free statistics

Cara Memasak Nasi Beras Perang

Rate this post

Cara Memasak Nasi Beras Perang – Yang saya tulis, ketika kita menggunakan jenis nasi yang berbeda, cara memasaknya juga berbeda. Ada kalanya nasi saya ‘baik’, kadang lembek dan kadang keras dan mentah karena kurang air. Bagaimana cara memasak nasi yang benar?

Tergantung pada kualitas beras yang digunakan, metode pengukuran air selama memasak juga akan berbeda. Ketahui 8 trik sederhana ini untuk memastikan nasi yang Anda masak sempurna.

Cara Memasak Nasi Beras Perang

Cara Memasak Nasi Beras Perang

Sudah menjadi tradisi, banyak orang menggunakan cangkir untuk mengukur nasi. Pastikan Anda menggunakan cangkir yang sama untuk mengukur jumlah beras dan air. Cara terbaik untuk memasak nasi adalah 1:1 atau 1:1.5 yang berarti 1 cangkir nasi sama dengan 1 hingga 1 1/2 cangkir air. Jika Anda menggunakan nasi yang membutuhkan banyak air untuk memasak, seperti nasi siam, air mungkin perlu ditambahkan.

Cara Masak Nasi Putih, Beras Basmathi & Beras Perang Yang Gebu & Lembut

Untuk membuat nasi yang dimasak lebih enak, disarankan untuk merendam nasi saat airnya kering. Tuang perlahan agar nasi tidak pecah dan tutup panci lagi sampai nasi benar-benar matang.

Cuci beras 3 kali agar tidak cepat rusak. Kurang dari ini akan menghasilkan terlalu banyak pati dan nasi akan terlalu mudah hancur sementara teksturnya cenderung lembek.

Gunakan jari atau jari telunjuk Anda untuk mengukur air yang cukup untuk nasi yang dimasak. Setelah mencuci beras, ratakan permukaan beras dan celupkan jari Anda ke dalam air. Pastikan jari berada di atas nasi dan ketinggian air harus berada di sisi lain jari.

Jangan lupa saat memasak nasi di oven. Kompor listrik sangat mudah digunakan karena suhu akan berubah sesuai dengan pengaturan yang dipilih. Memasak nasi dalam oven mengharuskan Anda untuk lebih berhati-hati agar nasi tidak gosong.

Cara Mudah Masak Nasi Daging Sedap Guna Periuk Elektrik

Saat air mulai mengering, api harus dikurangi agar nasi matang perlahan tanpa gosong. Kemudian tuangkan nasi dan biarkan selama 7-10 menit lagi agar benar-benar kering dan matang secara merata.

Nasi yang dimasak dengan baik harus digunakan untuk membuat nasi goreng. Jika nasi yang digunakan empuk, nasi gorengnya akan basi dan hambar. Jika ada nasi ekstra dan Anda berencana untuk memasaknya keesokan harinya, masukkan ke dalam lemari es agar teksturnya bagus dan cocok untuk digoreng.

Proses memasak nasi basmati tidak sama dengan memasak nasi biasa. Gunakan rasio beras dan air 1:1,5. Katakanlah Anda menggunakan 2 gelas beras, maka airnya harus 3 gelas air. Anda perlu merendam beras setidaknya selama 30 menit sebelum memasak nasi yang empuk dan lembut. Jika Anda kekurangan waktu dan tidak ingin merendam beras, Anda bisa menambahkan dua gelas air.

Cara Memasak Nasi Beras Perang

Kalau mau masak nasi merah hampir mirip nasi basmati. Untuk satu cangkir beras merah, masak dalam 1,5 – 2 gelas air. Masak seperti biasa. Pasti suka, kalau ke Indonesia, menu utamanya pasti nasi. Tahukah Anda bahwa itu berasal dari beras? Namun tahukah Anda, beras mengandung arsenik (zat beracun) sepuluh kali lebih banyak dibandingkan biji-bijian lainnya [1].

Beras Ternyata Mengandung Racun, Ini Cara Terbaik Menanak Nasi

Sebelum membahas cara mereduksinya dari beras, mari kita bahas dulu apa itu arsenik. Arsenik adalah unsur kimia dengan simbol atom As dan nomor atom 33. Unsur ini terjadi secara alami di tanah dan air tanah di banyak negara dan merupakan unsur paling melimpah ke-20 di Bumi [2].

