free statistics

Cara Menggunakan Corel Draw X7 Portable

Rate this post

Cara Menggunakan Corel Draw X7 Portable – Tutorial export file CorelDraw ke JPG dan PNG – Setelah kita mengenal tools yang ada di CorelDraw, akan lebih baik lagi jika kita juga mengetahui cara menyimpan desain yang dibuat dalam format lain. Gak lucu kan, kita udah capek sama desain, tapi kita gak tau cara menyimpan hasil desain dalam format JPG/PNG.

Nah kali ini kita akan membahas bagaimana cara export file CorelDraw ke file JPG dan PNG.

Cara Menggunakan Corel Draw X7 Portable

Cara Menggunakan Corel Draw X7 Portable

Perintah Export sendiri ada di menu bar, khususnya menu file yang sudah kita bahas di Tools pada Menu Bar.

Cara Menghilangkan Pop Up Log In Coreldraw X7 Dan X8

1. Buka file design CorelDraw yang sudah siap diexport. Mari kita ambil logo misalnya. Sebelum kita pilih terlebih dahulu objeknya.

Namun jika di lembar kerja banyak objek/desain, disarankan untuk memilih objek yang diinginkan dengan cara drag ke bagian yang kosong seperti contoh di bawah ini.

2. Untuk cara cepat bisa tekan ctrl+E, selain itu klik file di menu bar kiri atas, lalu klik Export.

B. Save as type, kita klik menu drop down dan pilih JPG – JPEG Bitmaps untuk menyimpan hasil desain dalam format JPG

Cara Mengisi Label Undangan Auto Load Data Base Coreldraw

° C. Periksa hanya jika ada banyak objek di lembar kerja kita dan Anda hanya ingin menyimpan bagian tertentu saja. Jangan lupa pilih dulu (drag) hasil desain yang ingin disimpan)

B. Kualitas, ada yang Tertinggi, Tinggi, Sedang, Rendah, Terendah. Untuk berapa persen sesuai kebutuhan.

°C. Terdapat 2 subformulir yaitu standar dan opsional. Untuk standar, skor tidak rendah atau tinggi, sedangkan skor opsional tinggi/baik. Di sisi kanan untuk mengatur blur sesuai kebutuhan.

Cara Menggunakan Corel Draw X7 Portable

Untuk export ke PNG langkahnya sama, kecuali pada tab save as type ubah menjadi PNG – Portable Network Graphics.

Cara Menampilkan Toolbar Di Coreldraw Yang Hilang

Fungsinya untuk menghilangkan warna putih pada objek yang sebenarnya tidak termasuk dalam desain. Untuk membuat background gambar transparan. Tutorial cara membuat komik ini dirancang khusus untuk Anda yang memiliki bakat dan pandai menggambar sesuatu di atas kertas. Jika Anda memiliki kemampuan untuk menggambar karakter atau objek tertentu, namun hanya di atas kertas biasa, maka tidak ada salahnya untuk mengembangkan hobi menggambar Anda menjadi lebih dahsyat.

Apalagi di era digital ini, semua orang menggunakan perangkat media digital seperti komputer untuk mendukung dan memudahkan aktivitas sehari-hari.

Untuk itu pada artikel kali ini kami ingin berbagi kepada pembaca bagaimana cara membuat komik dengan media digital. Namun sebelum itu kami jelaskan terlebih dahulu alasan lain mengapa kami membuat artikel ini.

Ya, ide ini datang dari seorang siswa SD yang masih kelas 2 SD. Siapa sebenarnya keponakan dari penulis sendiri ?

Dasar Grafis Membuat Logo

Di usianya yang sekarang, ia sangat bersemangat untuk memenuhi bakat menggambarnya. Dan saat itu dia menggambar sesuatu di atas kertas A4 HVS sesuai dengan imajinasinya sendiri. Di bawah ini adalah gambar yang dia buat berdasarkan imajinasinya sendiri.

Saat itu dia menunjukkan karyanya dan dari sana saya melihat bahwa apa yang dia lakukan sudah cukup bagus untuk dijadikan komik. Akhirnya saya mencoba membuat versi digitalnya, berbekal sedikit pengetahuan menggunakan software desain grafis yang saya miliki, walaupun saya sendiri bukan ahli dalam bidang ini.

