free statistics

Cara Daftar Nikah Di Simkah

Rate this post

Cara Daftar Nikah Di Simkah – Sejumlah tips harus diikuti agar proses pencatatan nikah online lebih efisien di simkah.kemenag.go.id. Sesuatu? Berikut panduan lengkapnya.

Di masa pandemi COVID-19 di Indonesia atau sejak tahun 2020 hingga 2021, Kementerian Agama (Kemenag) menyediakan layanan pencatatan nikah secara online.

Cara Daftar Nikah Di Simkah

Cara Daftar Nikah Di Simkah

Oleh karena itu, pada masa pandemi dan belum adanya ketentuan khusus tentang pembatasan kegiatan sosial, pencatatan perkawinan dapat dilakukan dengan 4 cara, yaitu:

Simak! Ini Cara Daftar Nikah Online, Biaya Gratis Tak Perlu Datang Ke Kua

Keempat cara tersebut diatur dalam Pedoman Dirjen Umat Islam tentang Pelayanan Matrimonial Masyarakat Produksi Aman Covid yang diterbitkan pada 10 Juni 2020.

Hal itu diatur dalam Surat Edaran (SE) Dirjen Ummat Islam. Nomor referensi: P-001/DJ.III/Hk.007/07/2021. Aturan ini juga tertuang dalam instruksi Dirjen Ummat Islam SE: P-002/DJ.III/Hk.007/07/2021.

Seperti diketahui, PPKM reguler dilaksanakan mulai 3 Juli hingga 20 Juli 2021 dan diperpanjang selama 5 hari lagi. Kemudian, mulai 26 Juli hingga 2 Agustus 2021, pemerintah memberlakukan PPKM tingkat 1, 2, 3, dan 4 di berbagai daerah.

Berdasarkan informasi di laman Simkah, khususnya di daerah yang menerapkan PPKM tingkat 3 dan 4, proses pencatatan nikah sesuai ketentuan nomor SE: P-001/DJ.III/Hk.007/07/2021.

Cara Mudah] Membuat Aplikasi Cek Pernikahan

Sekedar informasi, akad nikah di kantor AMC ini gratis. Sedangkan untuk melakukan akad nikah di luar kantor KUA atau di luar jam kerja akan dikenakan biaya sebesar Rp600.000.

Judul artikel ini diubah pada Senin, 16 Agustus 2021 pukul 15.50 WIB. Sebelumnya ditulis di Simkah.kemenag.go.id & Persyaratan dengan judul “Cara Daftar Nikah Online Tahun 2021”.- Layanan digital terus digulirkan di layanan pemerintah, salah satunya Otoritas Urusan Agama (KUA). Sebagai lembaga keagamaan tingkat kabupaten, KUA menyediakan layanan pendaftaran nikah online.

Jajang Ridwan, Kepala Bagian Kualitas Sarana, Prasarana, dan Sistem Informasi Direktorat Pengelolaan Umat Islam Kementerian Agama mengatakan, pendaftaran nikah online jauh lebih mudah dan praktis dengan mengakses sistem informasi pengurusan nikah yang baru. . (Simkah) di simkah4.kemenag.go.id.

Cara Daftar Nikah Di Simkah

“Masyarakat bisa mendaftarkan pernikahannya dengan menggunakan SIM card. Layanan digital ini lebih mudah dan praktis,” kata Jajang dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Mau Nikah? Ini Nih Prosedurnya!

Ia menambahkan, link Simkah yang baru akan menggantikan link Simkah yang lama. Menurutnya, menu di website Simkah yang baru tidak jauh berbeda dengan menu Simkah yang lama. “Jadi masyarakat menggunakan link Simka yang baru untuk mendaftarkan pernikahannya,” jelasnya.

Jajang melaporkan hampir seluruh KUA di seluruh kecamatan di Indonesia telah terintegrasi dengan Simkah. Hal ini memungkinkan KUA untuk menyediakan layanan pencatatan nikah secara online.

Jajang mengungkapkan, untuk pendaftaran nikah online, calon pengantin perlu mengisi beberapa dokumen administrasi. “Dokumen-dokumen ini harus diisi oleh setiap pemuda dan pemudi, harus didaftarkan untuk menikah dan sah menurut undang-undang yang berlaku,” katanya.