Dalam industri, arsenik sering digunakan dalam pembuatan baterai dan peluru, sebagai paduan timah dalam kaca, pigmen, tekstil, kertas dan industri pengolahan lainnya [3].

Arsenik dapat berupa senyawa alami dan organik. Dalam bentuk alaminya, unsur arsenik membentuk senyawa tertentu dengan atom karbon, seperti leucite (yang dapat merusak kulit) yang digunakan sebagai senjata kimia pada Perang Dunia II [4]. Dalam bentuk senyawa organik alami, umumnya tidak terlalu beracun. Dalam bentuk anorganiknya, unsur ini membentuk senyawa sederhana seperti arsenik trioksida, arsenik trisulfida, dan arsen pentafluorida, yang semuanya merupakan senyawa toksik.

Umumnya, keracunan arsenik terjadi ketika orang meminum air atau makanan yang terkontaminasi arsenik anorganik di atas ambang batas [3]. Paparan jangka panjang dapat menyebabkan kanker, seperti kanker kulit, kanker paru-paru, dan kanker prostat.

Beras Parboiled Atau Beras Rebus Vs Beras Perang Mana Lebih Baik?

Gejala akut keracunan arsenik mungkin termasuk muntah, sakit perut, dan diare. Gejala lanjut mungkin termasuk kesemutan dan mati rasa di lengan dan kaki, kejang otot. Dalam kasus ekstrim, keracunan arsenik dapat menyebabkan kematian [3].

Arsenik juga terkait dengan masalah kehamilan, kesehatan anak dan kematian bayi. Paparan arsenik pada masa kanak-kanak telah dikaitkan dengan peningkatan tingkat kematian pada orang dewasa akibat kanker, penyakit paru-paru, penyakit jantung, dan kelainan ginjal. Studi lain juga menunjukkan efek negatif dari paparan arsenik pada perkembangan kognitif, kecerdasan dan memori [7].

Tingkat arsenik yang tinggi telah ditemukan dalam beras. Hal ini terjadi karena kemampuan tanaman padi (Oryza sativa L.) dalam menyerap arsen lebih tinggi dibandingkan tanaman serealia lain seperti gandum [1]. Selain itu, tanaman padi tumbuh di sawah yang terendam air yang sering mengandung arsenik terlarut.

Cara Memasak Nasi Beras Perang

Arsen anorganik yang diambil oleh tanaman padi dimediasi oleh protein transporter silikon [8]. Meskipun fungsi utamanya adalah mengangkut asam silikat dari luar xilem, protein pengangkut ini memiliki kemampuan untuk mengangkut arsenik anorganik karena kemiripannya dengan asam silikat.

Cara Masak Nasi Beriani Gam Segera Guna Primada Pressure Cooker

Menurut sumber yang berbeda, jumlah arsen anorganik dalam beras mentah bervariasi antara 0,1 dan 0,4 mg/kg berat total [9]. Sebagian besar kandungan arsenik beras ditemukan di lapisan dedak, 10-20 kali lebih banyak dari jumlah butir beras.

Karena masalah kesehatan akibat asupan arsenik dari makan nasi, pemerintah di berbagai negara berusaha mengurangi konsumsi nasi. Komisi Eropa (EC) telah mengusulkan batas atas kandungan arsenik 0,1 mg/kg untuk nasi yang ditujukan untuk bayi dan anak-anak, 0,2 mg/kg untuk nasi (nasi putih), 0,25 mg/kg untuk nasi setengah matang (parboil) dan beras setengah matang, dan 0,3 mg/kg untuk kue dan lontong [10]. Sayangnya, undang-undang tersebut belum terbentuk di negara-negara Asia yang mengonsumsi beras dalam jumlah besar setiap hari, seperti Indonesia.

Ternyata, kandungan arsenik beras dapat dikurangi dengan beberapa cara, misalnya dengan mencuci dan merendamnya, dan dengan cara memasak yang berbeda. Namun, cara-cara tersebut juga dapat mengurangi nilai gizi nasi yang dimasak.

Nah, setelah memahami mengapa arsenik berbahaya dan mengapa nasi banyak mengandung arsenik, sekarang kita akan membahas cara memasak nasi yang bisa mengurangi kandungan arsenik tetapi tetap menjaga nutrisi.

