free statistics

Cara Memasak Sayur Okra Agar Tidak Berlendir

Rate this post

Cara Memasak Sayur Okra Agar Tidak Berlendir – 13 cara masak okra, enak, simpel dan tidak berminyak 14 / 10 / 2019 23:01 WIB lola lolita

Brilio.net – Okra adalah salah satu jenis sayuran yang didapat dari Captive. Ternyata selain rasanya, ia juga memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh. Okra terkenal di kawasan Asia. Itu dijual di sebagian besar pasar tradisional di Indonesia.

Cara Memasak Sayur Okra Agar Tidak Berlendir

Cara Memasak Sayur Okra Agar Tidak Berlendir

Ada dua jenis okra, ada yang hijau, ada yang ungu. Jika Anda bisa menangani ini dengan baik, okra akan sangat segar dan renyah. Keluhan banyak orang adalah cara memasak okra agar tidak menurunkan berat badan. Salah satu cara mengolah okra adalah dengan membuatnya menjadi sup atau saus.

Juaranyatempe Instagram Posts (photos And Videos)

Okra paling baik dimasak dengan cepat pada suhu tinggi. Okra dapat direbus dalam cuka 30 menit hingga satu jam sebelum dimasak untuk membantu mengurangi rasa lengket.

Apakah Anda mencoba untuk mencapai? Menurut brilio.net dari berbagai sumber pada Senin, 14/10, berikut beberapa resep yang bisa Anda terapkan secara keseluruhan.

Tumis bawang putih, bawang bombay dan paprika, tambahkan okra, tambahkan sedikit air, tambahkan gula, garam dan saus tira dan aduk rata.

Rebus air, masukkan okra yang sudah dicuci bersih, rebus selama 5 menit, lalu tuang air dingin agar warnanya tetap hijau.

Manfaat Okra Dan Cara Konsumsinya

Tambahkan okra cincang dan aduk sedikit lagi agar tidak terlalu banyak menggulung, tambahkan garam dan babu dan cicipi.

Blender okra hingga menjadi bubuk halus, aduk rata, tambahkan air, garam dan kaldu, tes rasa dan sajikan.

Tumis bawang bombay hingga layu, lalu masukkan ikan teri, cabai dan terasi, aduk rata, lalu tambahkan okra dan aduk kembali.

Cara Memasak Sayur Okra Agar Tidak Berlendir

Panaskan minyak, tumis bawang putih sebentar, lalu masukkan bawang merah, paprika, dan terasi yang bisa dijadikan sajian lezat dan sehat untuk haruokra atau lady finger. Namun tantangan memasak okra adalah slime yang menyebabkan beberapa orang menggeliat saat memakannya.

Tutorial Masak: Chicken Paprika Jagung Manis Ala Chef Lucky

Namun, ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mengurangi lendir saat memasak okra. Yuk simak tipsnya. 1. Pilih okra yang bagus

Okra yang baik berukuran kecil, halus dan tidak lembek. Hindari okra dengan bintik-bintik coklat dan layu. Bila Anda memiliki okra segar yang baik, Anda dapat menyimpannya di lemari es. Caranya adalah dengan membungkus okra sebelum disimpan. Okra akan bertahan selama 3-4 hari jika disimpan di lemari es. Seperti dikutip dari One Green Planet. 2. Perhatikan teknik mencucinya

Sebelum dimasak, sayuran perlu dicuci untuk menghilangkan kotoran. Gumbo pun perlu dicuci, tapi sudahlah, oke? Karena salah mencuci okra bisa membuat okra sangat lengket saat dimasak. Mengutip My Food Story, sebaiknya jangan mencuci okra sampai benar-benar matang. Karena saat dipotong dan terkena air, maka lendir di dalam okra akan lebih banyak keluar. Lendir ini mirip dengan yang ditemukan di lidah buaya.

Dari Rumah Sakit Royal Progress, dr. Paulina Todding dari SPGK menambahkan bahwa okra menghasilkan lendir saat terkena panas, seperti air panas. Itu sebenarnya bisa dihilangkan tapi sangat sulit.

Cara Merebus Okra

Salah satu tip yang perlu diingat adalah mencuci okra di bawah air mengalir sebelum dipotong. Setelah itu, keringkan okra dengan handuk lalu potong-potong. 3. Pastikan semuanya kering

Harus dipastikan bahwa tidak hanya okra, tetapi juga tangan dan peralatan yang digunakan untuk mengolah okra dalam keadaan kering. Tangan, pisau dan talenan yang digunakan harus benar-benar kering.

