free statistics

Cara Membaca Diameter Jangka Sorong

Rate this post

Cara Membaca Diameter Jangka Sorong – Apa itu kaliper? Bagaimana cara membaca pengukuran menggunakan jangka sorong atau jangka sorong? Jangka sorong adalah alat untuk mengukur panjang atau tebal suatu benda dengan ketelitian 0,1 mm. Oleh karena itu, alat yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan Vernier Caliper ini lebih detail dalam hasil pengukurannya daripada penggaris atau mistar. Dalam prakteknya, alat ukur ini banyak digunakan untuk mengukur panjang, ketebalan produk dan bagian luar dan dalam produk, dan untuk mengukur kedalaman.

Joseph R. Brown menemukan dial Vernier modern pada tahun 1851. Ini adalah alat praktis pertama untuk pengukuran akurat yang dijual dengan harga terjangkau untuk pekerjaan mekanis sehari-hari. Callanger Vernier memiliki skala besar yang dilengkapi dengan rahang di satu sisi.

Cara Membaca Diameter Jangka Sorong

Cara Membaca Diameter Jangka Sorong

Rahang lain, yang berisi skala vernier, bergerak di atas skala utama. Ketika dua rahang bersentuhan, nol dari skala utama dan nol dari skala Vernier harus sama persis. Jika dua nol tidak cocok, kesalahan nol positif atau negatif akan terjadi.

Cara Membaca Jangka Sorong Dan Mikrometer Sekrup

Nah, sebelum kita mempelajari cara mengukur dengan jangka sorong, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu perbedaan alat dan lokasinya.

Kaliper itulah yang sering kita lihat ketika seorang guru menunjukkan contoh kaliper di sekolah. Alat ukur ini tidak dilengkapi dengan timbangan untuk mengukur bahan. Timbangan dengan timbangan analog menggunakan sistem pemandu, sehingga istilah ini sering disebut jangka sorong.

Dia memiliki kaliper seperti ini yang tidak kita lihat di kebanyakan sekolah. Tidak semua sekolah memiliki jenis kaliper digital ini. Kompas ini dilengkapi dengan timbangan digital untuk mengukur benda. Alat ukur dengan jangka sorong digital dapat bekerja secara otomatis, akan muncul angka yang menunjukkan panjang benda pada bagian digital saat kita mengukur benda tersebut.

Bagian pertama adalah kunci yang bertanggung jawab untuk menahan bagian yang bergerak selama pengukuran, seperti rahang dan probe.

Angka Ketelitian Yang Sering Dijumpai Pada Peralatan Jangka Sorong Adalah

Ada jari-jari geser dan rahang tetap. Rahang eksternal bertanggung jawab untuk mengukur diameter internal atau internal suatu objek, misalnya diameter lubang bor atau diameter lubang.

Ada jari-jari geser dan rahang tetap. Rahang dalam bertanggung jawab untuk mengukur panjang luar atau luar suatu benda seperti ketebalan, lebar alat, atau ujung luar kaleng.

Skala utama dalam cm bertanggung jawab untuk menunjukkan ukuran dalam sentimeter (cm) yang juga disebut skala metrik, dan inci untuk menunjukkan ukuran dalam inci yang juga disebut skala imperial.

Cara Membaca Diameter Jangka Sorong

Skala vernier dalam milimeter berfungsi sebagai standar untuk mengukur pecahan dalam mm. Skala vernier juga disebut skala Vernier, untuk menghormati penemunya Pierre Vernier, seorang insinyur Prancis. Panjang skala vernier 10 adalah 9 mm. Oleh karena itu, 1 skala nous (jarak antara dua garis skala nous) sama dengan 0,9 mm. Untuk jari, garis pengukuran ada di atas

Cara Membaca Jangka Sorong Dengan Mudah Dan Tepat

1. Langkah pertama, kendurkan mur pengunci dan geser rahang geser, pastikan rahang geser berfungsi dengan baik. Jangan lupa untuk memeriksa atau memeriksa kapan rahang harus menunjukkan nol.

2. Langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian benda dan rahang untuk menghindari pencampuran benda yang dapat menyebabkan kesalahan pengukuran.

3. Selanjutnya, tutup sliding jaw untuk tepi objek yang akan diukur. Ketahui hasilnya dengan membaca keseimbangan positif dan negatif.