Cara Memasak Nasi Putih Menggunakan Rice Cooker

Dalam penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Science of Total Environment, peneliti Inggris dan AS menguji empat metode memasak nasi untuk menemukan cara terbaik untuk mengurangi kadar arsenik [11]. Cara pertama, tanpa dicuci dan direndam, nasi dimasak langsung di air tanpa dicuci terlebih dahulu. Cara kedua, dicuci dan dimasukkan, beras direbus setelah dicuci selama lima menit, air cuciannya dibuang, lalu direbus dengan air baru. Pada cara ketiga, sebelum perendaman dan perendaman, beras direndam terlebih dahulu dalam air selama 30 menit, kemudian air rendaman tersebut dibuang sebelum dituang dengan air bersih. Dan cara keempat, direbus dan ditambah, airnya direbus dulu, baru ditambah nasi dan dimasak selama lima menit. Kemudian, airnya dibuang dan air bersihnya digunakan untuk memasak.

Hasil analisis menunjukkan bahwa metode keempat dapat menurunkan jumlah produk arsenik dalam beras (54% untuk beras merah dan 73% untuk beras putih) tetapi tetap mempertahankan nilai gizinya seperti fosfor, kalium, magnesium. seng, mangan.

Nah, bagi Anda yang ingin mengikuti cara ini, berikut cara yang bisa dilakukan. Pertama masak empat gelas nasi dalam empat gelas air. Kemudian, tambahkan nasi dan masak selama lima menit. Kemudian, saring air untuk menghilangkan sebagian besar arsenik terlarut dan tambahkan 2 gelas air bersih ke setiap cangkir beras. Terakhir, tutup panci dan masak nasi dengan api kecil sampai sedang sampai semua air habis dan terserap.

Cara Memasak Nasi Beras Perang

Metode ini sangat disarankan untuk menyiapkan nasi untuk bayi dan anak kecil karena mereka memiliki risiko kesehatan yang tinggi jika terpapar arsenik dalam jumlah besar dalam waktu lama.

Khasiat Beras Perang Utk Kurus Dan Sihat

[1] PN Williams dkk. , “Peningkatan asimilasi pucuk arsenik dalam beras menghasilkan hasil biji-bijian yang lebih tinggi daripada gandum dan jelai,” Environ. Teknologi Sains. , Jil. 41, tidak. 19, hal. 6854-6859, Oktober 2007, doi: 10.1021/es070627i.

[2] N. R. C. (AS) C. M. dan B. E. Polutan E., Distribusi Arsenik di Lingkungan. Pers Akademi Nasional (AS), 1977.

[5] Quansah Reginald dkk. , “Asosiasi arsenik dengan hasil kehamilan yang merugikan/kematian bayi: tinjauan sistematis dan meta-analisis,” Environ. Pandangan tentang kesehatan. , Jil. 123, tidak. 5, hal. 412–421, Mei 2015, doi: 10.1289/ehp.1307894.

[6] S.F. Farzan, Bpk. Karagas dan Y. Chen, “Dalam kandungan dan paparan awal kehidupan terhadap arsenik dalam kaitannya dengan kesehatan dan penyakit jangka panjang,” Toxicol. Aplikasi Farmasi , kekuasaan. 272, tidak. 2, hal. 384-390, Oktober 2013, doi: 10.1016/j.taap.2013.06.030.

Mana Lebih Baik? Beras ‘parboiled’ Atau Beras Perang Atau Beras Putih

[7] M. Tolins, M. Ruchirawat, P. Landrigan, “Pengembangan neurotoksisitas arsenik: efek kognitif dan perilaku paparan kehidupan awal,” Ann. Kesehatan Dunia, Jil. 80, tidak. 4, hal. 303-314, Agustus. 2014, doi: 10.1016/j.aogh.2014.09.005.

[8] J. F. Ma dkk. , “Pembawa arsenit dalam beras dan perannya dalam akumulasi arsenik dalam butir beras,” Proc. Natal Ilmu Akademik, Vol. 105, tidak. 29, hal. 9931-9935, Juli. 2008,

Cara memasak beras shirataki, cara memasak beras porang, cara memasak beras perang dengan rice cooker, cara memasak beras taj mahal, cara memasak beras menjadi nasi, cara memasak beras perang untuk diet, cara memasak beras basmati, cara memasak beras, cara memasak beras merah, cara memasak nasi beras basmati, cara memasak nasi beras merah, cara memasak beras ketan

Comments

social bar