free statistics

Cara Menggunakan Excel Menghitung

Rate this post

Cara Menggunakan Excel Menghitung – Halo, sampai jumpa lagi di sesi singkat ini. Kali ini kita akan membahas tentang fungsi dataif yang digunakan untuk menghitung masa kerja di Excel.

Tutorial ini akan dibagi menjadi 2 bagian, yaitu langkah sederhana dan langkah panjang menggabungkan fungsi Excel lainnya.

Cara Menggunakan Excel Menghitung

Cara Menggunakan Excel Menghitung

Oke, untuk memulai tutorial ini, perlu diingat bahwa hari kerja tidak selalu genap di tahun tertentu, tetapi terkadang ada tahun, bulan, dan hari.

Kumpulan Semua Rumus Excel + Cara Menggunakannya

Itulah sebabnya sejak awal tutorial ini dibuat sepenuhnya untuk membantu Anda ketika Anda diminta untuk menghitung jam kerja yang tidak diklasifikasikan di atas.

Satuan Tahun ditulis “Y”, bulan ditulis “YM” dan hari ditulis “D”.

Perintah: Berdasarkan data di atas, hitung masa kerja seluruh karyawan dan berapa banyak karyawan yang telah menyelesaikan 5 tahun pada tanggal 30 Juli 2020.

Untuk mengikuti petunjuk di atas, misalkan Anda seorang karyawan departemen HRD yang ditugaskan oleh atasan Anda untuk memperkirakan pekerjaan karyawan tersebut, maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Rumus Excel Lengkap Beserta Contoh Perhitungannya

Untuk menjawab instruksi pertama: kita hanya ingin mengetahui masa kerja dalam tahun, maka rumusnya ditulis sebagai berikut:

Dengan demikian, hasil yang diperoleh sesuai dengan masa kerja. Jika tidak genap atau tanggal tidak mencukupi, hasilnya akan dibulatkan ke bawah. Misalnya 3 tahun 5 bulan, maka hasil berdasarkan perhitungan dateif adalah 3 tahun.

Namun, jika kita ingin mengetahui secara pasti berapa jam kerja yang dimiliki karyawan (tahun dan bulan), rumusnya ditulis sebagai berikut:

Cara Menggunakan Excel Menghitung

Untuk menjawab perintah kedua: berapa banyak orang yang telah mengabdi selama 5 tahun, maka Anda dapat menghitungnya dengan tangan. Mengenai data karyawan PT. Mekar dengan matahari, jawabannya adalah 7 orang (kuning pada gambar di atas).

Cara Menghitung Berat Wiremesh Excel Dan Cara Bulatkan Harga 100 Ke Atas Terdekat

Jadi, secara ringkas, untuk menghitung usia kerja di Excel 2010/2007, gunakan rumus dataif dan masukkan ekstensi tahun/bulan dan &”Tahun”. Baca sedikit lagi

Anda dapat memasukkan rumus sederhana untuk menambah, membagi, mengalikan, dan mengurangi dua atau lebih nilai numerik. Atau gunakan fitur tambah otomatis untuk mengumpulkan rentang nilai dengan cepat tanpa memasukkannya ke dalam rumus secara manual. Setelah Anda membuat rumus, Anda dapat menyalinnya ke sel tetangga – tidak perlu membuat rumus yang sama berulang-ulang.

Semua entri rumus dimulai dengan tanda sama dengan (=). Untuk rumus sederhana, ketikkan tanda sama dengan diikuti dengan nilai numerik yang ingin Anda hitung dan gunakan operator matematika yang Anda inginkan, tanda plus (+) untuk menambah, tanda minus (-) untuk mengurangi, asterisk (*) untuk mengalikan, dan memotong (/ ) membagi. Kemudian tekan ENTER, dan Excel akan segera menghitung dan menampilkan hasil rumus.

Misalnya, saat Anda mengetik =12,99 + 16,99 di sel C5 dan menekan ENTER, Excel menghitung hasilnya dan menampilkan 29,98 di sel tersebut.

Cara Menambahkan Symbol Rp Dan Idr Ke Dalam Sel Di Excel

Rumus yang Anda masukkan dalam sel tetap terlihat di bilah rumus, dan bisa dilihat setiap kali sel dipilih.

