5 Tips Sebelum Membangun Rumah Agar Efektif dan Efisien

Jika Anda mempunyai rencana untuk membangun sebuah hunian, tentu ada beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan. Misalnya saja desain berdasarkan ekspektasi sendiri dan mencari tanah dengan harga terjangkau. Oleh karena itu, Anda perlu mengikuti tips sebelum membangun rumah di bawah ini.

Sebab, perencanaan yang matang ketika akan membangun hunian merupakan hal yang wajib Anda lakukan. Jangan sampai proses pembangunan yang Anda lakukan salah perhitungan karena tidak adanya rencana detail. Justru hal tersebut hanya akan mengakibatkan kerugian yang besar. 

Tips Sebelum Membangun Rumah Impian

Saat ini kebutuhan akan hunian yang nyaman, praktis, efektif, dan efisien sangat tinggi. Berbagai macam tipe rumah dapat Anda jadikan pilihan. Berikut ini ada beberapa tips sebelum membangun rumah yang bisa Anda terapkan:

1. Menentukan Lokasi yang Ideal

Menentukan lokasi rumah tinggal yang ideal harus Anda lakukan sebelum masuk ke tahap rencana membangun rumah. Pilihlah jual tanah yang harganya terjangkau dan lokasinya strategis. 

Pertimbangan lain yang perlu Anda perhatikan seperti kelengkapan fasilitas dan infrastruktur di sekitarnya, kemudian jarak ke tempat kerja. Selain itu, pemilihan lokasi yang tepat akan menguntungkan Anda dan menjadi tips sebelum membangun rumah terbaik terkait investasi.

Dalam menentukan desain, hitung luas lahan yang tersedia lalu sesuaikan dengan kebutuhan pemakaian bangunan rumah. Misalnya saja rencana untuk kebutuhan kamar tidur, dapur, luas ruang tamu, hingga bagian garasi. Bila perlu, buatlah daftar untuk kebutuhan ruangan pada hunian Anda.

5 Tips Sebelum Membangun Rumah Agar Efektif dan Efisien

2. Menentukan Tipe dan Desain Rumah

Tips sebelum membangun rumah berikutnya adalah menentukan tipe rumah seperti apa yang diinginkan. Tentu saja harus sesuai dengan budget yang ada. Beberapa tipe rumah yang dapat Anda jadikan pilihan antara lain tipe 21, 36, 45, hingga 120.

Untuk keluarga kecil, dapat membangun hunian dengan tipe 21 hingga 45. Sedangkan tipe 56 dan 60 cukup populer untuk hunian dengan ukuran menengah. Hunian kelas atas biasanya menggunakan tipe rumah 70 ke atas. 

Setelah menentukan tipe rumah, berikutnya adalah membuat desain sesuai keinginan. Sebaiknya lakukan perencanaan desain dengan tepat untuk kenyamanan saat menempatinya setelah pembangunan selesai.

3. Memilih Material Bangunan yang Berkualitas

Agar perhitungan budget sesuai dengan perencanaan awal, Anda dapat melakukan riset terhadap material bangunan dan harganya. Anda dapat melakukan penelitian dan survei secara langsung terkait harga bahan bangunan. Untuk memperoleh harga yang lebih efisien, dibandingkan penawaran harga antara toko satu dengan yang lainnya. 

4. Menentukan Warna

Anda dapat mengkreasikan rumah tinggal melalui permainan warna. Untuk kesan luas pada ruangan, sebaiknya pilih warna-warna yang terang. Sebaliknya agar terkesan sempit, pilihan warna gelap menjadi solusi terbaik. 

Tips sebelum membangun rumah berikutnya adalah menentukan perpaduan warna yang tepat sehingga akan membuat hunian Anda terlihat cantik dan elegan. Untuk itu, pemilihan warna sebaiknya juga direncanakan dengan baik. 

5. Mencari Jasa Pembangunan Rumah

Jika seluruh rencana dan anggaran telah tersusun dengan sempurna, sementara Anda tidak bisa membangunnya sendiri, maka dapat mempercayakan kepada pihak yang mampu menanganinya. Oleh karena itu, Anda bisa mencari jasa kontraktor atau tukang bangunan rumah yang profesional, berpengalaman, dan terpercaya. 

Jika sudah menemukannya, maka buatlah perjanjian kontrak secara terperinci. Misalnya saja menyangkut estimasi pengerjaan, upah, hingga kesepakatan jika pengerjaannya melebihi batas yang ditentukan.  Ketika akan membangun rumah memang memerlukan perencanaan yang matang mulai dari desain, anggaran, material hingga perizinan untuk memastikan legalitas. Semoga tips sebelum membangun rumah di atas dapat bermanfaat bagi Anda semua. Akan tetapi bila berencana membeli hunian yang sudah jadi, maka pilihlah iklan rumah yang terbaik.

Comments