free statistics

Cara Membuat Antena Ht Ground Plane

Rate this post

Cara Membuat Antena Ht Ground Plane – Hobi komunikasi radio HAM, ayo bangun antena sendiri untuk dipasang menggunakan pedoman, teori dan alat ukur yang kita miliki. Pada dasarnya antena yang kita produksi harus sesuai dengan impedansi keluaran radio yang kita gunakan. Umumnya, pabrikan radio membutuhkan 50 ohm untuk antena. Pada saat antena dan splitter berada pada frekuensi 50 ohm maka daya keluaran radio sudah optimal, hanya tinggal penguatan antena yang kita buat untuk memperbesar pancaran seperti antena directional dan mendapatkan gain yang lebih besar.

Pembuatan antena SIGMA 4 tidak jauh berbeda dengan antena ground biasa dan tidak memiliki fitur khusus kecuali menciptakan polarisasi yang berbeda dari antena ground biasa yang menggunakan radial horizontal lurus. gampang kok, kalo punya antena CB (27Mhz) ground plane radius 3,4 buah tinggal ditekuk ke atas trus sama aja,agar formasi polarisasinya merata,mendapat ring (lingkaran massa). ). Bagi yang ingin membuat SIGMA 4, ini dia rumusnya.

Cara Membuat Antena Ht Ground Plane

Cara Membuat Antena Ht Ground Plane

Siapkan tabung pipa aluminium 150cm dari ukuran 1.1/4? – 2/8?, untuk 3 atau 4 gagang radial gunakan tabung penghubung besi, untuk isolasi pegangan radial gunakan tabung penghubung paralon, karena saat antena terkena angin, jaraknya akan berubah tidak (bahwa SWR tidak berubah. Angin berubah).

Booster Receiver Radio Fm

Antena GroundPlane 1/2 Lambda sangat sederhana, dengan menggunakan rumus 150/Frek = 1/2 Lambda, selanjutnya kita mencari bentuk feed point yang sesuai untuk mendapatkan 50 ohm sehingga sama dengan impedansi yang dibutuhkan Radio. Gamma Macth, variable kapasitor, charging coil, umumnya untuk antena lambda 1/2 ini yang menggunakan charging coil mendapatkan 50 ohm.

Untuk 27MHz (antena CB), antena panjangnya 5,5 m dan kumparan pengisi daya dasar memiliki 9 putaran dengan jarak 5 cm di sirkuit ke-4 dari sambungan dalam. menerima 50 ohm dengan frekuensi tengah 27,305 MHz. Jika Anda membutuhkan 3 radial, panjang 132cm x3 sudah cukup,

Untuk ketinggian antena cambuk, Anda dapat menggunakan Lambda 5/8=680cm atau 7/8=890cm dengan sedikit menggerakkan trap coil.

Dengan menyiapkan pipa atau kabel yang cukup besar (5mm) dengan rumus 75/Frekuensi (MHz) x 95% (2 buah). Dengan memasang secara horizontal di samping coax luar dan dalam pada jarak 3 cm kita dapat mencapai impedansi keseimbangan 50 ohm, jadi gunakan balun 1:1 – 50 ohm secara optimal untuk menyelaraskan coax dan memastikan bahwa itu tidak menjadi antena ketika ada penyimpangan ukuran.

Tutorial Membuat Antena Sederhana By Manon De’kaito

Panjang kabel saluran (coex) 420cm + braket, untuk HF (standar), kumparan atau belitan dalam keadaan terbuka dan tertutup, ada perubahan.

Antena Diamont F23H, dengan bahan kuningan dibalut dengan fiberglass, karena pipa fiberglass sulit ditemukan, kami buat langsung dengan pipa aluminium,

Lihat gambar di bawah, hanya untuk panjang cambuk dengan tabung aluminium sebagai pengganti kawat kuningan dan belitan fasa dengan kawat tembaga, detail gambar di bawah ini,

Cara Membuat Antena Ht Ground Plane

*Pada prakteknya ada perubahan setting penyetelan, jadi siapkan beberapa kapasitor untuk membuat SWR sesuai dengan keinginan kita, jika memiliki VSWR 1, 3:1 atau 1, 2:1 bisa dibilang cukup. Penting bahwa impedansi mendekati 50 ohm. Ini pada dasarnya disebut antena yang cocok.

