free statistics

Cara Membuat Bootable Menggunakan Rufus

Rate this post

Cara Membuat Bootable Menggunakan Rufus – Membuat bootable installasi Windows dan Linux bisa disebut sangat sederhana, lain halnya jika ingin membuat bootable hackintosh yang membutuhkan beberapa pengetahuan dan langkah yang lebih kompleks, pada kesempatan kali ini sesuai dengan judul artikel mari kita membuat bootable Lakukan Linux dengan aplikasi bernama Rufus, karena kebetulan Ubuntu 20.04 LTS juga dirilis beberapa waktu lalu.

Langkah 2. Setelah file terdownload, silahkan buka seperti aplikasi pada umumnya lalu masukkan flashdisk yang anda buat bootable linux.

Cara Membuat Bootable Menggunakan Rufus

Cara Membuat Bootable Menggunakan Rufus

Langkah 3. Selanjutnya, setelah flash drive terdeteksi di Rufus seperti gambar di atas, klik tombol “Pilih” untuk memilih file instalasi Linux atau Windows yang sudah Anda miliki.

Cara Membuat Bootable Menggunakan Flashdisk Dengan Mudah

Jika Anda menggunakan BIOS lama, perangkat yang Anda gunakan biasanya menggunakan skema MBR, dan jika Anda menggunakan UEFI, skema biasanya adalah GPT. Silahkan sesuaikan dengan kondisi BIOS dan skema partisi hardisk anda.

Langkah 5. Kemudian biarkan sistem file dan ukuran grup apa adanya dan jangan mengubahnya. Kemudian ketika Anda merasa sudah menyesuaikan langkah 2 sampai 4 dan sudah siap, silahkan klik START.

Biasanya untuk membuat linux bootable akan muncul notifikasi seperti gambar di atas. Pastikan Anda terhubung ke Internet, pilih mode “Tulis ke citra ISO” (disarankan) dan klik “OK”. Selanjutnya, proses pemformatan dan pembuatan instalasi yang dapat di-boot akan dilakukan, dan semua file akan ditempatkan di flash drive.

Dan saat Rufus dalam keadaan siap, selesai. Sekarang Anda dapat melanjutkan untuk menginstal Linux atau Windows menggunakan perangkat flash drive yang dapat di-boot yang kami buat di artikel ini. ?

Cara Buat Bootable Usb Windows 7 Versi 32 Bit Dengan Rufus

Jadi silahkan dicoba dan semoga berhasil, ingat proses diatas akan menghapus data yang ada di flashdisk, jadi pastikan anda membackup semua data penting yang ada di dalamnya. Penggunaan Rufus digunakan untuk membuat flash drive dapat di-boot. USB yang dimuat nantinya dapat digunakan untuk menginstal ulang Windows.

Rufus adalah aplikasi yang dapat dengan mudah membuat USB yang dapat di-boot. Anda dapat menggunakan Rufus untuk menginstal beberapa sistem operasi di perangkat Anda.

Aplikasi ini ringan dan berjalan dengan sangat presisi. Antarmuka pengguna yang disediakan juga sangat sederhana, sehingga sangat mudah digunakan untuk pengguna pemula. Anda bisa mendapatkan aplikasi Rufus melalui situs web resmi mereka.

Cara Membuat Bootable Menggunakan Rufus

Dalam tutorial ini, How To Tekno memberikan langkah-langkah berikut untuk membuatnya dapat di-boot dengan Rufus.

Cara Membuat Bootable Flasdisk Windows 10 Dengan Rufus

Menggunakan Rufus dapat digunakan untuk mengubah flash drive menjadi bootable. Untuk menggunakan Rufus Anda harus mengikuti tutorial di bawah ini.

Buka website Rufus.ie dan download Rufus versi terbaru menggunakan browser di laptop atau PC. Setelah unduhan selesai, klik dua kali pada file Rufus untuk membukanya. Jadi Anda tidak perlu menginstal aplikasi ini. Colokkan stik USB ke PC atau laptop yang sudah menjalankan aplikasi Rufus. Kemudian Rufus akan secara otomatis mendeteksi USB Anda. Jika tidak, Anda dapat memilih boot disk yang diinginkan dengan mengeklik Device di bagian bawah menu.

Klik “Pilihan Boot” dan pilih metode boot yang sesuai untuk drive Anda. Kemudian klik tombol “Pilih”. Kemudian pilih “Pilihan Gambar”. Anda dapat menggunakan opsi Typical Windows Installation untuk menginstal Windows pada disk yang berbeda. Setelah itu, pilih opsi “Windows To Go” jika ingin menjalankan boot disk langsung dari perangkat.