Mungkin ada sedikit lendir saat okra dimasak, tetapi abaikan dan lanjutkan memotong. Poin penting lainnya adalah jangan memotong okra terlalu kecil. Anda bisa memasak okra utuh alih-alih memotongnya menjadi potongan-potongan kecil. Jadi lebih baik memilih okra kecil. Saat okra dimasak, sebaiknya potong okra saat masih dingin. Ini akan membuat okra lebih tipis daripada yang baru dipotong.

Cara Memasak Sayur Okra Agar Tidak Berlendir

4. Gunakan Cuka Rendam okra dalam cuka selama setengah jam sebelum dimasak untuk mengurangi lendir. Setelah itu, tiriskan dan keringkan okra dan mulailah memproses. Sebagai alternatif, Anda dapat menambahkan bahan asam seperti jus lemon, cuka, bubuk mangga mentah, dan asam setelah menambahkan okra ke dalam wajan. Bahan asam ini dapat mengurangi lendir sekaligus menjaga okra tetap hijau, ringan dan segar.

Okra Si Lady Finger Yang Unik

Untuk mengurangi lendir, rendam okra dalam cuka selama setengah jam sebelum dimasak. Setelah itu, tiriskan dan keringkan okra dan mulailah memproses. Sebagai alternatif, Anda dapat menambahkan bahan asam seperti jus lemon, cuka, bubuk mangga mentah, dan asam setelah menambahkan okra ke dalam wajan. Bahan asam ini dapat mengurangi lendir sekaligus menjaga okra tetap hijau, ringan dan segar. 5. Gunakan api besar dan jangan tutup panci

Tip lain untuk mengurangi lendir saat memasak okra adalah memasaknya dengan api besar. Juga terus diaduk agar okra tidak saling menempel. Hal ini penting karena ketika okra dipetik mengeluarkan uap yang menyebabkan lebih banyak lendir yang keluar. Poin penting lainnya adalah jangan pernah menutupi panci dan panci yang digunakan untuk memasak Pokra. Ini karena tutup panci atau wajan dapat menjebak uap dan meningkatkan kelembapan. Saat itulah lebih banyak dahak yang keluar dari okra.

Salah satu cara untuk mengurangi dahak adalah dengan menggoreng okra dalam tepung dan memasaknya. Tapi dr. Paulina mengatakan Anda tidak boleh memasak daging panggang jika Anda sedang diet, mengontrol kadar kolesterol, atau menderita diabetes.

“Karena meningkatkan lemak jenuh dalam minyak goreng. Lebih baik direndam atau dipanggang dalam air,” kata dr. Paulina merekomendasikan. 6. Tambahkan garam di akhir masakan

Bendi Goreng Ikan Bilis

Kami biasanya menambahkan garam di awal atau tengah proses memasak saat menumis sayuran. Tapi untuk okra, yang terbaik adalah menambahkan garam di akhir proses memasak. Ingat ‘Aturan Kelembaban’ lagi. Garam melepaskan kelembapan, jadi jika okra terlalu lama terkena garam akan menyebabkan lebih banyak lendir yang keluar. Okra adalah kacang-kacangan yang bisa diolah menjadi berbagai masakan. Rasanya ringan dan cocok untuk dimasak dengan bumbu yang kuat.

Sayuran okra mengandung mineral seperti kalium, magnesium, tembaga, seng, fosfor dan kalsium. Selain itu, sayuran tanpa lemak ini mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, B, C, K, yang dapat menjaga kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai penyakit kronis.

Cara memasak okra sangat sederhana, bisa digoreng atau dipanggang. Namun, karena okra sangat tipis, metode pengolahannya harus tepat. Untuk itu Anda perlu mengetahui cara mengolah okra yang benar untuk mendapatkan sensasi rasa yang segar dan juicy.

Cara Memasak Sayur Okra Agar Tidak Berlendir

Berikut Liputan6.com, Kamis (14/7/2022), mengulas cara mengolah okra agar tidak lengket, dirangkum dari berbagai sumber.

Okra, Sayur Kaya Serat Dengan Sederet Manfaat

Diet intoleran sudah ketinggalan zaman. Sekarang saatnya membumbui diet Anda dengan sayuran berikut yang pasti enak dan sehat. Simak video selengkapnya…

* Asli atau palsu? Untuk mengecek kebenaran informasi yang beredar, ketikkan kata kunci yang diinginkan WhatsApp Liputan6.com 0811 9787 670 nomor konfirmasi.