“Sebelum mendaftarkan pernikahan, pastikan pasangan sudah membuat atau mendaftarkan surat lamaran ke KUA. Surat lamaran KUA memiliki nomor yang harus dimasukkan ke dalam Simka sebelum mengisi data diri,” imbuhnya.

Simak Syarat Menikah & Cara Daftarnya

2. Pilih Buat akun Simkah menggunakan email Anda. Sistem akan secara otomatis mengirimkan kode OTP ke alamat email yang terdaftar,

5. Memasukkan informasi tentang calon suami dan calon istri, termasuk orang tua calon suami dan calon istri, serta wali keluarga Pemerintah melalui Kementerian Agama RI (Kemenag) memutuskan untuk menghentikan penerbitan fisik kartu nikah mulai Agustus 2021. .

Selain itu, kartu nikah fisik ini akan digantikan dengan kartu nikah digital yang diterbitkan Kementerian Agama pada akhir Mei tahun lalu.

Cara Daftar Nikah Di Simkah

“Kementerian Agama telah memutuskan untuk menghentikan penerbitan kartu nikah fisik mulai Agustus 2021,” kata Kamaruddin Amin, Direktur Jenderal Pembinaan Ummat Islam Kementerian Agama, dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (8/11/2021).

Sop Pendaftaran Sampai Serah Buku Nikah & Simkah Baru 2012

Penggantian kartu nikah fisik dengan digital dilakukan sesuai dengan Surat Edaran B-2361/Dt.III.II/PW.01/07/2021 Ditjen Umat Islam. kartu nikah digital.

Selain itu, layanan kartu nikah digital tersedia di seluruh Lembaga Keagamaan (KUA) yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Pengurusan Perkawinan (Web Simkah).

Menurut informasi, saat ini terdapat 5819 KUA yang dapat mengakses Web Simkah. Jumlah ini meningkat karena adanya peningkatan kualitas pelayanan di KUA.

Namun apabila kartu nikah sudah tersedia di KUA, pasangan suami istri yang menginginkan kartu nikah fisik dapat menghubungi kepala KUA.

Cara Cek Ketersediaan Tanggal Nikah Tanpa Harus Ke Kua Halaman All

Setelah penandatanganan akad nikah, calon pengantin baru akan dikirimkan kartu nikah digital melalui email dan nomor WhatsApp akan didaftarkan melalui Simkah Web (masih via email) sebagai link atau tautan.

Dapatkan berita terpilih dan berita terhangat setiap hari. Kami pergi ke tautan https://t.me/comupdate dan bergabung dengan grup “Pembaruan Berita” di Telegram, lalu bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal Telegram di ponsel Anda.

Tag kartu nikah digital simkah kementerian agama 2021 cara mendapatkan kartu nikah digital 2021 cara mendapatkan kartu nikah digital 2021 simkah.kemenag.go.id kartu nikah digital

Cara Daftar Nikah Di Simkah

Berita Terkait [HOAKS] Link untuk mendapatkan bonus bantuan Covid-19 Rp 500.000 dari persyaratan keresidenan PPKM Level 4 Kemensos, bisa menggunakan subsidi gaji Liquid Rapid Antigen Rp 1 juta, cek penerima di bpjsketenagakerjaan. Utas Viral go.id, Pengiriman Paket Ada 2 ular berbisa di dalamnya, itu sebabnya pemerintah menghentikan siaran TV analog dan beralih ke digital.

Ini Beda Kartu Nikah Dengan Buku Nikah

Jixi mencari berita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda. Paket berita ini disajikan sebagai cerita pilihan yang lebih relevan dengan minat Anda.

Jika Anda memerlukan bantuan atau jika aktivitas yang tidak biasa terdeteksi di akun Anda, data Anda akan digunakan untuk memverifikasi akun Anda.

Cara daftar simkah web, cara menggugurkan kandungan di luar nikah, tata cara daftar nikah di kua, cara daftar nikah online di kua, daftar nikah di kua, cetak buku nikah simkah web, simkah cetak kartu nikah, simkah kemenag go id info nikah, daftar nikah simkah, cara daftar nikah di kua, cara gadai buku nikah di pegadaian, cara daftar nikah siri di kua

Comments

social bar