Frekuensi Airband Di Indonesia

Untuk mendapatkan Yagi dan Rotari 40m (7mc) dipersingkat menjadi 1/2? PVC dengan 80 snare spool sehingga tidak terlalu panjang seperti yang seharusnya, panjang total dipersingkat dari 22m menjadi 13,6m

PEMBUATAN BALUN (BALAN UNBALAN) Menggunakan balun sebagai penyeimbang atau sebagai transformator impedansi, misalnya balun 1:1 50 ohm, mengapa menggunakan balun? sedangkan antena putar atau dipol sudah cocok? Penjelasannya adalah antena dipol seimbang atau seimbang, sedangkan antena koaksial tidak seimbang (unbalanced), diperlukan balun 1:1 untuk perutean, yang sesuai dengan daya radio 50 ohm, yang lain dengan balun, berfungsi sebagai konverter impedansi. Misalnya, balun 4:1 (200:50) ohm atau 9:1 (450:50) ohm, karena antena pada titik umpan memiliki 200 ohm, yang sesuai dengan keluaran radio, yang membutuhkan 50 ohm, 4 :1 ( 200: 50) diperlukan balun. ), banyak direksi (2 M Yagi) biasanya memiliki impedansi 200 ohm, alternatif lain adalah menggunakan pencocokan gamma, fungsinya sama. Balun 9:1 untuk antena kawat atau untuk membuat antena broadband. Rumus: (300/144)x 5/8 = 1,30 m x 95% = 1,23 m (panjang antena). Tiang untuk antena mobile banyak dijual di toko-toko dengan antena panjang 125 cm, harganya sekitar 50 ribu. Sediakan 1/8? (24 cm) atau 1/4? (48 cm) kawat tembaga 2 mm untuk koil. sebaiknya 24cm atau 1/8?, putar 6 putaran pada 1/2? PVC, di dalam perangkap di tengah lingkaran. Saat dipasang di ponsel, resonansi sedikit bergeser ke frekuensi yang lebih rendah. Saat dipasang sebagai antena portabel, diperlukan antena radial minimal 3 1/4 panjang, semakin panjang semakin baik. Atau atur ulang dengan memperpendek panjang cambuk, atau dengan meregangkan atau mempersempit jarak rotasi. Catatan: meningkatkan jarak rotasi menurunkan frekuensi resonansi dan sebaliknya. Jika Anda menginginkan gain sebesar 2 x 5/8?, kita dapat menambahkan bagian reflektor sepanjang 5/8?, dengan panjang yang sama seperti di atas dan dengan setidaknya 3 1/4? radial gain meningkat menjadi 3dB. Atau radial yang menyukai antena Hy-Gain, V2R yang menggunakan antena radial bertumpuk membuat penerimaan menjadi lebih baik.

Banyak model antena untuk meningkatkan gain/gain dB pada sistem collinear dengan desain yang berbeda. Biasanya dibuat dengan 3 x 5/8? atau 3 x 7/8?, seperti B. dari Cushcraft G7, Hutsler G7, Ringo Ranger, Diamond F23H, yang dikatakan mencapai gain 7dB.

Antena fase balik F23H dengan koil fase panjang 1/4. Antena fase Ringo Ranger 1/2 dipol panjang, kumparan fase G7 1 lilitan panjang pada panjang 1/4. Kelebihan antena ini dibandingkan antena lain dan lebih mahal adalah membutuhkan bahan yang lebih kuat. tetapi untuk penguatan; relatif sama dengan yang lain. Ada banyak cara di mana desain antena collinear dapat meningkatkan penguatan dB; salah satunya dengan mengatur sudut radial untuk menciptakan polarisasi balok yang lebih kuat. Tetapi jika Anda penggemar antena VHF vertikal, cobalah Antena Collinear Sigma-4 VHF untuk 2M dengan antena vertikal terkuat kedua.

