free statistics

Cara Membuat Xampp Menjadi Online

Rate this post

Cara Membuat Xampp Menjadi Online – Dalam hal ini, kita akan membahas cara membuat website untuk pemula menggunakan XAMPP. Sebelumnya kita sudah membahas cara install XAMPP di Windows 10, Windows 11 dan Windows 7.

Sekarang kita akan membahas cara menggunakan XAMPP, berikut adalah penjelasan dari semua komponen yang digunakan dalam sistem XAMPP beserta video tutorial XAMPP.

Cara Membuat Xampp Menjadi Online

Cara Membuat Xampp Menjadi Online

Sebelum mulai menggunakan XAMPP, mari kita telusuri beberapa bagian atau komponen penting dari XAMPP untuk penggunaan di masa mendatang.

Cara Membuat Situs WordPress Lokal Menggunakan Xampp

Selama proses instalasi XAMPP, kita diminta untuk memilih lokasi folder instalasi. Secara default, XAMPP akan diinstal di c:xampp jika kita tidak mengubah lokasinya selama instalasi.

Folder c:xampp berisi file dan folder lain yang akan digunakan XAMPP nanti. Sama seperti file xampp-control, ia memiliki fungsi yang paling penting untuk mengontrol aplikasi XAMPP.

Selain itu, terdapat folder htdocs yang digunakan sebagai tempat menyimpan file script website yang akan dijalankan oleh XAMPP. Lokasi folder htdocs adalah c:xampphtdocs.

Panel Kontrol XAMPP adalah salah satu fitur penting dari XAMPP, memungkinkan kita untuk mengontrol semua aplikasi (Apache, MySQL, FileZilla, Mercury dan Tomcat) seperti memulai/menghentikan dan menginstal aplikasi sebagai layanan Windows.

Trik Membuat Websites Intranet Agar Dapat Di Akses Dari Internet (webserver Lokal Di Akses Dari Internet Dengan Mikrotik Dan Speedy)

Panel Kontrol XAMPP juga memiliki menu untuk melakukan perubahan konfigurasi untuk setiap aplikasi yang Anda gunakan. Kami juga dapat dengan mudah melihat file log untuk setiap aplikasi.

Alat netstat ini berguna untuk pemecahan masalah ketika layanan tidak ingin berjalan karena konflik port.

Contohnya adalah untuk mengetahui versi php dan menggunakan perintah MySQL untuk membuat database. Alat ini mirip dengan Command Prompt (CMD) di Windows dan Terminal di Linux.

Cara Membuat Xampp Menjadi Online

Explorer: Alat untuk membuka folder XAMPP, seperti pintasan untuk langsung masuk ke folder XAMPP di Windows Explorer.

Cara Membuat Browser Menjadi Lokal Web Server

Layanan: Alat yang membuka tampilan Layanan yang berjalan di Windows. Seperti Explorer, alat layanan ini juga merupakan jalan pintas untuk langsung membuka daftar layanan Windows.

Folder htdocs digunakan untuk menyimpan file website seperti script html, php, gambar, dll yang kemudian dijalankan oleh web server Apache XAMPP.

Oleh karena itu, kami akan menyimpan semua file terkait situs yang akan kami buat di folder ini yaitu c:xampphtdocs.

Kami dapat mengakses situs web yang ditempatkan di folder ini menggunakan browser web seperti Chrome, Firefox, Edge, dll dengan mengunjungi alamat localhost atau 127.0.0.1.

Membuat Website Di Localhost Menggunakan Xampp Dan Phpmyadmin

Ini adalah beberapa komponen penting dari XAMPP yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan XAMPP. Sebenarnya XAMPP memiliki lebih banyak komponen, folder dan file lainnya, namun kali ini kita tidak akan membahasnya.

Untuk dapat menjalankan XAMPP di Windows 10, kita perlu menginstal XAMPP terlebih dahulu. Jika Anda belum menginstal XAMPP, silakan instal terlebih dahulu, caranya ada di sini:

Cara menjalankan XAMPP di Windows 10, Windows 11, dan Windows 7 sebenarnya hampir sama, bahkan bisa dikatakan metodenya sama.

Cara Membuat Xampp Menjadi Online

Ada beberapa cara menjalankan XAMPP di Windows, namun yang paling mudah adalah dengan menggunakan XAMPP Control Panel. Karena panel kontrol XAMPP memiliki tombol start/stop layanan dan informasi detail tentang layanan tersebut.