4. Jika ingin mengukur diameter dalam suatu benda (seperti diameter cincin), maka gunakan rahang atas. Tutup rahang atas dan ambil benda (misalnya cincin) untuk mengukur diameter. Tarik rahang geser sampai kedua rahang ditekan ke dalam objek. Pastikan dinding bagian dalam produk sesuai dengan ukuran, dalam arti produk tidak bengkok.

Jangka Sorong, Cara Membaca, Pengertian, Sejarah Dan Kegunaannya

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang proses penggunaan jangka sorong dan cara mengukurnya, akan dijelaskan pada contoh di bawah ini.

Dalam membaca hasil pengukuran kaliper, kita akan melihat dua jenis pengukuran, yaitu pengukuran utama dan pengukuran nonius (vernier). Tangga nada utama memiliki angka 0, 1, 2, 3, 4, 5 cm, dst yang berada dalam satu bagian. Ada juga skala inci di atas, seperti penggaris. Kemudian yang bisa diubah adalah skala negatif untuk menunjukkan satuan 0,1 mm.

Nah, pada gambar di atas dibandingkan dengan benda kecil (merah) yang akan diukur ketebalannya. Kita akan membaca dan menemukan ketebalan bola merah ini. Untuk membaca dan memahami ukuran drag, mari kita lihat dulu angka-angka yang tertera pada skala utama. Lihatlah bagian skala utama yang paling dekat dengan 0 pada skala nonius. Dinyatakan bahwa bagian skala utama yang paling dekat dengan angka 0 (nol) skala nonius adalah 1,1 cm atau 1 cm kali 1 mm atau 11 mm. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah memeriksa dua garis skala utama dan skala vernier yang sama atau lebih akurat atau hampir sama. Tampak dua garis lurus pada timbangan berada di antara angka 6 dan 7, atau 0,65 mm.

Cara Membaca Diameter Jangka Sorong

Nah, untuk mengetahui ketebalan batang yang kita ukur, kita lakukan dengan menjumlahkan dua angka yang kita peroleh yaitu skala besar (11 mm) dan skala vernier (0,65 mm).

Cara Membaca Jangka Sorong Dan Mikrometer Sekrup Yang Benar

Gambar di atas menunjukkan bahwa ukuran caliper terbesar yang mendekati 0 ditemukan pada 4,7 cm atau 47 mm. Kemudian garis skala nonius (vernier) yang sama dengan garis jam di atas berada pada garis skala 4 yang artinya 0,4 mm. Jadi ukuran produk dengan mengukur dengan jangka sorong adalah:

Nah, beginilah cara membaca pengukur menggunakan jangka sorong. Pada contoh di atas, setiap garis skala vernier mewakili 0,1 mm, untuk menyederhanakan perhitungan. Beberapa kaliper yang dijual di pasaran memiliki jenis penyetelan yang berbeda-beda, misalnya garis skala vernier mewakili 0,02 mm atau 0,05 mm, sehingga angka yang tertera pada garis lurus antara kedua skala tersebut harus dikalikan dengan 0,02 atau 0,05 mm 0,05.

Mengekspresikan hasil pengukuran dalam hal fisika, membutuhkan jumlah relatif (kurang lebih). Hal ini karena semua metode pengukuran atau metode pengukuran tidak dijamin benar atau akurat pengukurannya. Ada kemungkinan bahwa selama penilaian ada perubahan properti atau metode penilaian yang tidak tepat. Oleh karena itu, dalam penyajian data hasil pengukuran menggunakan jangka sorong, harus ada ketidakpastian sebesar 0,05 mm. Nilai 0,05 mm adalah setengah dari akurasi atau standar deviasi, yaitu 0,1 mm.

Di mana x adalah hasil yang kita baca dari caliper, di mana x adalah ketidakpastian, di mana x = 1/2 × akurasi perangkat. Angka ini harus ditambahkan setelah tanda ±.

Cara Membaca Jangka Sorong

Nah, ini adalah contoh cara membaca skala yang digunakan untuk mengukur ketebalan atau diameter suatu benda. Semoga dapat membantu anda dalam memahami Contoh – Cara membaca jangka sorong untuk mengukur diameter dalam dan luar, membaca ukuran utama dan ukuran panjang. /Foto Fisika 1 SMA/MA kelas X Nurachmandani, S.Lembaga Sastra, Kemendiknas.