Penting: Meskipun ada fungsi penjumlahan, tidak ada fungsi pengurangan. Sebagai gantinya, gunakan operator minus (-) dalam rumus; Misalnya, = 8-3 + 2-4 + 12. Atau, Anda dapat menggunakan tanda minus di fungsi SUM untuk mengubah angka menjadi nilai negatif; Misalnya, rumus =SUM(12, 5, -3, 8, -4) menggunakan fungsi SUM untuk mengurangkan 12, 5, 3, menambah 8, dan mengurangi 4, dalam urutan tersebut.

Cara termudah untuk menambahkan rumus SUM ke lembar kerja Anda adalah dengan menggunakan JumlahOtomatis. Pilih sel kosong di atas atau di bawah rentang yang ingin Anda jumlahkan, dan pada tab Beranda atau Rumus di pita, klik Jumlahkan > JumlahOtomatis. JumlahOtomatis akan secara otomatis mengenali rentang yang akan dijumlahkan dan membuat rumus untuk Anda. Ini juga dapat digunakan secara horizontal jika Anda memilih sel di kiri atau kanan rentang yang Anda butuhkan.

Cara Menggunakan Excel Menghitung

Pada gambar di atas, Anda dapat melihat bahwa fungsi AutoSum secara otomatis mendeteksi sel B2:B5 sebagai rentang penjumlahan. Cukup tekan ENTER untuk konfirmasi. Jika Anda perlu menambah/menghapus lebih banyak sel, Anda dapat menahan Shift + tombol panah yang diinginkan hingga Anda membuat pilihan yang diinginkan. Kemudian tekan Enter untuk menyelesaikan tugas.

Menggunakan Rumus Excel (average Dan If) Dalam Menentukan Nilai Rata Rata Dan Predikat

Panduan fungsi Intellisense: Nomor (nomor1, [nomor2], …) Tag mengambang di bawah fungsi adalah panduan Intellisense. Jika Anda mengklik nomor atau nama fitur, itu akan menjadi hyperlink biru ke topik bantuan untuk fitur itu. Jika Anda mengklik elemen fungsi individual, representasinya disorot dalam rumus. Dalam hal ini, hanya B2:B5 yang akan disorot karena hanya ada satu nomor referensi dalam rumus ini. Tag Intellisense akan muncul untuk fungsi apa pun.

Setelah Anda membuat rumus, Anda dapat menyalinnya ke sel lain – tidak perlu mengetik ulang rumus itu sendiri. Anda dapat menyalin rumus atau menggunakan gagang isian

Misalnya, saat Anda menyalin rumus dari sel B6 ke C6, rumus di sel tersebut secara otomatis diubah untuk memperbarui referensi sel di kolom C.

Saat Anda menyalin rumus, pastikan referensi sel sudah benar. Referensi sel dapat berubah jika mereka memiliki referensi relatif. Untuk informasi selengkapnya, lihat menyalin dan menempelkan rumus ke dalam sel atau lembar kerja lainnya.

Download Perhitungan Berat Besi Beton Excel

Catatan: Halaman ini diterjemahkan secara otomatis dan mungkin mengandung kesalahan tata bahasa atau masalah akurasi. Kami bertujuan untuk menyediakan konten yang bermanfaat untuk Anda. Bisakah Anda memberi tahu kami jika informasi ini berguna bagi Anda? Di bawah ini adalah artikel bahasa Inggris untuk referensi. Microsoft Excel dikenal dengan kemampuannya dalam mengolah data dan laporan. Dengan memaksimalkan formula (formula) fasilitas dan fungsinya yang sangat kaya, Anda bisa mengaplikasikannya ke berbagai area kerja. Mulai dari konversi data, pengelolaan laporan keuangan dan banyak lagi formulir laporan yang bisa Anda lengkapi dengan menerapkan fasilitas rumus dan fungsi Microsoft Excel.

Kali ini pada bagian Blog – Microsoft Excel, kami akan menjelaskan topik rumus dan fungsi Microsoft Excel yang diterapkan pada pengolahan data dan laporan, antara lain:

1. Pahami dasar-dasar apa yang perlu Anda ketahui untuk menggunakan rumus dan fungsi di Microsoft Excel.

Cara Menggunakan Excel Menghitung

Saat ini, pekerjaan mengajar dituntut untuk dapat menggunakan komputer yang mampu menjalankan setidaknya Microsoft Word dan Microsoft Excel, yang merupakan bagian dari Microsoft Office. Sudah bukan zamannya lagi guru mengolah nilai siswa secara manual dan hanya mengandalkan operator komputer.

Cara Menjumlahkan Di Excel Dengan Fungsi Rumus Penjumlahan Sum

Guru harus mandiri dalam mengelola nilai siswanya. Nilai siswa akan lebih objektif daripada dikelola atau diproses dengan memberitahu orang lain, karena orang lain mungkin salah menulis nilai atau karena orang tersebut tidak berinteraksi langsung dengan siswa di kelas.