Mengaktifkan Php Extension (mysql, Mysqli, Pdo, Etc) Di Xampp

Cara membuka Control Panel XAMPP adalah dengan masuk ke folder/direktori XAMPP c:xampp dan buka file xampp-control.exe.

Setelah membuka panel kontrol XAMPP, kita dapat memilih modul/layanan yang ingin kita jalankan. Misalnya Apache dan MySQL, lalu klik tombol Start di bagian Action untuk menjalankannya.

Indikasi bahwa modul Apache dan MySQL telah dimulai dengan sukses adalah nama Apache dan MySQL akan berubah menjadi hijau dan tombol Action akan berubah menjadi Stop.

Selanjutnya, kita dapat memverifikasi bahwa server web Apache dan database MySQL memang berjalan dan dapat diakses.

Cara Membuat Database Mysql Xampp Di Cmd

Setelah memulai XAMPP, kita dapat memeriksa apakah itu benar-benar berfungsi dengan memanggil localhost di browser web XAMPP seperti Chrome, Firefox, Edge, dll.

Silakan buka browser web dan masukkan localhost di bilah alamat browser web. Jika Apache benar-benar berjalan, dasbor XAMPP akan terlihat seperti ini:

Setelah itu, untuk memastikan MySQL benar-benar berjalan dengan baik, kita bisa membuka aplikasi phpMyAdmin. Untuk membuka phpMyAdmin di XAMPP, klik menu phpMyAdmin di dashboard XAMPP.

Cara Membuat Xampp Menjadi Online

Di phpMyAdmin, kita dapat membuat database baru dan dengan mudah mengelola semua database MariaDB yang ada melalui antarmuka GUI tanpa menggunakan kueri CMD.

Tutorial Pembuatan Hosting Dan Migrasi Web Dari Offline Menjadi Online Menggunakan Filezilla

Pembuatan website sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, Perl atau HTML statis sederhana. Kita hanya perlu menyalin file situs web dan meletakkannya di c:xampphtdocs untuk dijalankan.

Pada contoh di atas, saya mencoba menyalin folder yang berisi file situs web ke folder htdocs. Setelah itu, luncurkan situs web dengan membuka browser web.

Kita juga bisa langsung menggunakan alamat localhost untuk menjalankan website. Ini dapat dilakukan dengan menghapus semua file dan folder di htdocs.

Kemudian salin semua file situs ke htdocs. File situs harus ditempatkan langsung di root folder htdocs dan bukan di folder lain.

Cara Membuat Database Di Xampp Secara Localhost

Dengan cara ini ketika kita membuka localhost di browser web, situs web kita akan segera muncul seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:

Pada titik ini, kita dapat meluncurkan situs web XAMPP dan mengaksesnya di browser web, baik di folder root localhost atau subfoldernya.

Nah cara membuat website untuk pemula menggunakan XAMPP akan kita bahas pada artikel kali ini. Jika Anda masih belum memahaminya, Anda masih belum memahaminya dengan baik, silakan tonton video ini untuk menjelaskannya:

Cara Membuat Xampp Menjadi Online

Seorang blogger dan internet lama, ia suka menulis berbagai jenis artikel, terutama tentang teknologi. Dalam panduan ini, saya akan berbagi tips tentang cara mengubah XAMPP menjadi server web. Ada beberapa cara untuk membuat localhost tersedia untuk umum. Salah satu cara termudah adalah membagikan alamat IP lokal Anda dengan seseorang yang dapat Anda akses. Karena ketika orang lain mengunjungi http://localhost, mereka hanya pergi ke alamat localhost komputer mereka, bukan localhost komputer Anda.

Membuat Virtual Host Xampp Windows

Localhost sedang online, artinya server web berjalan di komputer yang sama. Untuk mengakses localhost melalui Internet, Anda harus menentukan alamat IP publik komputer. Hanya setelah localhost ini dapat diakses secara online melalui alamat http://:/, biasanya nomor port 80.

5. Sekarang coba jalankan, masuk ke server web, masukkan http://.testing di browser, Anda bisa masuk ke server web kami, lalu coba masukkan IP Anda. Kita juga harus bisa masuk. Sekarang coba lagi dengan komputer lain yang terhubung ke jaringan, seperti komputer kita.

Kemudian dari komputer ini (192.168.0.2) coba masukkan IP 192.168.0.4 di browser, selamat Anda melakukannya, jika tidak bisa coba matikan firewall windows dan coba lagi berfungsi sekarang.

