free statistics

Cara Menggunakan Aplikasi Canva Gratis

Rate this post

Cara Menggunakan Aplikasi Canva Gratis – Ikuti Aldwin Nyon Aldwin adalah seorang penulis konten. Berspesialisasi dalam hosting web dan WordPress, dia ingin membantu orang-orang mengembangkan bisnis mereka di Internet. Selain pecandu teknologi, Aldwin menyukai fiksi dan fotografi.

Konten visual merupakan bagian penting dari presentasi Anda di dunia maya, baik itu website, blog atau akun media sosial. Dengan desain yang menarik, pemirsa akan lebih tertarik dengan konten Anda. Untungnya, ada alat desain yang sederhana dan gratis: Canva.

Cara Menggunakan Aplikasi Canva Gratis

Cara Menggunakan Aplikasi Canva Gratis

Dalam artikel ini Anda akan mempelajari tentang berbagai fitur yang ditawarkan Canva dan langkah-langkah dasar untuk memulai. Selamat membaca!

Aplikasi Desktop Canva Untuk Windows

Canva adalah aplikasi desain grafis online yang mudah digunakan, bahkan untuk pemula. Tidak hanya itu, Canva juga dapat diakses melalui desktop dan perangkat seluler. Dengan cara ini, Anda bisa berkreasi kapan saja dan di mana saja.

Aplikasi Canva sebenarnya memiliki dua versi berbayar dan satu versi gratis. Namun, Anda sudah dapat menikmati berbagai fitur tanpa membeli versi premium. Karakteristik ini akan dijelaskan di tempat lain dalam artikel ini.

Layanan Canva terdiri dari dua jenis: Gratis dan Berbayar (Pro). Bedanya, Canva Pro memungkinkan Anda mendesain berbagai ilustrasi dengan cepat, mudah, dan sederhana.

Disebutkan sebelumnya bahwa Canva dikenal sebagai aplikasi bisnis online, khususnya desain grafis yang cukup mudah digunakan. Namun, keunggulan Canva dibandingkan aplikasi lain jauh lebih dari itu. Anda dapat membuat berbagai desain dengannya, termasuk:

Canva For Education

Saat ini ada banyak sekali software desain grafis yang bisa Anda pilih. Namun, Canva adalah opsi yang sangat menguntungkan mengingat banyaknya fitur yang didapatkan pengguna gratis. Berikut adalah daftar manfaat yang akan Anda dapatkan dalam versi tidak berbayar.

Kedengarannya surealis, tetapi Anda tidak akan salah ketika membaca judul bagian ini. Bahkan dalam versi gratis, Canva menawarkan lebih dari 2,5 lakh template.

Bahkan, Anda bahkan dapat membuat desain sendiri dari awal. Namun, berbagai bahan sampel dapat digunakan untuk mempercepat proses kreatif Anda. Terlebih lagi, setiap contoh mudah disesuaikan. Anda akan mempelajari caranya di bagian kedua artikel ini.

Cara Menggunakan Aplikasi Canva Gratis

Canva memungkinkan pengguna untuk menyimpan kreasi mereka. Fitur ini sangat berguna terutama jika Anda memiliki format konten yang sering Anda gunakan. Dengan menyimpannya, Anda dapat mengubah desain sesuai kebutuhan saat dibutuhkan lagi.

Tutorial Cara Membuat Poster Di Aplikasi Canva

Untuk pengguna gratis, aplikasi desain grafis ini menawarkan kapasitas penyimpanan sebesar 5 GB. Bagi sebagian orang, itu mungkin tidak cukup kapasitas—terutama jika dibandingkan dengan penyimpanan 100GB di Canva versi premium.

Namun, Anda dapat mengunduhnya langsung setelah selesai. Dengan begitu, sedikit penyimpanan tersebut dapat digunakan untuk template yang paling sering Anda gunakan.

Karena Canva juga dapat digunakan untuk membuat slide presentasi, dokumen, dan berbagai media cetak, tidak lengkap rasanya tanpa adanya fasilitas untuk memasukkan teks.

Fitur ini juga mudah digunakan. Pengguna cukup memasukkan kotak teks ke dalam bidang yang tersedia. Setelah itu, Anda dapat mengubah jenis font, ukuran teks, dan format lain yang biasa ditemukan di perangkat lunak pengolah kata seperti Microsoft Word.

Apa Itu Canva? Pelajari Fitur Dan Cara Menggunakannya Di Sini!