Saya menggunakan tiga software desain grafis, menggabungkannya satu sama lain untuk melakukan proses editing secara bertahap. Berikut adalah tiga perangkat lunak desain grafis yang saya gunakan:

Cara Menggunakan Corel Draw X7 Portable

Saya memerlukan pemindai untuk memindai gambar yang sudah dibuat di atas kertas agar dapat ditampilkan di layar komputer. Untuk scan, saya memang hanya menggunakan fungsi yang ada pada printer saya di rumah karena kebetulan printer ini memiliki fungsi 3-in-1 (scan, copy dan print).

Spesifikasi Minimum Coreldraw Graphic Suite X7

Pada langkah pertama ini, gambarkan terlebih dahulu gambar yang diinginkan pada selembar kertas. Saya sarankan menggunakan kertas cetak A4 HVS. Usahakan gambarnya jernih dan tanpa garis putus-putus, agar nantinya bisa memilih objek untuk diwarnai di komputer.

Setelah Anda selesai menggambar, pindai kertas yang dihasilkan dengan alat pemindai. Bisa juga melalui printer yang mendukung scanner atau alat sejenis.

Kemudian luncurkan perangkat lunak CorelDRAW. Klik Menu File > Baru (Ctrl+N) atau klik tautan Dokumen Baru untuk membuat lembar kerja baru.

Kemudian klik menu File > Import (Ctrl+I) untuk import (masukkan gambar ke lembar kerja CorelDRAW). Saat menjelajah, Anda dapat menemukan lokasi gambar yang Anda simpan.

Coreldraw Graphics Suite Download

Tracing digunakan untuk memberikan detail garis pada sebuah gambar, membuatnya tampak lebih halus, sekaligus menghilangkan background atau latar belakang dari kertas.

Masih dalam posisi seperti gambar di atas. Pastikan objek gambar diklik. Kemudian klik tombol Trace Bitmap. Pilih Garis Besar > Clipart.

Jendela PowerTRACE akan terbuka. Dan menu ini adalah kunci dari proses pelacakan. Di sini Anda bisa melakukan berbagai pengaturan untuk mengatur tingkat kelancaran pendeteksian. Sebagai contoh, lihat gambar berikut.

Cara Menggunakan Corel Draw X7 Portable

Sekedar informasi, ini belum baku pada tahap ini, jadi proses tracing ini disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi sketsa Anda, tentunya Anda bebas membuatnya lebih sesuai dengan keinginan Anda sendiri. Jadi anda tidak perlu mengikuti cara seperti pada gambar di atas.

Cara Mengatasi Corel Draw Terdeteksi Bajakan Tanpa Instal Ulang

Oh iya, untuk melihat live preview-nya butuh waktu beberapa detik untuk loading, jadi perlu sedikit kesabaran untuk melihat hasil previewnya. Jika Anda mengklik tombol OK.

Terlihat background kertas sudah hilang, sehingga terlihat lebih bersih (clean). Jika di-zoom, hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

Klik Menu File > Ekspor > Pilih PNG – Grafik Jaringan Portabel. Kemudian klik tombol Ekspor untuk mengekspor gambar dan menyimpannya sebagai file gambar .png.

Jendela pengaturan kemudian akan muncul. Biarkan saja pada default dan pastikan opsi Transparansi dicentang. Alasan menggunakan .PNG adalah karena gambarnya transparan tanpa latar belakang. Ini akan membuatnya lebih mudah saat Anda ingin menambahkan latar belakang di Photoshop. Jika Anda mengklik tombol OK.

Cara Atasi Corel Draw X7 Tidak Bisa Save Dan Penyebabnya

Langkah selanjutnya adalah proses editing dengan photoshop. Mulai Photoshop. Klik menu File > Open > Pilih file gambar .PNG yang telah diedit

Kemudian hapus bentuk percakapan pada gambar. Karena kita akan mengganti dialog chat dengan fitur bubble shape di photoshop, jadi lebih bagus lagi.

Untuk menambahkan warna pada gambar, Anda harus memilihnya terlebih dahulu dengan Magic Wand Tool. Caranya pilih Magic Wand Tool kemudian klik pada bagian objek yang ingin diwarnai, misalnya baju.

Cara Menggunakan Corel Draw X7 Portable

Dengan bagian objek yang dipilih, sekarang saatnya menambahkan warna pada bagian tersebut. Anda dapat memilih warna pilihan Anda.

Tutorial Export File Coreldraw X7 Ke Jpg Dan Png

Gunakan Paint Bucket Tool, namun sebelumnya anda harus memilih terlebih dahulu warna yang anda inginkan. Pemilihan warna dapat dilakukan melalui Color Picker (Foreground) atau melalui menu Swatches di sidebar kanan.

Lakukan langkah yang sama untuk bagian subjek lainnya, seperti celana, rok, syal, topi, dll. Hasilnya akan seperti ini.

