free statistics

Cara Masak Gudeg Basah

Rate this post

Cara Masak Gudeg Basah – Gudeg adalah sayuran polongan yang dimasak dengan santan untuk membuat aare (saus) kental. Gudeg adalah makanan umum di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Selain nangka, garam biasanya disajikan dengan sambal goreng kresek. Rasa manis dan gurih menjadi ciri khas dari masakan ini. Membuat Gudeg membutuhkan teknik memasak yang lambat.

Bahan masakan yang menjadi ciri masakan ini adalah daun jatinya. Berasal dari daun jati yang berwarna coklat dan memiliki aroma khas sayur panas. Ada beberapa jenis panas yaitu panas kering, panas basah dan panas solo. Kali ini saya ingin berbagi resep Gudeg kering yang disajikan panas tanpa kuah yang terlalu kental dan basah.

Cara Masak Gudeg Basah

Cara Masak Gudeg Basah

Memiliki pengalaman akademik di bidang katering dan jurnalistik. Hobinya antara lain menulis, jalan-jalan, dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada dalam Ilmu Komunikasi

Diah Didi’s Kitchen: Gudeg Basah

1. Panaskan banyak air dalam panci. Masukkan adas, daun jati, 3 lembar daun salam, dan setengah bagian lengkuas. Didihkan sampai lunak dan merah, sekitar 1 jam.

1. Bilas bejana berendam beberapa kali menggunakan air mengalir sampai airnya jernih dan keruh. Tekan celahnya. Menyisihkan.

Pegang kresek dengan tangan dalam posisi menggenggam dengan dua tangan agar kresek tidak pecah saat ditekan. Lakukan langkah ini sekali untuk membuang kelebihan air dan udara yang terperangkap di dalam kantong plastik.

2. Menggunakan GM Bear Portable Blender 6 Blades (lihat DISKON Lazada) haluskan bumbu dengan kecepatan sedang selama 10 detik. Dengan desain cover yang sangat rapat dan anti bocor. Gelas ini juga terbuat dari kaca borosilikat kualitas terbaik untuk perlindungan yang aman dan suhu tinggi. Sebentar lagi, menu di rumah akan semua daging, ya guys… yah… kalian harus pergi dengan beberapa sayuran. ? Salah satu sayuran yang cocok dengan semua hidangan non-vegetarian adalah gudeg di rumah kami. Gudeg bukanlah gudeg kering versi yogi…melainkan gudeg basah atau kuah panas versi semarangan. Rasanya lebih lembut dan segar, tidak terlalu manis sehingga cocok dinikmati dengan berbagai masakan berbumbu tinggi seperti Opor, Impal Daging, Impal Kelem dll. Di Semarang biasanya koyor ditemani sambal goreng atau koyor goreng yang enak banget..!

Hm Zwan: Sensasi Gudeg Kaleng Bagong

Kemarin saya masak oseng mercon, sisanya lada..haha. Sayang kalau dibuang… bumbu sambalnya mantap. Saya akhirnya mendapatkan periode gudeg tadi malam. Teman-teman, masakan Gudeg tidak bisa diperbaiki. Kudu sabar..dan masaknya lama. Gunakan api kecil agar bumbu meresap dan kacang empuk. Dengan teknik ini… Dijamin Gudeg… Enak… Hihi. Tidak perlu diaduk, lihat saja cara memasak gudegnya.. biarkan matang berjam-jam.. barulah terbentuk warna gudeg yang cantik, dan bumbu meresap.

Untuk membuat gudeg versi basah ini, bahannya sama dengan gudeg panas, namun dengan santan dan daging giling yang lebih banyak, sehingga kuahnya lebih gurih dan nikmat. Sausnya enak banget…apalagi kalau dimakan dengan bawang bombay atau saus tomat, dapat keranjang goreng panas atau telur goreng…suami saya sudah suka masakan ini. Rasa aslinya segar saat disantap panas. Kalo udah bosen sama kuahnya pasti sering dipanasin tiap hari, lama kelamaan kuahnya habis dan jadi panas kering juga..lol. Jadi kalau masak sekali panas bisa dinikmati dua versi, basah dan panas kering. Keren semuanya…! Karena gudeg ini tahan lama, tentunya memudahkan pekerjaan dapur juga guys… tinggal masak lauk pauk… atau ganti sambalnya beda-beda tiap hari.. .ketawa ngakak. Gudeg terus memanas. Kalaupun kurang nutrisinya, kalau sering dipanasin…ini menu khas jawa…semakin dihangatkan…semakin enak…haha.

Ok..besok saya tulis resepnya kalo masih ada dagingnya..buat gudeg ole ini aja guys..yummy..!

Cara Masak Gudeg Basah

Fenugreek direbus sebentar di air mendidih untuk dijadikan desinfektan (Kalau beli fenugreek di pasar sudah dipotong-potong, biasanya oleh penjualnya :D)

Diah Didi’s Kitchen: Gudeg Basah Pakai Slow Cooker

Sesuaikan rasa, jika sudah manis dan gurih (tapi belum terlalu asin), tutup panci dan masak dengan api kecil selama satu jam.. jika adas sudah empuk, sesuaikan lagi rasanya. Masak lagi pakai slow cooker, yang pertama saya pecah, lupa beli lagi, dan waktu pakai pressure cooker membuat saya malas pakai slow cooker. Tapi karena gratis, jadi harus pakai ya, ya.