Selain itu, Canva dilengkapi dengan contoh desain teks yang dapat Anda sesuaikan sesuka hati. Fitur ini dapat diandalkan jika Anda ingin menghemat waktu pada poster atau kartu ucapan.

Selain teks, pengguna Canva juga dapat menambahkan ikon dan gambar ke pekerjaan mereka. Kabar baiknya adalah bahwa versi gratis dari aplikasi ini menawarkan berbagai ikon dan gambar yang mencakup berbagai topik.

Dengan Canva, latar belakang atau latar kerja Anda dijamin tidak akan membosankan. Ada banyak pilihan gambar siap pakai dan gradien warna untuk menghidupkan desain Anda.

Cara Menggunakan Aplikasi Canva Gratis

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengedit setiap background yang digunakan. Misalnya, Anda dapat menyesuaikan kontras, meningkatkan intensitas warna, dan menambahkan vignette ke latar belakang yang dipilih.

Membuat Desain Stiker Label Kemasan Dengan Canva, Begini Caranya

Apakah Anda belum pernah melakukan desain grafis sebelumnya? Tidak masalah. Untuk membantu pengguna pemula, Canva menawarkan tutorial video yang mencakup berbagai topik – mulai dari tips dan trik Canva hingga menggunakan desain grafis untuk branding bisnis.

Selain itu, blog Canva juga merupakan ladang ilmu. Dalam hal ini, melalui artikel, Anda dapat mempelajari berbagai teknik pemasaran yang menggunakan konten visual.

Setelah mengakses situs, klik tombol “Daftar” di sudut kiri atau kanan atas layar. Anda dapat mendaftar dengan akun Google, Facebook atau alamat email. Setelah selesai, akun Canva Anda siap digunakan.

Untuk membuat desain pertama Anda, klik tombol “Buat Desain” yang ditunjukkan oleh panah merah pada gambar di atas, lalu pilih jenis konten visual yang ingin Anda buat.

Cara Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Membuat Desain Menarik

Anda dapat mendesain desain menggunakan template, tetapi dalam panduan ini kami akan memulai dari awal sehingga Anda dapat lebih memahami fungsi berbagai menu editor Canva.

Langkah pertama yang kita lakukan adalah memilih background. Sebenarnya, ketika Anda ingin menentukan gambar untuk latar belakang desain, Anda dapat memilih dua menu yang disebut “Foto” dan “Latar Belakang”.

Di menu “Foto”, Anda dapat menemukan berbagai jenis foto dengan gaya berbeda. Tidak semua foto memiliki orientasi yang sama—ada yang horizontal dan ada yang vertikal.

Cara Menggunakan Aplikasi Canva Gratis

Di sisi lain, menu “Latar Belakang” menawarkan berbagai gradien warna dan gambar dalam gaya minimal. Semua opsi dalam menu ini bersifat horizontal, seperti yang Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Canva Di Hp

Untuk melihat fitur pengeditan gambar Canva, kami telah memilih foto untuk latar belakang. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah, ukuran foto lebih kecil dari area saat ini.

Oleh karena itu, ukuran foto perlu disesuaikan dengan area yang ada. Anda dapat melakukannya dengan mengklik dan menyeret salah satu dari empat sudut foto. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Anda mungkin juga perlu mengubah latar belakang agar lebih mudah dibaca untuk menambahkan teks nanti. Misalnya, gambar yang kami pilih terlalu terang untuk digunakan sebagai latar belakang. Untuk mengeditnya, klik tulisan “Adjust”, yang ditandai dengan kotak merah pada gambar di bawah.

Seperti yang Anda lihat, menu “Edit” menyertakan beberapa bilah geser yang dapat Anda geser ke kiri atau kanan untuk mencapai pengeditan yang diinginkan. Misalnya, kita akan mengurangi kecerahan, kontras, dan saturasi foto. Hasilnya adalah sebagai berikut.

Mari Mengenal Apa Itu Canva Pengertian, Fitur, Dan Cara Menggunakannya

Harap dicatat bahwa perubahan yang Anda buat pada desain dapat dibatalkan dengan mengklik tombol urungkan (diwakili oleh panah di sebelah kiri) yang ditunjukkan oleh kotak merah pada gambar di atas.

Untuk menambahkan teks ke desain Anda, klik menu “Teks” yang ditunjukkan oleh kotak merah pada gambar di bawah.

Ada dua cara untuk memasukkan teks. Pertama, Anda dapat memilih dari berbagai template yang disediakan oleh Canva. Cara ini lebih praktis karena pengguna hanya perlu mengubah teks yang ada di template.

