free statistics

Cara Memasak Nasi Instan Korea

Rate this post

Cara Memasak Nasi Instan Korea – Hampir semua orang menyukai kepraktisan – kepraktisan, bahkan dalam hal memasak. Hal ini memungkinkan banyak musim dan produsen makanan menawarkan produk cepat (langsung). Salah satu produk konsumen tersebut adalah beras instan.

Nasi instan, disebut juga nasi masak qiuck, adalah nasi olahan yang telah dimasak dan kemudian dikeringkan untuk disimpan lebih lama, tetapi disajikan lebih awal. Praktek ini memungkinkan untuk membeli produk beras instan oleh konsumen yang memiliki waktu terbatas untuk memasak.

Cara Memasak Nasi Instan Korea

Cara Memasak Nasi Instan Korea

Jenis nasi instan yang populer di Indonesia adalah nasi liwet. Nasi liwet merupakan masakan khas Jawa Barat, dimana nasi dimasak dengan berbagai bumbu dan rempah sehingga menghasilkan nasi yang memiliki aroma dan rasa yang lebih enak.

Resep Kimbab, Nasi Gulung Khas Korea Yang Enak Dan Mudah Dibuat

Saat ini banyak pengusaha lokal yang terjun ke bisnis pembuatan beras instan dalam kemasan modern, misalnya beras instan merek Seribu Satu, Kabayan, Garut, Tugu, Pa Tani dan sebagainya. Seperti apa bisnis produksi beras instan? Berikut adalah deskripsi singkatnya:

Dalam proses pembuatan nasi instan ada banyak metode yang bisa digunakan, diantaranya adalah Metode Rendam-Rebus-Kuskus-Kering. Teknik memasak nasi instan ini dikembangkan oleh General Foods Corporation yang memproduksi produk Minute Rice.

Beras dimasukan ke dalam air, sehingga jumlah air di dalam beras bertambah 30%. Kemudian rebus selama kurang lebih 8-10 menit untuk mengurangi kadar air hingga 70%. Setelah nasi matang, rendam dalam air dingin selama 2 menit.

Kemudian langkah selanjutnya adalah menyebar dan mengeringkan dengan udara panas pada suhu 140 derajat Celcius untuk mengurangi kadar air hingga 8-14% sehingga struktur beras kering yang dihasilkan berpori. Selain metode Soak-Boil-Cuscus-Dry, beberapa metode lainnya adalah penggunaan kimia Na2HPO4, dan metode pembekuan.

Rekomendasi Bumbu Nasi Goreng Instan Terbaik Di Alfamart

Nasi instan tidak memiliki rasa jika tidak dicampur dengan bumbu lain, seperti pada mie instan yaitu bumbu, minyak sayur dan bumbu. Oleh karena itu, konsep nasi instan yang berasal dari cara tradisional memasak Nasi Liwet menjadi daya tarik tersendiri.

Campuran musiman kering yang sering digunakan adalah daun salam, bawang merah goreng, serai dan bawang putih. Selain rasa dan kualitas produk, hal lain yang perlu diperhatikan dalam bisnis nasi instan ini adalah kemasannya.

Kemasannya didesain menarik, bersih, modern, dengan berbagai ukuran yang berbeda-beda, misalnya 100 gr, 250 gr, dan 500 gr, agar mampu beradaptasi dengan kebutuhan dan daya beli masyarakat. Bisnis nasi instan ini sangat menjanjikan. Untuk memulainya, dibutuhkan beberapa peralatan modal dan mesin produksi, seperti mesin vakum, tungku, mesin penyegel, dll. Namun, untuk mencapai kesuksesan, kunci terpenting adalah membuat resep yang unik dan sesuai dengan bahasa pemesan. Video warga Korea membuat nasi goreng campur mie goreng ini viral di TikTok. Warga negara Indonesia kemudian membandingkan sajian ini dengan nasi goreng Mawut atau magelangan khas Jogja.

Cara Memasak Nasi Instan Korea

Resep tentang mie instan selalu menarik perhatian netizen di media sosial, termasuk mie instan kemasan yang praktis dan enak. Sebuah situs asal Korea bernama Tina, melalui akun TikTok miliknya @doobydobap mengunggah video resep mie instan kemasan.

Jual Ottogi White Rice Cooked 210g Korean / Nasi Putih Instan Korea

Tidak hanya membuat mie, tetapi juga membuat campuran nasi goreng. Pada saat penulisan (29/8/2021), video tersebut telah dilihat lebih dari 8,5 juta kali.

