free statistics

Cara Daftar Imei Hp Luar Negeri

Rate this post

Cara Daftar Imei Hp Luar Negeri – YOGYAKARTA – Cara daftar IMEI iPhone dan Android sangatlah penting, apalagi jika Anda membeli kedua jenis smartphone di luar negeri.

Seperti diketahui, pemerintah saat ini tengah menindak praktik jual beli ponsel ilegal di pasar gelap. Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memblokir IMEI ponsel ilegal yang tidak terdaftar dalam perangkat yang disebut Central Equipment Identification Register (CEIR).

Cara Daftar Imei Hp Luar Negeri

Cara Daftar Imei Hp Luar Negeri

Oleh karena itu, agar tidak memblokir ponsel Anda, IMEI ponsel harus terdaftar di Kementerian Perindustrian. Jadi bagaimana cara mendaftarkan IMEI ponsel?

Cara Cek Kode Imei Di Android / Ios, November 2022

Dikumpulkan dari berbagai sumber, International Mobile Equipment Identity atau disingkat IMEI adalah nomor identifikasi unik yang dikeluarkan oleh GSM Association (GSMA) untuk setiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen ponsel (Hanphone/HP).

Kebijakan pemblokiran ponsel pasar gelap telah diluncurkan sejak 18 April 2020. Kebijakan ini untuk mencegah peredaran ponsel ilegal dan mendukung industri yang bermanfaat di dalam negeri.

Orang yang membeli ponsel dari luar negeri, baik secara individu maupun konsinyasi, tetap dapat mendaftarkan IMEI ponselnya secara mandiri.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan. 203/PMK.04/2017 tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Barang yang Dibawa Penumpang dan Awak Angkut, Cara Pencatatan IMEI Ponsel Android dan iPhone yang Dibeli di Luar Negeri sebagai berikut:

Beli Iphone Dari Luar? Cara Daftarkan Imei Iphone Agar Tidak Terblokir

Sebagai informasi tambahan, skema pemblokiran IMEI juga berlaku untuk ponsel yang hilang atau dicuri, sehingga tidak dapat digunakan oleh orang lain. Namun, situasi ini memerlukan bukti kehilangan setelah melapor ke operator seluler.

Cara pendaftaran IMEI iPhone dan HP Android yang dibeli di luar negeri dapat dilakukan melalui website resmi Bea Cukai dan aplikasi mobile Bea Cukai. Berikut ulasan lengkapnya.

Jika sudah menerima QR code dan Registration ID, segera ke kantor Bea Cukai untuk scan QR code. Setelah menyelesaikan masalah pajak, Anda akan menerima izin dari petugas Bea Cukai.

Cara Daftar Imei Hp Luar Negeri

Cara mendaftarkan IMEI ponsel dapat dilakukan melalui aplikasi, jika mengalami kendala dalam mengakses halaman resmi Bea Cukai. Namun, cara ini hanya berlaku untuk ponsel Android. Langkah-langkahnya adalah:

Cara Daftar Imei Iphone (2 Metode) Agar Hp Tidak Terblokir

Seperti sebelum pendaftaran IMEI untuk iPhone dan Android, pemilik ponsel harus pergi ke kantor Bea Cukai untuk memindai kode QR dan mengisi semua formulir pajak untuk mencegah ponsel diblokir oleh pemerintah. Ini untuk Xiaomi, Samsung dll. Jadi bagi yang ingin membawanya ke Indonesia, pertama-tama Anda perlu mengganti IMEI ponsel Anda. Nah, pada review kali ini saya akan memberikan 3 tutorial cara daftar atau beli IMEI HP terkunci gratis dari luar negeri tanpa bayar.

Anda dapat menggunakan beberapa metode, tergantung pada apa yang ingin Anda pilih. Namun jika Anda salah memilih cara mendaftar IMEI, biaya pajak yang harus Anda bayarkan bisa bertambah. Maka bacalah ulasan berikut dengan seksama.

Tanpa basa-basi lagi yuk simak tutorial cara daftar HP IMEI dari luar negeri secara gratis tanpa harus membayar.

Untuk yang pertama mungkin sedikit rumit, tapi jika Anda mengikuti cara ini, pendaftaran IMEI Anda akan aman dan terjamin.

Cara Daftar Imei Hp Yang Dibeli Dari Luar Negeri

Hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah Surat Lintas Negara, Anda bisa mendapatkan surat ini dari kantor polisi terdekat.

Untuk informasi tentang cara mempersiapkan paspor, tiket pesawat dan sertifikat. Anda dapat meminta sertifikat dari perusahaan jika Anda bekerja atau dari kampus jika Anda seorang mahasiswa.