Cara Menggunakan Aplikasi Canva Gratis

Namun, jika Anda tidak tertarik dengan berbagai template yang tersedia, Anda dapat menambahkan teks sendiri. Untuk melakukan ini, klik salah satu dari tiga gaya penulisan di bagian atas daftar templat, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

Cara Membuat Poster Gratis Dan Praktis Menggunakan Canva Di Laptop, Pc Dan Hp

Tidak masalah model mana yang Anda pilih, karena Anda dapat mengubah ukuran, warna, dan gaya teks nanti dengan mengklik teks yang ingin Anda sesuaikan. Berbagai opsi pengaturan teks ditunjukkan oleh kotak merah pada gambar di bawah.

Selain mengubah teks, Anda juga dapat memindahkan posisinya. Yang harus Anda lakukan adalah mengklik garis luar kotak teks dan menyeretnya ke bidang yang diinginkan. Hasilnya seperti pada contoh berikut.

Jika tidak ada lagi yang bisa ditambahkan, desain Anda sudah selesai. Karena Canva memiliki fitur simpan otomatis, pekerjaan Anda secara otomatis disimpan di folder simpan di atas.

Hal berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah mengunduh desain atau membagikannya di platform lain, seperti situs web dan platform kolaborasi tim seperti Slack atau Trello. Anda juga dapat mentransfer desain Anda ke alat penyimpanan online seperti Google Drive dan Dropbox.

Hanya 5 Menit. Begini Cara Membuat Logo Di Canva

Untuk mengunduhnya, klik tombol “Unduh” di sudut kanan atas layar. Atau, Anda dapat mengklik tombol panah bawah di sebelahnya untuk memunculkan lebih banyak opsi. Untuk kejelasan, lokasi kedua tombol ditunjukkan oleh panah merah pada gambar di bawah.

Setelah menekan tombol “Unduh”, Anda dapat memilih format file yang ingin Anda gunakan untuk pekerjaan Anda – termasuk PNG, JPG, dan PDF. Jika Anda sudah memutuskan, klik tombol unduh berwarna biru seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Apa itu Canva dan cara menggunakannya. Mudah kan? Selain membuat banner blog, Anda bisa menggunakan langkah-langkah di atas untuk membuat berbagai desain grafis.

Cara Menggunakan Aplikasi Canva Gratis

Sekarang, Anda tahu apa itu Canva. Canva adalah aplikasi web gratis untuk membuat semua jenis desain grafis dengan mudah. Jika Anda ingin membuat blog, Canva dapat digunakan sebagai aplikasi yang sangat diperlukan untuk mendesain latar belakang, logo, dan artikel gambar unggulan.

Cara Menggunakan Canva Untuk Membuat Desain (tutorial Lengkap)

Namun, desain website yang menarik tentu saja tidak cukup. Anda juga perlu memastikan bahwa situs web Anda mudah diakses oleh pengunjung.

Untungnya, Anda tidak perlu khawatir! Namun, Anda dapat membuat situs web apa pun yang Anda inginkan dengan kecepatan dan fitur keamanan yang berbeda. Anda bahkan tidak perlu khawatir situs web akan down, karena didukung oleh pusat data tingkat-4 dengan tingkat waktu aktif lebih dari 99,9%!

Apalagi Anda tidak perlu memikirkan cara membuat website. Karena, tim akan membuatnya untuk Anda dengan biaya yang tidak akan menguras kantong Anda!

Dapatkan berbagai artikel tutorial, wawasan dan tips menarik seputar dunia online langsung ke email Anda. Berlangganan sekarang dan sukses bersama kami! Desain grafis adalah satu hal untuk gambar, dan tulisan adalah apa yang membantu kami membuat konten kami terlihat indah. Apalagi jika Anda memiliki teman di dunia media sosial, penting bagi kita untuk memiliki konten yang bersih, berpenampilan menarik dan

Apa Itu Canva? Pengertian, Fitur, Dan Cara Menggunakannya (lengkap)

Namun, tidak semua

Cara membuat poster menggunakan aplikasi canva, cara membuat aplikasi canva, cara menggunakan canva pro gratis, cara mengedit menggunakan canva, cara mendownload canva gratis, download aplikasi canva gratis, cara membuat cv menggunakan canva, cara menggunakan canva gratis, cara menggunakan canva di laptop, cara download canva pro gratis, cara menggunakan aplikasi canva, cara canva pro gratis

Comments

social bar