Pilih “Skema Partisi”, “Sistem File” dan “Sistem Target” sesuai dengan perangkat yang akan diinstal. Klik Tampilkan opsi format lanjutan. Kemudian periksa semua daftar yang tersedia. Terakhir, klik tombol “Start” dan proses pembuatan USB yang dapat di-boot akan berlangsung. Tunggu prosesnya selesai.

Cara Instal Windows 11 Menggunakan Flashdisk Tanpa Tpm & Secureboot

Sekarang flash drive Anda telah menjadi stik USB yang dapat di-boot yang dapat digunakan untuk menginstal sistem operasi Windows. Sebelum menginstal, Anda harus melihat persyaratan apakah perangkat Anda mengizinkan instalasi atau tidak.

Dikutip dari Buku Tutorial Instalasi Windows 10 dan Office 365 karya Onki Alexander dan Ahmad Syafei, berikut adalah perbedaan setting ‘Partition Scheme’, ‘Target System’ dan ‘File System’ untuk masing-masing mode bios:

Anda dapat melihat mode BIOS perangkat yang sedang diinstal dengan mengklik Windows + R, lalu mengetik msinfo32 dan menekan OK. Cari bagian “mode BIOS” dan lihat jenisnya. – Banyak laptop saat ini tidak memiliki drive CD/DVD-ROM dalam konfigurasinya, atau mungkin drive tersebut rusak.

Cara Membuat Bootable Menggunakan Rufus

Dalam hal ini, satu-satunya cara untuk menginstal ulang Windows adalah dengan menggunakan drive DVD atau disk USB yang dapat di-boot.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8, 10 Lengkap!

Jika Anda tidak memiliki drive boot USB Windows, Anda dapat menggunakan alat pihak ketiga seperti Rufus untuk membuat media yang dapat di-boot untuk menginstal Windows 10 dari USB.

Panduan ini akan mengajarkan Anda langkah-langkah untuk membuat Windows 10 dapat di-boot dengan Rufus. Ingat juga bahwa panduan ini juga dapat digunakan untuk membuat Windows XP, 7, 8 dan Linux dapat di-boot.

Rufus adalah aplikasi portabel sumber terbuka dan gratis yang berjalan di platform Windows. Ini adalah aplikasi yang kuat yang dapat digunakan untuk membuat drive USB yang dapat di-boot.

Pada pilihan Partition Scheme, pilih MBR jika Anda menggunakan komputer dengan mesin lama/versi komputer lama. Jika komputer Anda adalah komputer baru yang mendukung mode boot UEFI, pilih GPT.

Cara Menggunakan Rufus Untuk Membuat Bootable Flashdisk

Jika komputer Anda tidak memiliki sistem operasi: Anda perlu mengakses BIOS komputer Anda untuk memeriksa apakah komputer Anda mendukung mode boot UEFI atau tidak. Begitulah cara melakukannya:

Jika komputer sudah menjalankan Windows: Tekan tombol logo Windows + R pada keyboard secara bersamaan. Ketik msinfo32 dan tekan Enter untuk melihat informasi sistem komputer Anda.

Demikian artikel Cara Membuat Windows 10 Bootable Dengan Rufus, terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat. Tunggu konten kami selanjutnya.

Cara Membuat Bootable Menggunakan Rufus

Oleh Etgar Kurniawan Halo! Saya adalah pemilik dan penulis di Saya suka WordPress, Desainer Grafis, Teknologi, Blogging, dan Pengkodean. Saya akan membantu Anda membuat tekniknya mudah dipahami 🙂 Zona Tutorial – Kembali dengan lebih banyak ulasan dan tutorial tentang Windows. Proses instalasi atau yang biasa dikenal dengan instal ulang Windows yang semula menggunakan CD (Compact Disk) kini mulai beralih menggunakan USB Flashdisk, walaupun dengan menggunakan CD ini tidak sepenuhnya meninggalkan instalasi jika menggunakan windows beli original tentunya. tetap menggunakan CD dalam paket penjualan.

Cara Menggunakan Rufus Terbaru Windows 10, 8, 7 (panduan Lengkap)

Namun saya tidak akan melakukan instalasi ulang menggunakan CD, kali ini saya akan membagikan cara membuat Windows bootable dengan Rufus di USB Flashdisk. Mungkin ada yang belum tau apa itu bootable windows, disini saya akan memberikan penjelasan singkat.

Bootable adalah fitur yang dapat digunakan oleh sistem operasi untuk ditempatkan pada media penyimpanan seperti CD/DVD-ROM, USB flash drive, atau media penyimpanan lainnya. Windows ini disebut bootable karena pada tahap setup BIOS, sistem operasi melakukan booting terlebih dahulu dari flashdisk atau media penyimpanan CD yang sudah terinstal ISO Windows, Linux atau sistem operasi lainnya.