Silakan jika Anda sudah siap membuat Surat Lalu Lintas Anda, prosesnya tidak akan lama jika semuanya sudah siap, akan memakan waktu maksimal 10-20 menit.

Cara Daftar Imei Hp Luar Negeri

Hal terakhir yang Anda butuhkan sekarang adalah surat Tes PCR, karena tidak jelas kapan masa Pandemi akan berakhir. merekomendasikan mendapatkan surat Tes PCR dari klinik atau rumah sakit terdekat dua minggu sebelum pendaftaran ulang IMEI.

Q&a Tentang Registrasi Imei

Kenapa 2 minggu? Soalnya waktu paling cepat kirim hasil surat Tes PCR ini minimal 1 minggu, jadi harus disiapkan minimal 2 minggu. Jangan lupa juga untuk mencetak hasil PCR Test Anda, karena beberapa maskapai tidak menerima surat dalam format digital.

Ya, di kolom masukkan harga, Anda bisa memasukkan harga kedua atau harga bekas, tidak perlu harga baru. Soalnya handphone yang kamu pakai itu second atau bekas dan kalau kamu bawa harga baru, biaya pajaknya juga akan mahal.

Kemudian Anda harus pergi ke bandara ketika Anda mendarat dan kemudian pergi ke loket pendaftaran IMEI bandara terdekat. Nah, Anda dapat mengirim kode QR di sini.

Jika Anda mendaftarkan IMEI untuk ponsel asing di bawah $500 atau sekitar Rp 7,1 juta, pendaftaran IMEI Anda akan gratis.

Cara Daftar Imei Hp Dari Luar Negeri

Lanjutkan dengan metode kedua, yaitu. mendaftar secara langsung, tetapi biasanya Anda harus mengantri terlebih dahulu karena tidak menggunakan QR Code. Sebagai referensi, cara pertama menggunakan kode QR adalah antrian yang sangat kecil. Sementara jika mendaftar secara langsung, Anda bisa mengantri berjam-jam karena banyaknya pengunjung.

Tapi tetap saja cara registrasi IMEI HP terkunci kedua ini masih gratis, sama seperti cara pertama, namun bedanya kamu tidak mengikuti langkah awal.

Pertama, Anda bisa pergi ke bandara terdekat di kota Anda, atau jika tidak ada. Maka Anda harus pergi ke kota lain yang memiliki bandara.

Cara Daftar Imei Hp Luar Negeri

Bagi anda yang tidak sempat mengikuti cara pertama dan kedua atau jika anda mengikuti cara kedua masih ada cara ketiga. Namun cara terakhir ini sangat tidak kami rekomendasikan, karena selain tidak gratis, Anda juga memiliki waktu yang terbatas.

Cara Daftar Imei Hp (2 Opsi), Penting Jika Tak Ingin Kena Blokir!

Terakhir, lakukan pembayaran pajak sesuai peraturan terkait. Tidak baik Anda harus membayar biaya tinggi di sini untuk mendaftarkan IMEI seluler Anda.

Semoga informasi yang diberikan kali ini bermanfaat untuk anda semua. Jika ada pertanyaan atau hal lain yang ingin disampaikan, bisa tulis di kolom komentar yang disediakan Pemerintahan Terbentuk melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) hari ini, Senin, 20 April 2020, manajemen IMEI.

, Pemerintah DKI Jakarta melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menetapkan dan menerapkan pada hari ini, Senin, 20 April 2020, Peraturan International Mobile Equipment Identity (IMEI) untuk mencegah penggunaan ponsel ilegal

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan mengumumkan tata cara pendaftaran IMEI untuk ponsel yang dibeli dari luar negeri.

Cara Cek Imei Samsung Resmi Atau Ilegal Terbaru 2022

Seperti dilansir laman Twitter resmi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, pada Senin 20 April 2020, pengguna harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi “Customs Mobile” atau mengunjungi beacucai.go.id.

Juga, jika aplikasi diunduh, pengguna dapat mengambil formulir di aplikasi, lalu mengisi data formulir.

Pengguna juga diminta memasukkan nomor NPWP, spesifikasi maksimal 2 ponsel dan nomor penerbangan untuk membawa ponsel.

Cara Daftar Imei Hp Luar Negeri

Setelah mendaftar dan menerima kode QR, pengguna dapat membawa barang bawaan atau ponsel yang dibeli di luar negeri ke kontrol Bea Cukai bandara.

