktu pengiriman ada di baris kedua. Jangan lupa untuk memasukkan “,” atau “;”. setelah memasukkan nilai 2.

Cara Menggunakan Fungsi Vlookup Dan Hlookup

Dengan angka 0 anda kemudian beri tanda kurung tutup “)”. Maka akan muncul formula pada formula bar seperti gambar di bawah ini. Kemudian tekan “ENTER” dan Anda akan mendapatkan hasil waktu pengiriman di bawah ini

Cara Menghilangkan #n/a Pada Rumus Vlookup Yang Error

7. Terakhir, tinggal seret ke bawah tanda tambah di pojok kanan bawah kolom 9:30 AM. Hasilnya kemudian menunjukkan nama pelanggan seperti yang ditentukan dalam nomor pesanan. Seperti pada gambar di bawah ini.

Jika Anda sudah tahu cara menggunakan rumus vlookup dan hlookup, temukan pekerjaan impian Anda di aplikasi.

Psst sekarang sudah work di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Medan, Semarang dan Gowa lho! Anda dapat melamar pekerjaan impian Anda di banyak kota pilihan Anda. menyenangkan bukan?

Temukan lebih dari 50.000 lowongan kerja, lamar dan komunikasikan langsung dengan HRD. Mari kita cari pekerjaan bersama!

Cara Menggunakan Rumus Excel Vlookup Dan Hlookup

Jelajahi ribuan pekerjaan dan berkomunikasi langsung dengan HRD atau pemilik bisnis Unduh aplikasinya sekarang! ?#Mulai sekarang untuk masa depan yang lebih baik! Cara Cepat Menguasai Rumus Vlookup dan Hlookup – Pada kesempatan kali ini Bang Onntak akan membahas tentang Cara Cepat Menguasai Rumus Vlookup dan Hlookup. Pada tutorial kali ini Bang Ontak akan memberikan contoh soal sederhana yang sangat mudah dipahami dan memudahkan teman-teman untuk belajar. Rumus Vlookup dan Hlookup adalah rumus yang rumit, tetapi tutorial ini pasti akan membantu Anda menguasainya.

Rumus VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari tabel yang disusun secara vertikal. Bentuk notasi fungsi pencarian vertikal adalah =VLOOKUP(lookup_value,array_array,column_number) saat dibaca yaitu =VLOOKUP(nilai kunci, posisi tabel, nomor kolom).

Sedangkan rumus HLOOKUP berguna untuk menampilkan data dari tabel yang disusun dalam format horizontal. Fungsi hlookup ditulis sebagai = HLOOKUP(lookup_value, table_array, row_index) atau sebagai read = HLOOKUP(nilai kunci, entri tabel, nomor baris).

Cara Menggunakan Fungsi Vlookup Dan Hlookup

Langkah pertama Buka spreadsheet Ms baru. Office Excel, lalu ajukan pertanyaan seperti ini:

M 4 (part1) Fungsi Vlookup Hlookup

Untuk menjawab pertanyaan di atas, cukup isi kolom untuk menghitung gaji pokok, tunjangan, transportasi, gaji total, pajak, gaji bersih dan total.

Saat menghitung gaji pokok, gunakan fungsi VLOOKUP di sel D6. Setelah memasukkan rumus di D5, salin atau seret rumus hingga D10. Bentuk rumus fungsi sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya yaitu =VLOOKUP(search_value, table_array, column_index_number).

Yang perlu Anda pahami dan ketahui adalah lookup_value diisi dengan nilai sebagai basis (nilai kunci) untuk membaca tabel data. array_array adalah array data yang disusun secara vertikal, berguna untuk array tambahan yang dibaca oleh rumus. Col_index_num adalah nomor urut kolom dari mana tabel harus dibaca, dimulai dari kolom kiri.

Perhatian!!!! Karena “Tabel Gaji” yang akan dibaca berada pada posisi tetap, untuk menghindari kesalahan saat menyalin rumus atau menyeret, tambahkan $ ke sel/rentang absolut (untuk $ , silakan gunakan F4 atau masukkan secara manual). Harap pahami gambar di bawah ini sebagai contoh:

Kumpulan Semua Rumus Excel + Cara Menggunakannya

Gunakan fungsi VLOOKUP di sel E6 saat menghitung kolom Tambahan. Setelah selesai, mulai dari sel E6, salin/seret rumus ke sel E10. Untuk mempelajari cara menulis rumus, lihat gambar berikut:

Ketikkan rumus untuk VLOOKUP di sel F6. dan setelah mengisi rumus di sel F6, salin atau seret rumus ke sel F10. Silakan lihat gambar proses di bawah ini:

Saat menghitung total pembayaran, gunakan fungsi SUM di sel G6 dan masukkan rumus =SUM(D6:F6). Setelah selesai mengisi rumus di sel G6, salin atau seret rumus ke atas ke sel G10. Atau Anda dapat menambahkannya langsung di sel G6 untuk penjumlahan aritmatika sederhana = D5+E5+F5 lalu salin ke bawah. Prosedurnya ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Cara Menggunakan Fungsi Vlookup Dan Hlookup

Saat menghitung pajak, gunakan fungsi HLOOKUP di H6, setelah mengisi rumus di H6, salin atau seret rumus ke H10. Lihat gambar di bawah untuk informasi lebih lanjut.

Macam Macam Lookup? Apa Fungsinya Dan Bagaimana Cara Menggunakan?

Saat menghitung gaji bersih, silakan gunakan rumus SUM di sel i6, bentuknya seperti ini: =SUM(G6-H6), salin atau seret rumus ke sel I10. Anda juga dapat menggunakan rumus aritmatika sederhana =G5-H5 lalu salin atau seret ke sel I10. Lihat gambar di bawah untuk informasi lebih lanjut.

Saat menghitung “jumlah besar” dari setiap bagian yang telah Anda lakukan sebelumnya

Cara menggunakan hlookup dan vlookup, cara menggunakan excel vlookup dan hlookup, cara menggunakan rumus if vlookup dan hlookup, fungsi if vlookup dan hlookup, cara menggunakan rumus vlookup dan hlookup, cara menggunakan rumus excel vlookup dan hlookup, fungsi excel vlookup dan hlookup, menggunakan hlookup dan vlookup, menggunakan fungsi hlookup dan vlookup, fungsi rumus vlookup dan hlookup, fungsi vlookup dan hlookup, menggunakan rumus vlookup dan hlookup

Comments

social bar