Oleh karena itu, jika kita ingin menginstal ulang BIOS komputer, kita harus menentukan media apa yang akan memuat sistem operasi, menentukan boot pertama apakah kita harus menggunakan hard disk, flash drive, atau CD-ROM untuk melanjutkan ke proses selanjutnya menjadi . Rufus sendiri adalah aplikasi ringan yang dipasang di antara jendela ISO di flash drive. Cara membuat Windows bootable dengan Rufus, langsung saja cek langkah berikut ini.

Sebelum boot ke Windows, pastikan Anda sudah menginstal Rufus dan ISO Windows. Jika Anda belum memiliki Rufus, Anda dapat mengunduhnya dari Rufus atau di sini filehippo.com.

Cara Install Windows 10 Menggunakan Flashdisk (lengkap + Gambar)

Aplikasi Rufus ini bersifat portable, jadi Anda tidak perlu menginstall programnya. Tinggal buka dan siap pakai, dan ukurannya kecil, tidak sampai 1MB.

Siapkan flashdisk berkapasitas 4GB atau 8GB sesuai ukuran ISO Windows. Cadangkan semua data di flash drive ke perangkat atau media lain karena kami akan menghapus dan memformat FD. Saya menggunakan tongkat 8GB untuk rekaman ini.

Buka aplikasi Rufus dan atur seperti pada gambar di bawah ini. Untuk masuk, klik ikon ISO Windows dan ramban ke direktori tempat Anda menyimpan ISO Windows. Dalam contoh ini saya menggunakan Windows 8.1 AIO ISO dengan 5,8 GB. Kemudian klik Mulai – OK. Biarkan hingga proses penyalinan selesai.

Cara Membuat Bootable Menggunakan Rufus

Setelah proses penyalinan file ISO selesai, maka akan ditandai dengan tulisan “Done” atau “Done” lalu klik tombol “Close”. Keluarkan dan sambungkan kembali flash drive ketika ikon perangkat di daftar partisi telah berubah seperti ini.

Membuat Bootable Windows Di Flashdisk Dengan Rufus

Sederhana bukan, dan USB flash disk tersebut bisa digunakan untuk berkali-kali install Windows di PC atau laptop. Jika Anda ingin mengembalikan flash ke kemampuan aslinya untuk menyimpan data dan menyalin dan menempel, format lagi. Sobat juga bisa menggunakan ISO Linux, untuk MacOS saya belum pernah mencoba menerapkannya pada Macinthos, bagi kalian yang sudah mencoba bisa menulis di kolom komentar di bawah.

Itulah beberapa informasi dan tutorial yang dapat saya bagikan tentang cara membuat Windows bootable dengan Rufus di USB flash drive. Simak tutorial lainnya dari zona tutorial, semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan selamat mencoba. Dulu kita masih menggunakan CD/DVD untuk menginstal sistem operasi seperti Windows, Linux, Ubuntu dan sistem operasi lainnya, namun seiring berjalannya waktu kita bisa menggunakan Rufus untuk menginstal ulang sistem operasi di komputer atau laptop kita.

Apa itu Rufus? Rufus adalah aplikasi portabel sumber terbuka gratis untuk pengguna Windows yang memungkinkan kita memformat dan membuat flash drive USB yang dapat di-boot atau USB LANGSUNG.

Apa manfaat Rufus? Keunggulan Rufus dibanding aplikasi Live USB lainnya adalah kemudahan penggunaannya dan aplikasi ini cukup cepat jika kita ingin membuat sistem operasi bootable. Tidak hanya itu, Rufus juga bisa kita gunakan secara gratis tanpa membayar.

Cara Membuat Bootable Windows 10 Dengan Rufus » Berbagi Informasi Teknologi Hari Ini

Bagi anda yang ingin membuat bootable OS seperti Windows, Ubuntu, Debian, Kali Linux, Linux dan berbagai OS tetapi tidak tahu cara membuat bootable flash drive dengan Rufus, kali ini kami akan menunjukkan cara membuat bootable di Rufus .

Saya berasumsi Anda sudah memiliki file ISO Windows atau file ISO OS lainnya. Jika tidak ada, unduh terlebih dahulu.

Cara menggunakan rufus, cara menggunakan software rufus, rufus bootable usb windows 7, rufus usb bootable, cara bikin bootable flashdisk dengan rufus, cara membuat bootable flashdisk windows 7 dengan rufus, rufus bootable, buat bootable windows 10 dengan rufus, rufus bootable flashdisk, cara membuat bootable dvd dengan rufus, rufus bootable usb windows 10, cara membuat flashdisk bootable windows 10 dengan rufus

Comments

social bar