Jual Antena Hf All Band Terbaru

Untuk antena Sigma-4 kolinear vertikal sangat memuaskan baik dari segi radiasi maupun penerimaan. Ini adalah antena 7/8 dengan fase 2 x 5/8. Perangkat pencocokan gamma. Membangun Sigma-4 benar-benar tidak berbeda dengan membangun antena J-pole, yang menggunakan korsleting untuk pencocokan impedansi. Sebenarnya Sigma-4 juga bisa dibuat dengan menggunakan metode trapshort, namun kebanyakan menggunakan gamma match. Untuk 4 radial 50 cm (1/4?), lingkaran untuk menahan ujung radial = 1 m (1/2?), untuk radiator peluncuran (pengumpanan saluran antena) = 7/8 = ( 300/f x 7/8) x 95% , kira-kira – kira-kira 1,73 m pada frekuensi operasi 144 MHz. Jika Anda menggunakan trapshort, kabel antena dikorsleting ke radiator, yang luar dikorsleting secara radial, antara 5cm dari bawah, jika Anda menggunakan korek api gamma, gunakan pipa 1/2?15cm dan buat bagian tengahnya dengan Tawas 6mm atau bisa juga menggunakan batang las yang pipih terbuat dari kuningan. Untuk koil fase awal, agar sesuai dengan ekstensi lambda 5/8, gunakan 1/2 kawat lambda (bukan 1 lambda, tidak akan resonan) diulirkan sepanjang 1/4 lambda ke luka 3/4-in -Paralon adalah kira-kira 50 cm, dengan mempertimbangkan heatsink dengan panjang lambda 5/8, untuk phase 2 dst dengan 1 kawat lambda, silahkan di sesuaikan gainnya berapa lambda 5/8, gambar diatas menang 8 dB, note : untuk phase coil, 1/2 lambda untuk frekuensi 144 kira-kira 92 cm, tidak perlu melihat jumlah lilitannya tetapi panjang kawatnya. Saat berliku ke diameter yang lebih kecil, penting agar panjang kawatnya sama.

Antena HUTSLER digunakan untuk komunikasi radio, terutama pada pita VHF frekuensi sangat tinggi, untuk mendorong kreativitas di kalangan penggemar.

Banyak organisasi radio, baik RAPI atau ORARI atau komunitas radio lainnya, mengadakan kontes pembuatan antena, dengan kriteria penjurian berdasarkan model, kemurnian pengerjaan, daya transmisi, dan lain-lain. Selain itu, ada beberapa breaker yang menguji antenanya untuk balapan interlokal, bahkan antar kota atau antar provinsi, meskipun hal ini tidak dibenarkan, dan di antara antena yang saat ini yang utama adalah antena tipe HUTSLER G7. terbesar dengan penguatan maksimum 7dB dibandingkan dengan antena RING-O atau antena TELEX yang juga sangat populer. Selain gain yang lebih tinggi dibandingkan yang lain, antena ini juga terlihat lebih bagus di mata pemiliknya.

Cara Membuat Antena Ht Ground Plane

Sebelum kita memulai perakitan, mari kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat antena HUTSLER G7, antara lain;

Pdf) Optimasi Sistem Komunikasi Dari Ht Dengan Hp Dalam Pelaksanaan Tugas Operasi Tni Ad Menggunakan Metode Dtmf

Sebenarnya sangat sederhana jika kita melihat gambar-gambarnya. Yang akan kami uraikan lebih detail adalah bagian dari pembuatan charging coil, karena itu kunci dari antena HUTSLER, baik buruknya kualitas antena terletak pada charging coil yang kami buat, tidak sedikit orang yang membayangkan charging kumparan kawat dengan perak bahkan emas untuk hasil yang maksimal. Dari pengalaman awal kami, kami akrab dengan antena Hutsler dan ingin membuat antena kami sendiri. Kami menanyakan kepada komunitas radio tentang jumlah dan diameter lilitan/kumparan pengisian dan jawabannya bervariasi, ada yang 70 lilitan dan ada yang 80 lilitan. Akhirnya kami mulai membuat antena dengan charging coil 70 lilitan dan diameter kawat 1 mm dengan diameter coil 15 mm, setelah kami rakit ternyata tidak bisa memancarkan atau menerima radiasi, lalu kami bertanya untuk pemberitahuan kepada teman-teman yang lain, akhirnya kami memiliki rumus untuk mengisi koil yaitu 1 lambda, dengan rumus ini akhirnya kami mempraktekkan dan alhamdulillah kami dapat mengirim dan menerima pancaran dari lawan bicara kami. Dengan pengalaman kami akhirnya kami sampai pada kesimpulan bahwa rumus untuk pengisian koil 2 dan 3 adalah 1 lambda, walaupun saya tanya sumbernya juga tidak jelas dan untuk saat ini kami masih percaya bahwa rumus ini relevan, jadi kami tidak perlu lakukan

Antena ground plane, cara membuat antena ht dual band, membuat antena ht jarak jauh, cara merakit antena ht, cara membuat antena ground plane, cara membuat antena ht jarak jauh, cara buat antena ht, cara modifikasi antena ht, membuat antena ht vhf sendiri, cara membuat antena dipole untuk ht, membuat antena ht dual band, membuat antena luar ht baofeng

Comments

social bar