Jangan Lupa Daftarkan Imei Di Bandara, Jika Lupa Siap Siap Bayar Pajak 40% Dari Nilai Ponsel

Dalam unggahan di laman Twitter Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, disebutkan bahwa turis asing yang menggunakan kartu SIM asing tidak perlu mendaftarkan IMEI-nya.

Wisatawan asing yang ingin menggunakan kartu SIM Indonesia dapat mengaktifkannya di pusat-pusat resmi operator seluler hingga 90 hari untuk sampai ke Jakarta: 15 September berbagai kementerian dan lembaga terkait kebijakan penghapusan ponsel atau BM ilegal Anda atau hitam. pasar secara resmi menerapkan sistem tersebut. Oleh karena itu, tidak mungkin menggunakan ponsel dengan IMEI yang tidak terdaftar di database Kementerian Perindustrian.

Ponsel ini tetap dapat menyala dan menggunakan fungsinya, tetapi tidak dapat menerima jaringan seluler saat kartu SIM operator lokal dimasukkan. Hal ini juga berlaku untuk ponsel yang dibeli dari luar negeri, kecuali ada bea masuk atau pajak yang dianggap ilegal.

Alat ini biasanya digunakan jika Anda telah membuat laporan ke Dirjen Bea dan Cukai Republik Indonesia dan membayar bea masuk.

Cara Daftar Imei Hp Luar Negeri Secara Online Terbaru 2022

Bagaimana cara mendaftarkan IMEI ponsel yang dibeli di luar negeri? Berikut petunjuk pendaftaran IMEI menggunakan aplikasi mobile resmi Dirjen Bea dan Cukai bernama Mobile Customs.

Namun, pendaftaran digital tetap dilakukan di semua bandara sesampainya di pos Dirjen Bea dan Cukai. Dirjen Bea dan Cukai mengatakan prosesnya tidak memakan waktu lama, jadi Anda bisa menyelesaikan prosesnya sebelum tiba atau bisa langsung mendarat.

1. Isi formulir pendaftaran IMEI. Isi formulir di website atau melalui aplikasi Mobiel Customs. Data observasi yang dibutuhkan adalah data pribadi, nomor penerbangan dan NPWP.

Cara Daftar Imei Hp Luar Negeri

Di sini, maksimal dua perangkat smartphone bisa dibawa (hand-carried) atau didaftarkan melalui Dirjen Bea dan Cukai di bandara. Anda juga akan diminta untuk mengisi keterangan lengkap mengenai spesifikasi ponsel dan IMEI termasuk harganya.

Cara Daftar Imei Di Kemenperin Yang Dibeli Dari Luar Negeri

Deni Surjantoro, Kepala Direktorat Komunikasi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, mengatakan impor sebanyak-banyaknya diperbolehkan, namun proses pendaftarannya juga harus melalui Kementerian Perdagangan. Pasalnya, persyaratan ini dianggap untuk kebutuhan bisnis atau retail.

2. Muncul di kantor Dirjen Bea dan Cukai di bandara keberangkatan Dengan mengisi formulir di akhir proses pendaftaran, Anda akan menerima QR Code yang harus ditunjukkan kepada petugas. Direktur Jenderal Bea dan Cukai di bandara kedatangan.

Petugas akan menggunakan kode QR ini untuk mencari data registrasi yang Anda masukkan. Nantinya, pejabat tersebut akan bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian untuk mendaftarkan IMEI. Agen juga memeriksa kompatibilitas data dengan perangkat.

3. Mengatur pembayaran bea atau pajak yang dikenakan Sebagaimana dijelaskan oleh Deni Surjantoro, Kepala Deputi Direktur Perhubungan Ditjen Bea dan Pajak, pihaknya akan mengkonfirmasi pajak atau kepabeanan yang bersangkutan yaitu PPN dan PPH.

Beli Hp Di Luar Negeri? Begini Cara Daftar Imei Ponsel Agar Tak Diblokir

Jika Anda membawa nilai sekitar 500 USD atau Rp 7,8 juta, Anda tidak perlu membayar bea masuk. Jika melebihi nilai yang ditentukan, biaya pajak akan dibayarkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Jika Anda membawa sejumlah besar perangkat ponsel dari luar negeri untuk tujuan tersebut

Cara daftar imei hp dari luar negeri, cara aktifkan imei hp dari luar negeri, daftar imei hp luar negeri, pendaftaran imei hp luar negeri, registrasi imei hp luar negeri, cara daftar imei hp luar negeri online, mendaftarkan imei hp luar negeri, cara registrasi imei hp dari luar negeri, cara unlock imei hp dari luar negeri, cara mendaftar imei hp luar negeri, cek imei hp luar negeri, cara mendaftarkan imei hp luar negeri

Comments

social bar