Okra adalah sejenis sayuran berbentuk polong yang sering kita jumpai di pasar tradisional atau supermarket. Mirip dengan paprika hijau, sayuran ini memiliki bulu-bulu halus di permukaannya. Selain itu, bagian dalam okra memiliki tekstur yang mirip dengan terong saat digigit.

Juga dikenal sebagai jari wanita, sayuran ini sering menghasilkan lendir saat dimasak. Oleh karena itu, banyak orang yang masih bingung saat ingin mengolah sayuran tersebut. Padahal, sayuran okra bisa terasa enak dan segar jika dimasak dengan benar. Cara mengolah okra agar tidak mengeluarkan lendir saat dimasak:

Meski Berlendir, Sayuran Ini Kaya Manfaat

Cara mengolah okra yang benar dimulai dari proses pemilihan bahan. Okra yang baik biasanya berukuran sedang atau sekitar 5-10 cm. Ini karena okra yang sangat besar sering basi dan memiliki rasa yang hambar.

Selain itu, pilihlah sayuran okra yang permukaannya halus atau tidak berkerut dan berwarna cokelat. Hal ini untuk menandakan bahwa sayuran okra masih segar, sehingga akan empuk dan renyah saat dimasak.

Seperti halnya sayuran pada umumnya, okra harus dicuci terlebih dahulu sebelum diolah. Hal ini untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada okra. Juga, berhati-hatilah untuk memasak segera setelah dicuci.

Cara Memasak Sayur Okra Agar Tidak Berlendir

Okra yang tidak segera dicuci dan dimasak akan mengeluarkan banyak lendir dan mudah busuk. Jadi jika sudah dicuci, Anda harus segera memasak sayuran okra agar tetap segar dan berair.

Cara Mengolah Okra Untuk Kolesterol, Bisa Ditumis Dan Infused Water

Okra tidak boleh diiris sampai biji atau ampasnya terlihat. Ini akan menjadi lebih tipis saat dimasak. Jika Anda ingin memotongnya, potong bagian batang yang berwarna cokelat.

Salah satu cara paling efektif untuk melemahkan okra adalah dengan merendamnya dalam larutan cuka. Rendam okra cincang dalam larutan air dan cuka putih sebelum dimasak. Kemudian cuci okra di bawah air mengalir dan tiriskan dengan handuk kertas, lalu diamkan selama beberapa menit.

Cara mengolah okra selanjutnya adalah dengan memasaknya utuh, tidak tipis-tipis. Pertama, cuci bulu halus di permukaan kulit okra di bawah air mengalir. Kemudian potong ujungnya dan biarkan sekitar 2mm untuk mencegah biji okra bermunculan.

Selain itu, jika Anda tidak ingin okra mengeluarkan terlalu banyak lendir, sebaiknya hindari memotongnya secara diagonal. Disarankan juga untuk memotong okra menjadi irisan setebal 1-2 cm agar tidak berubah menjadi bubur saat dimasak.

Resep Okra Jadi Masakan Rumahan Yang Enak Dan Tidak Langu

Cara terbaik adalah menggunakan panas tinggi saat mengolah okra goreng. Hal ini karena panas yang rendah menyebabkan okra menjadi layu dan mengeluarkan banyak lendir. Masak selama sekitar 15 menit, aduk terus agar okra tidak lunak. Juga bermanfaat untuk tidak menutupi panci atau wajan saat memasak okra. Ini untuk mencegah okra mengeluarkan terlalu banyak lendir.

Beberapa orang menemukan bahwa memasak okra lebih lama dapat menghilangkan lendir. Tidak peduli bagaimana okra diproses

Cara memasak sayur pakis agar tidak berlendir, cara memasak bekicot agar tidak berlendir, cara memasak okra biar tidak berlendir, cara memasak sayur okra yang benar, cara memasak okra agar tidak berlendir, cara memasak kikil agar tidak berlendir, cara memasak sayur okra hijau, cara memasak kikil sapi agar tidak berlendir, cara memasak sayur okra, cara memasak sayur gedi agar tidak berlendir, cara memasak kulit sapi agar tidak berlendir, cara memasak daun pakis agar tidak berlendir

Comments

social bar