Dan kebetulan beberapa waktu lalu banyak teman yang bertanya apakah bisa dibuatkan resep Gudeg dengan menggunakan slow cooker. Nah, saya mencoba kemarin guys. dapat saya lakukan Tapi hasilnya belum tentu kering, Gudenya. Pertahankan kaldu, karena tingkat kontraksi air sangat rendah selama pemasakan lambat. Sedangkan saat memasak gudeg, buah muda harus direndam dalam santan. Tambahkan kaldu dan buat Gudeg atau dikenal dengan Ola Gudeg dalam yoga.

Orang sering bertanya, apa bedanya gudeg bhaji basah dengan phansachi bhaji… ya beda… dari segi rasa juga. Jika fanas dimasak lebih awal, rasanya akan sedikit pedas, seperti lodeh tapi tidak pedas. Untuk gudeh basah ini meskipun berkuah, proses memasaknya tetap sama dengan gudeg yaitu minimal 7 jam. Bumbu Gudeg lebih cenderung manis, gurih, mantap.

Tapi gudeg basa juga enak banget sobat..hihi. Paling enak dimakan dengan saus tomat pedas atau cabai bawang.

Sejarah Gudeg, Kuliner Jogja Yang Konon Usianya Lebih Tua Dari Kota Asalnya

Cara memasak gudeg dengan slow cooker cukup mudah, cukup masukkan semua bahan ke dalam slow cooker, tekan tombol pelan-pelan, biarkan semalaman, kita tinggal tidur saja, sudah masak. Anda bisa sarapan di pagi hari saat sudah matang … nyaman, bukan? Jika ingin gudeg versi kering, Anda harus memanaskannya di atas kompor biasa hingga kuahnya matang.

Ada dua versi cara memakannya di rumah saya. Dimakan dulu basah, setelah di panaskan di tiriskan, di keringkan, lalu di makan dengan sambal goreng kresek dll. Semuanya enak. Nah resepnya sih sama…cuma ukuran nangkanya saya sesuaikan biasanya bumbunya. Sangat mudah untuk mengubah rasa di tengah proses memasak.

Bahan: 1 buah nangka muda ukuran sedang 300 gm daging kelapa (dagingnya alot, tapi kalau dimasak panas jadi lembek dan rasanya seperti gudeg) 8 buah timun 6 siung 4 siung bawang putih 1 sendok makan ketumbar 1000 ml santan 010 ml santan kental 100 Gram – 150 gram gula merah 1/2 sdm garam dulu, lalu terakhir jika ditambah 6 lembar daun salam, lengkuas 4 cm, 3 batang serai, 4 lembar daun jeruk Tambahkan semua bahan, masak dengan api kecil atau kecil. Siapa yang tidak tahu kompor tombol lambat memanas dalam semalam? Makanan khas di Jogja ini bisa dengan mudah ditemukan mulai dari pedagang kaki lima, pedagang kaki lima hingga restoran. Gudeg sendiri merupakan masakan yang terbuat dari buah muda yang dimasak dengan santan. Gudeg biasanya berwarna coklat, terbuat dari daun jati yang dimasak dan rebung muda.

Cara Masak Gudeg Basah

Selain rebung muda, penambahan bahan pelengkap lainnya membuat penyajian gudeg menjadi lebih istimewa. Bahan pelengkap yang biasanya ditambahkan adalah ayam, telur, kesake atau sebagainya. Soal rasa Gudeg sudah tidak diragukan lagi, rasanya nikmat jika disantap dalam keadaan panas. Rasanya yang manis dan gurih menambah kenikmatan hidangan ini.

Gudeg Bu Sric

Bagi Anda yang tinggal di luar Jogja mungkin agak sulit untuk mendapatkan kehangatan, sehingga Anda harus melakukannya sendiri di rumah untuk menikmatinya. Cara memanaskan memang membutuhkan kesabaran, namun hasil yang didapatkan tidak akan sia-sia. Anda akan menemukan hidangan ini lezat dan istimewa.

Nah, bagi anda yang ingin membuat garam di rumah, kami sajikan resep dan cara membuat garam pada kesempatan kali ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat gudeg ini sangat praktis. Penasaran dan ingin segera mencoba menghangatkan rumah Anda? Yuk simak resep dan cara membuatnya panas dibawah ini untuk memudahkan anda di dapur. (Baca Juga : Aneka Resep Nangka)

Baca juga resep nangka goreng dan masala nangka

Gudeg sudah habis. Nikmati sajian ini dengan nasi putih panas dan kerupuk agar semakin nikmat dan menggugah selera. Agar garam yang Anda buat menjadi lebih spesial, Anda bisa menambahkan bahan lain yang biasa terdapat pada garam.

Asal Usul Gudeg, Makanan Ikonik Khas Dari Yogyakarta

Berikut resep dan cara membuatnya panas. Polos dan sederhana kan? Selamat menikmati di rumah dan jangan lupa bagikan resep ini ke teman-teman Anda. mungkin berguna.

Resep gudeg basah, cara buat gudeg jogja basah, gudeg basah jogja, resep gudeg nangka basah, gudeg basah yogyakarta, gudeg basah terdekat, cara masak gudeg jogja, cara membuat gudeg basah, cara masak gudeg nangka, gudeg basah, gudeg basah di jogja, resep gudeg jogja basah

Comments

social bar