Di awal video, Tina menunjukkan tekstur nasi goreng yang dicampur dengan mie buatannya yang begitu nikmat. Rasa lentilnya masih renyah, dan mengeluarkan bunyi saat dikunyah. Sang ibu pun menyukai kreasi ini.

Untuk membuatnya, Tina menggunakan mi instan cup merk Shin Ramyun. Dia mengeluarkan mie dari bungkusnya dan mengocoknya sampai agak ringan.

Kemudian lentil digoreng sebentar di penggorengan dengan sedikit minyak, sampai berwarna kecokelatan. Mie tersebut kemudian dicampur dengan bumbu bubuk dari kemasannya.

Tanpa Piring! Nasi Goreng Ini Bisa Dimakan Langsung Dari Bungkusnya

Mereka mengesampingkan tepung beras dan Tina menyiapkan nasi gorengnya. Ini menggunakan nasi sisa yang kemudian dicampur dengan telur dan bubuk mie instan.

Semuanya dicampur dengan baik dalam mangkuk, kemudian dimasak dalam wajan dengan mentega dan minyak. Terakhir, adonan mie goreng yang sudah disiapkan dicampurkan ke dalam nasi goreng.

Agar lebih cantik, Tina mencetak nasi goreng campur mi ini di dalam mangkuk mi bekas. Dia juga menaburkannya dengan minyak wijen dan merica yang diletakkan di dasar mangkuk.

Cara Memasak Nasi Instan Korea

Video nasi goreng campur mie ini viral di banyak negara. Banyak yang terinspirasi untuk mencobanya. “Saya ingin mencoba ramen Jepang,” kata orang asing itu.

Mie Dengan Mie Nasi Instan Ayam (kang) Mie De Vietnam

“Hidangan ini mimpi. Nasi goreng dan mie instan, enak!” kata sebuah orang. Ada yang bilang kreasi Tina itu cantik banget.

“Aku udah coba dan enak banget!!! Gak usah pakai Mie Cup, aku pakai yang lain dan rasanya enak banget,” ujar salah satu netizen.

“Di Indonesia kita menyebutnya ‘mawut’ atau ‘magelang’,” kata salah satu netizen. Siapa bilang: “Mawut ini nyonya nasi goreng.”

Nasi goreng mawut adalah makanan khas Yogyakarta. Dibuat dengan kombinasi nasi, mie, bihun, dan bahkan sayuran yang akan membuat Anda kenyang.

Resep Nasi Goreng Korea Ekstra Pedas

Nasi goreng mewut bisa dinikmati kapan saja, termasuk sarapan. Lebih enak lagi jika ditambah bahan lain seperti daging cincang, chicken nugget dan beef, maka Anda tidak perlu lagi menunggu berjam-jam untuk mendapatkan nasi. Karena Kokikit bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) telah mengembangkan nasi instan yang hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk disajikan dan dibuat dengan air panas saja.

Inovasi pangan produk lokal ini juga telah melalui beberapa uji kelayakan. Yang pertama adalah proses uji evaluasi hedonis, yang dilakukan untuk mengetahui tanggapan subjektif anggota panel terhadap sajian nasi instan ini. Pengujian ini dilakukan untuk nasi kuning instan, nasi liwet instan, nasi kecombrang, dan lauk rendang.

Proses pengujian hedonik yang dilakukan di Laboratorium Evaluasi Sensori menguji kesesuaian nasi saat disajikan; dan harus memiliki warna, bau, rasa, tekstur dan kemiripan umum yang sama dengan nasi. Selama proses pengujian, 40 panelis berpartisipasi untuk mengevaluasi sifat-sifat beras instan.

Cara Memasak Nasi Instan Korea

“Selain lolos uji hedonik, beras instan produksi PT Kokikit juga lolos beberapa uji kelayakan konsumsi, antara lain analisis informasi nilai gizi, organoleptik, uji kecukupan produksi panas oleh Otorita, dan analisis daya simpan. hidup yang layak pakai. sebagai produk makanan. segera,” kata Chief Executive Officer Kokikit, Andry Suhaili, Rabu (8/12).

Dongwon Rice Porridge With Beef 285g

Beras instan sebenarnya sudah banyak dikonsumsi di Korea Selatan dan Jepang. Apalagi inovasi fast food ini menjadi daya tarik bersama bagi masyarakat kedua negara yang dikenal memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, sehingga selalu diminta untuk bergerak cepat.