Dari uraian di atas, salah satu tugas yang dapat dilakukan dengan Microsoft Excel adalah rumus persentase (%) yang diberi simbol. Misalnya, di bawah ini adalah daftar nilai ujian untuk setiap siswa yang mengikuti ujian bahasa Inggris akhir semester. Dari jumlah pertanyaan yang akan diajukan, ada 50 pertanyaan.

Tabel di atas berisi nilai tes siswa, jadi bagaimana Anda menemukan persentase setiap siswa dengan total 50 pertanyaan?

Untuk mencari nilai persentase, Anda bisa memasukkan rumus di sel D2 untuk mencari persentase dengan rumus ini:

Rumus Rumus Ms Excel

C2 adalah hasil dari 50 soal atau nilai siswa dan akan dicari persentasenya. Dari rumus di atas, hasilnya akan menjadi 0,9.

Selanjutnya, Anda perlu mengonversi angka 0,9 menjadi persentase dengan mengklik ikon % pada pita Microsoft Excel Anda. lihat gambar di bawah ini:

Dapat dilihat dari tabel di atas, hasil nama siswa 1 memiliki persentase skor 90% dari nilai ujian. Nama siswa selanjutnya dan seterusnya, salin rumus dari sel D2 ke sel di bawah ini, Anda dapat melihat hasil akhir seperti pada gambar di bawah ini:

Cara Menggunakan Excel Menghitung

Itu saja yang bisa kami lakukan tentang rumus excel untuk menghitung persentase soal ujian, semoga bermanfaat untuk semuanya. Jika ada yang kurang jelas bisa langsung comment dibawah, insya Allah akan kami jawab. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk membuat rumus tambah otomatis Excel, seperti menggunakan alamat seluler, menambahkan operator “+”, menggunakan rumus SUM, dan pengisian otomatis. Berikut beberapa cara membuat rumus penjumlahan otomatis di Excel.

Rumus Excel Dasar Terupdate Rekomendasi Untuk Pemula

Rumus penjumlahan ke bawah Excel adalah rumus yang paling umum digunakan untuk menghitung data menggunakan Microsoft Excel. Ini adalah implementasi dari autofill untuk perhitungan otomatis.

Pada tabel penjualan buku di atas, jumlah penjualan untuk kedua provinsi dihitung setiap hari menggunakan penjumlahan Excel.

Rumus JumlahOtomatis digunakan untuk menghitung jumlah total beberapa sel atau rentang. Berikut adalah sintaks dasar untuk rumus SUM Excel:

Pada tabel terlihat bahwa total penjualan buku mingguan di Provinsi Bali dihitung dengan menjumlahkan penjualan di Bali dari hari Senin sampai Minggu. Data ini berada di sel B3 hingga B9 atau dapat dimasukkan dalam rentang B3:B9. Jadi rumus yang digunakan pada sel B10 adalah:

Cara Membuat Dokumen Baru Dan Menyimpannya Di Excel

Penambahan rumus sisi Excel sebenarnya menggunakan pelengkapan otomatis dalam rumus autosum (SUM) untuk menghitung total kolom tabel lainnya.

Ketika berhadapan dengan banyak data, metode di atas tidak efisien. Menggunakan tabel pivot dapat mempersingkat waktu untuk analisis data. Tabel pivot dapat melakukan perhitungan cepat dan secara otomatis menyaring data yang akan ditambahkan.

Itulah 4 Cara Cepat Mengotomatiskan Rumus Penambahan di artikel Excel. Nantikan artikel menarik lainnya dan silakan bagikan dan sukai halaman penggemar. Terima kasih…

Cara Menggunakan Excel Menghitung

© 2017 – 2021 | Kuliah Online Gratis | | protes bibliografi

Aplikasi Penghitung Rumus Diskon Otomatis Format Excel

Cara menghitung rumus menggunakan excel, menghitung menggunakan excel, cara menghitung rata rata menggunakan excel, rumus menghitung menggunakan excel, cara menghitung menggunakan microsoft excel, cara menghitung gaji karyawan menggunakan excel, cara menggunakan excel untuk menghitung, cara menghitung umur menggunakan excel, cara menghitung gaji di excel menggunakan if, cara menghitung menggunakan excel, cara menghitung gaji pegawai menggunakan excel, cara menghitung menggunakan excel 2007

Comments

social bar