Berikut panduan untuk menjadikan XAMPP sebagai web server. Jika Anda memiliki masalah atau kesulitan dalam menyiapkan plugin, silakan hubungi kami melalui obrolan atau email.

Panduan Cara Menginstall Xampp Pada Windows 10

Semoga ilmunya bermanfaat dan terus belajar, jangan takut mencoba hal baru dan terus kembangkan ilmunya, selamat mencoba! …… Localhost.run (Localhost RUN) Ini adalah layanan website yang menyediakan koneksi SSH tunnel gratis yang didedikasikan untuk remote desktop atau server melalui SSH tunnel. Layanan ini tidak mengharuskan Anda untuk mendaftar sebagai anggota dan dapat digunakan dengan mudah hanya dengan CLI atau terminal. Localhost.run ini (Localhost RUN) tidak memerlukan konfigurasi selain menghasilkan kunci SSH untuk ditambahkan ke agen SSH sehingga situs proyek dapat melakukan tunnel SSH dari server lokal ke saluran, memberikan localhost.run subdomain acak.

Ini berlaku untuk situs yang tidak dapat diakses publik dan/atau tidak tersedia pada waktu tertentu, seperti pendaftaran mahasiswa baru di sekolah ABCD. Mereka yang ingin mendaftar sebagai mahasiswa baru secara online di Sekolah ABCD dapat mengunjungi tautan ini.

Untuk membuat desktop atau server jarak jauh menggunakan koneksi terowongan SSH, perangkat desktop atau server, terutama agen SSH, harus memiliki kunci SSH. Ini dapat dilakukan melalui CLI atau Terminal untuk pengguna Linux, PowerShell untuk pengguna Windows, atau Git Bash untuk pengguna Git CLI.

Cara Membuat Xampp Menjadi Online

Jadi, untuk mendapatkan XAMPP online, Anda tidak lagi membutuhkan router dan access point. Ini tampaknya lebih mudah daripada menggunakan router dan titik akses yang memerlukan konfigurasi ulang bagian router.

Cara Membuat Xampp Menjadi Web Server

Penulis akan memberikan tutorial cara menggunakan Localhost.run di Windows untuk menguji apakah sebuah website online dari XAMPP. Untuk aplikasi terminal atau CLI yang menggunakan Git Bash, sebagai penulis belum bisa menggunakan PowerShell sampai sekarang. Tutorial ini hanya untuk pengguna XAMPP yang sedang membangun atau membuat aplikasi web yang akan melakukan tunnel SSH ke layanan localhost.run secara online.

Subdomain yang diakhiri dengan localhost.run harus diubah setiap kali koneksi terowongan SSH diaktifkan kembali dari Localhost.run untuk menjaga situs dan/atau server lokal tetap up to date dan untuk mencegah kerusakan dari serangan jaringan yang tidak diinginkan.

7. Ketik “ssh -R 80:localhost:80 ssh.localhost.run” dan tekan Enter. Setelah beberapa saat, tampilan sitelink dari Localhost.run muncul.

Tutorial ini untuk mereka yang ingin menguji proyek situs web Anda dari PC atau laptop untuk membuatnya online, tidak menggunakan router, tetapi terowongan SSH dari Localhost.run. Layanan ini sangat gratis, sehingga cocok untuk mahasiswa semester akhir yang ingin mendapatkan website project disertasi atau tugas secara online tanpa harus menggunakan komputer host.

Cara Menjalankan Apache Mysql Dengan Menggunakan Xampp

Sekarang Anda dapat membuat atau membuat lebih dari sekadar aplikasi web. Namun, selama Anda memiliki koneksi internet yang stabil, Anda juga dapat menggunakan terowongan SSH Localhost.run untuk menguji aplikasi web online agar dapat diakses oleh beberapa pengguna atau perangkat yang berbeda. Jadi tidak ada lagi kabel yang harus ditangani.

Jika PC atau laptop jarak jauh Anda yang terhubung melalui terowongan SSH dari Localhost.run mendapatkan kesalahan yang disebabkan oleh kunci publik (ditolak), Anda dapat membuat kunci SSH baru.

Cara membuat web menggunakan xampp, cara membuat database mysql xampp, cara membuat database xampp, cara membuat database di xampp, cara membuat mysql di xampp, cara membuat wordpress dengan xampp, cara membuat website dengan xampp, cara membuat website xampp, cara membuat xampp, cara membuat wordpress di xampp, cara membuat web di xampp, cara membuat php di xampp

Comments

social bar