free website stats program

Berbagai Manfaat Cuci Tangan 6 Langkah dengan Sabun yang Praktis

Berbagai Manfaat Cuci Tangan 6 Langkah dengan Sabun yang Praktis

Cuci tangan 6 langkah dengan menggunakan sabun tentu harus menjadi sebuah kebiasaan bagi anda dan keluarga. Jika anda telah memiliki buah hati, anda juga harus memastikan bahwa si kecil terbiasa mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Karena kebiasaan yang satu ini akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui langkah cuci tangan yang baik dan benar.

Cuci Tangan 6 Langkah dengan Sabun yang Baik dan Benar

Dengan melakukan cuci tangan 6 langkah menggunakan sabun yang baik dan benar, tentu akan membuat kebersihan tangan anda semakin terjaga. Agar tidak keliru, anda harus memperhatikan langkah-langkahnya.

Pertama, anda harus membasuh tangan dengan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir. Lalu tuang sabun cuci tangan secukupnya ke telapak tangan. Rekatkan tangan kanan dan kiri anda.

Setelah itu, posisikan telapak tangan kanan pada bagian atas tangan kiri, begitu juga sebaliknya. Hal ini dikarenakan biasanya bagian ini sering luput dari perhatian. Bagian telapak dan sela-sela jari harus dibersihkan sedetail mungkin.

Usapkan sabun ke seluruh sela-sela jari hingga berbusa. Bagian jari yang satu ini kerap menjadi sarang kuman dan juga kotoran ketika usai melakukan aktivitas. Langkah selanjutnya, gosok bagian jempol jari dengan jari yang saling mengunci agar lebih merata seluruh bagian tangan.

Jempol kanan digosok memutar oleh telapak kiri, begitu pula sebaliknya. Terakhir adalah jari kiri menguncup, gosok memutar ke kanan dan ke kiri pada telapak tangan. Lakukan juga sebaliknya.

Mengapa Harus Mencuci Tangan dengan Sabun?

Hingga saat ini masih banyak orang yang bertanya-tanya mungkinkah tangan yang kotor akan mendatangkan sebuah penyakit? Anda harus mengetahui jawabannya agar anda tidak ragu untuk memulai kebiasaan cuci tangan 6 langkah dari hari ini.

Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang sering melakukan sentuhan dengan benda yang lainnya. Anda tentu akan memegang banyak benda yang terdapat di sekitar anda ketika berada di transportasi umum, kantor, taman, ataupun tempat yang lainnya.

Setelah itu, tak jarang pula jika anda akan berinteraksi dengan orang lain melalui sentuhan tangan. Jika anda membiarkan hal ini tanpa melakukan cuci tangan yang benar, maka kemungkinan besar anda akan mudah terserang penyakit.

Jika anda menggunakan tangan yang kotor untuk makan ataupun memegang bagian tubuh yang lain seperti mata, hidung, dan juga mulut, maka kotoran dan kuman akan jauh lebih mudah untuk masuk ke dalam tubuh.

Manfaat Cuci Tangan Untuk Mencegah Berbagai Penyakit

Dengan melakukan cuci tangan 6 langkah dengan baik dan benar, ternyata akan sangat ampuh mencegah berbagai macam penyakit, baik itu penyakit ringan ataupun serius. Seperti iritasi mata, infeksi, atau trakoma. Salah satu yang menjadi penyebab penyakit ini adalah tangan yang kotor.

Penyakit selanjutnya yang dapat dicegah dengan mencuci tangan adalah diare dan cacingan. Tak bisa dipungkiri bahwa bukan hanya kandungan makanan saja yang dapat menimbulkan seseorang mengalami diare.

Menyantap makanan dengan tangan yang kotor juga mampu menjadi masalah utamanya. Bakteri yang menempel di tangan akan langsung masuk ke dalam tubuh jika anda makan dengan menggunakan tangan yang kotor.

Sebenarnya, anda tidak perlu melakukan hal yang rumit untuk menjaga kesehatan anda. Hanya dengan melakukan cuci tangan 6 langkah dengan sabun, anda sudah dapat menjaga kesehatan bersama dengan keluarga.

Comments

Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.