Namun kini tak perlu jauh-jauh ke Korea atau Jepang, masyarakat Indonesia sudah bisa mendapatkan beras instan yang diklaim lebih inovatif dari yang diproduksi di kedua negara tersebut. Pasalnya, sebelum dijual, beras ini langsung diuji coba menurut ahli laboratorium IPB yang dipimpin Prof. Tjahja Muhandri; yang menjabat sebagai Kepala Pusat Iptek Pangan dan Pertanian Asia Tenggara, Seafast Center IPB.

Jadi nasi ini seperti paket lengkap, yang tidak hanya menyajikan nasi seperti Korea dan Jepang, tapi juga menambah lauk pauk khas makanan Indonesia. Beberapa versi juga menggunakan nasi yang harum, sehingga lebih pedas dan enak. Beras ini bisa bertahan hingga seminggu.

Selain melakukan uji kelayakan konsumsi, mereka juga fokus pada nilai makanan sesuai kebutuhan konsumen rata-rata. Tabel kandungan nutrisi juga tertera di bagian belakang kemasan; berdasarkan gambaran kandungan total energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, hingga garam.

Tagihan Tahu Gejrot Rp 106 Juta Dan Cara Cek Kehalalan Mie Instan Korea

Penasaran, FOOD pun berkesempatan mencicipi nasi instan unik ini. Kami mencoba nasi pandan hijau dengan ayam basil pedas dengan saus Fenita Arie. Ya, Kokikit juga berkolaborasi dengan beberapa artis ternama untuk mengembangkan versi nasinya.

Apalagi menjadi menarik karena penyajian nasi ini hanya membutuhkan air panas untuk memasak nasinya. Waktu minum hanya 15 menit. Atau Anda bisa menggunakan microwave dan panaskan selama sekitar 3 menit. Ini seperti memasak mie instan, kan?

Beras instan ini dikemas dalam wadah berdinding tipis dan aman ditempatkan di air panas atau microwave. Sehingga tidak akan meninggalkan residu yang dapat merubah rasa dan aroma nasi dan lauk pauk.

Cara Memasak Nasi Instan Korea

Ketika Anda membuka kotak, ada dua paket di dalamnya. Ada nasi pandan dan satu jenis makanan pembuka, ayam basil pedas. Ternyata, beras ini sudah diolah agar teksturnya lebih halus, sekaligus pewarna.

Nasi Instan, Bolehlah Sekali Kali

Tetapi jika nasi dimasak dengan 120 mililiter air panas, maka akan menyerap air dan menjadi lunak. Selanjutnya tinggal tuang lauk pauknya, dan nasi pun langsung siap disantap.

Dari segi rasa, nasi pandan instan ini rasanya seperti daun pandan khas. Tekstur nasinya sedikit lebih kencang atau kenyal, sehingga tidak seenak saat menanak nasi. Meski nasinya masih cukup empuk untuk dikunyah dan tidak terlalu banyak serat saat ditelan. Kalau mau tekstur nasinya lebih lembut bisa ditambahkan sedikit air hangat ya.

Nah, untuk rasa ayam yang pedas, kemangi kaya akan bumbu. Aroma kemangi berpadu dengan aroma pedas cabai. Meski “judulnya” adalah ayam pedas, namun lauk ini tidak selezat yang saya bayangkan. Sambalnya lebih pedas daripada balado.

Selain nasi versi ini, ada menu lain; seperti nasi kecombrang dengan wajan cakalang ala komeng, nasi daun jeruk dengan lidah cabai hijau ala Tantri Kotak, bahkan nasi liwet dengan rendang paru-paru ala Indra Bekti. Semua variasinya diracik dan disempurnakan oleh Chef Hendro, S.Par, yang merupakan kepala tukang daging Kokikit, dengan pengalaman 26 tahun di dunia kuliner.

Resep Nasi Goreng Pedas Ala Korea Yang Bikin Nagih!

Jika ingin mencoba, semua versi nasi ini bisa langsung dipesan melalui situs resmi Kokikit. Harga per boxnya mulai dari Rp 22-46 ribu. Bagaimana, tertarik mencoba inovasi beras lokal ini? Reporter panas / YouTube mengungkapkan siapa Lee Jin Ho Ku Kim Sae Ron

Cara memasak nasi tiwul instan, cara memasak mie instan, cara memasak ramen instan, cara memasak topokki instan, cara memasak nasi kebuli instan, cara memasak seblak instan, cara memasak nasi kebuli dengan bumbu instan, cara memasak cuanki instan, cara memasak udon instan, cara memasak tomyam instan, cara memasak brownies instan, cara memasak popcorn instan

Comments

social bar