BERITA DIY – Pelajari cara membaca jangka sorong untuk mengukur panjang dalam dan luar, membaca penggaris dan vernier untuk mengukur tinggi.

Jangka sorong adalah alat untuk mengukur dimensi, terutama pada benda berbentuk lingkaran. Alat ukur ini dapat digunakan untuk mengukur diameter dalam dan luar.

Cara Membaca Diameter Jangka Sorong

Pelajari cara membaca kaliper untuk mengukur diameter dalam dan luar, membaca pengukur besar dan pengukur.

Cara Membaca Vernier Caliper (jangka Sorong)

Dalam fisika, ada hal-hal yang berbicara tentang pengukuran. Skala digunakan untuk membandingkan sesuatu dengan sesuatu yang lain yang dianggap sebagai satuan ukuran.

Pengukuran dapat berupa tinggi badan, berat badan, dan waktu. Salah satu cara untuk mengukur tinggi badan dapat dilakukan dengan jangka sorong.

Pada jangka sorong ada banyak bagian yang perlu diketahui, bagian tersebut antara lain rahang tetap, beberapa rahang geser kecil pada rahang atas, rahang dua, skala vernier, skala utama, kunci, dan kedalaman. ukuran.

Dua rahang digunakan di bagian atas caliper untuk mengukur garis bagian dalam spesimen. Kemudian sepasang rahang kecil digunakan untuk mengukur bagian luar produk.

Cara Membaca Jangka Sorong Dengan Cepat

Baca Juga : Kunci Jawaban Matematika 9 halaman 56 Bilangan 6-10 beserta Cara : Analisis Kesalahan, Penjelasan dan Koreksinya

Umumnya, caliper memiliki akurasi 0,1 mm atau 0,01 cm. Keakuratan pengukuran biasanya akan tertulis pada badan pengukuran.

Dalam mengukur panjang diameter dalam, Anda dapat memasukkan permukaan atas kedua kaliper ke dalam lingkaran dalam produk.

Cara Membaca Diameter Jangka Sorong

Kemudian sesuaikan rahang geser dengan menggeser hingga kedua rahang benar-benar menyentuh objek. Kemudian putar kunci pengunci sampai berbunyi klik.

Cara Membaca Jangka Sorong Untuk Mengukur Diameter Dalam Dan Luar: Skala Utama Dan Nonius

Baca juga: Apa itu Digital Skills di Telkom Exam 2022? Bagaimana dengan pertanyaan? Peserta BUMN TKB harus tahu

Saat ini, dalam mengukur panjang bagian luar Anda dapat menempatkan dua bagian bawah caliper ke bagian luar produk.

Geser dan sesuaikan rahang bawah hingga rahang menyentuh objek dan putar kunci pintu. Pastikan pengukuran dilakukan di tengah-tengah benda sehingga terbagi menjadi dua bagian yang sama besar.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Redmi 10 5G, Smartphone Redmi 5G Pertama dengan Kamera 50 MP, Kapan Rilis?

Diameter Sebuah Benda Diukur Dengan Menggunakan Ja

Tanda utama diperoleh dengan melihat jumlah skala nonius yang sesuai terlebih dahulu dengan tanda utama, kemudian mengalikan angka tersebut dengan yang sebenarnya.

Contoh kaliper baca. Buku foto Fisika 1 SMA/MA kelas X Nurachmandani, S.Lembaga Sastra, Kemendiknas.

Baca Juga: Bacaan Suratul Yusuf Ayat 4 Dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Cara Membaca Diameter Jangka Sorong

Membaca jangka sorong, cara membaca jangka sorong, cara mengukur diameter dalam menggunakan jangka sorong, membaca skala jangka sorong, membaca jangka sorong inchi, membaca jangka sorong 0.02, cara mengukur diameter dengan jangka sorong, cara membaca hasil pengukuran jangka sorong, cara membaca diameter dalam jangka sorong, membaca alat ukur jangka sorong, cara menghitung diameter dalam jangka sorong, cara membaca jangka sorong dan mikrometer sekrup

Comments

social bar