Selain itu, karena bertema komik, kita bisa menyediakan balon tulis untuk format percakapan. Saya sendiri menyesuaikan format percakapan dengan aslinya.

Kemudian pilih menu Custom Shape Tool. Carilah bentuk gelembung yang biasa digunakan dalam komik. Langkah-langkahnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Cara Mengatasi Corel Draw X7 Trial Expired: Crack, Path, Dan Keygen

Setelah memilih balon dengan shape tool, tempatkan shape pada objek dengan cara klik dan tahan untuk membuat shape (besar/kecil) sesuai keinginan.

Biasanya balon akan berbentuk tanpa garis luar. Sebelum itu, agar garis luar pada balon lebih terlihat, kita bisa menebalkannya lagi.

Pilih Stroke > Resize to 3 > lalu klik OK. Oleh karena itu, garis bentuk balon akan terlihat lebih tebal dari sebelumnya.

Cara Menggunakan Corel Draw X7 Portable

Oh iya, efek stroke ini juga bisa digunakan untuk mempertebal garis gambar komik utama. Anda bisa menggunakan cara ini untuk lebih memperjelas detail garis pada gambar. Tentu saja, Anda harus memilih layer terlebih dahulu.

Setting Dark Mode Pada Interface Coreldraw 2020 Agar Mata Tidak Silau

Kemudian berikan teks sebagai bentuk percakapan. Gunakan alat Tipe Horizontal dengan mengklik ikon berbentuk (T). Kemudian ketik teks di area gelembung. Sebagai contoh disini saya menggunakan font Comic Sans MS.

Karena disini saya belum mempunyai background, maka untuk mempercepat pembuatan komik ini, saya menggunakan background yang tersedia secara gratis.

Anda dapat mengunduh beberapa gambar vektor gratis untuk Adobe Illustrator dari situs web freepik.com. Website ini sangat lengkap dalam menyediakan berbagai kebutuhan desain grafis.

Salah satu kelebihan Adobe Illustrator adalah kemampuannya untuk berintegrasi dengan Adobe Photoshop dan berbagai produk Adobe lainnya. Untuk contoh disini saya menggunakan background seperti gambar berikut :

Cara Cetak Kartu Vaksin Free Template Coreldraw

Terlihat bahwa gambar background masih memiliki terlalu banyak efek gradien. Oleh karena itu, agar gambar background terlihat lebih menyatu dengan objek komik, saya mengubah background di CorelDRAW dengan menjiplaknya secara otomatis. Prosedurnya sama seperti pada langkah 5. Hasilnya dapat dilihat pada gambar berikut:

Hasil tracing ini dapat diekspor/disimpan dalam format .JPG dari CorelDRAW. Langkah selanjutnya adalah mengimpor latar belakang ini ke Photoshop.

Kembali ke Photoshop, buka background image hasil deteksi dari CorelDRAW dengan cara klik menu File > Open > Select Image.

Cara Menggunakan Corel Draw X7 Portable

Setelah membuka dengan tab baru, tekan Ctrl+A (Pilih Semua) di keyboard Anda, lalu lanjutkan dengan menekan Ctrl+C (Salin). Kalau sudah, kembali ke bagian komik tadi, masih dalam proses desain.

Corel Draw X12 Gratis

Di tab atau lembar kerja komik ini, tekan Ctrl+V (Tempel) untuk menempelkan latar belakang yang telah disalin sebelumnya. Sebelum itu, pastikan Anda memilih posisi layer paling bawah (layer pertama) agar tidak menutupi layar utama komik. Hasilnya adalah sebagai berikut:

Sampai disini proses pembuatan komik sederhana ini sudah selesai. Anda dapat menyimpannya dalam berbagai format untuk diterbitkan. Jika Anda ingin menerbitkan ke situs web, Anda dapat menyimpannya dengan mengklik menu File > Save for Web > JPEG > OK.

Ini adalah tutorial cara membuat komik menggunakan software desain grafis seperti CorelDRAW, Photoshop dan Adobe Illustrator. Contoh komik yang saya buat masih ada

Download software corel draw x7 portable gratis, free download corel draw x7 portable, corel draw x7 portable 32 bit, cara menggunakan corel draw x7, corel draw x7 portable, download corel draw x7 portable 32 bit, free download corel draw x7 portable bagas31, corel draw x7 portable 64 bit, download portable corel draw x7, download corel draw x7 portable bagas31, download corel draw x7 portable jalan tikus, corel draw x7 portable gratis

Comments

social bar