Wisata Coban Di Malang Yang Paling Hits Dan Melegenda

Dari dahulu pesona Malang sudah populer dengan wisata Coban yang sangat indah. Ini sering mengudang decak kagum para pelancong mania. Tak ayal jika banyak turis rela berdatangan kesini hanya untuk melihat ketakjuban wisata alam ini. Wisata Coban di Malang ini terdapat beberapa pilihan karena area ini kaya dengan perbukitan sehingga muncul tempat wisata yang indah seperti itu. Mari kita lihat Coban apa saja yang menjadi kebanggaan wisata di Malang.

  1. Coban Parang Tejo

Coban Parang TejoCoban Parang Tejo merupakan salah satu wisata Malang yang masih ting-ting atau perawan, alias belum terjamah tangan-tangan manusia. Bukan berarti belum ada sama sekali yang datang, tetapi kondisi dan suasana alamnya masih murni atau apa adanya. Pemerintah setempat maupun pihak swasta belum turut campur dalam pengelolaan destinasi wisata alam yang terletak di lereng Gunung Butak, tepatnya Desa Gadingkulon, Malang. Jarak dari pusat Kota Malang sendiri memang cukup jauh, yakni sekitar dua puluh kilometer.

Satu-satunya cara yang memungkinkan untuk mencapai tempat ini hanya dengan membawa kendaraan pribadi yang kemudian dapat dititipkan di rumah-rumah warga terdekat dengan membayar biaya parkir sebesar Rp. 5.000,- saja. Dari sana, perjalanan menuju Coban Parang Tejo hanya dapat dilanjutkan dengan berjalan kaki. Jarak yang ditempuh kurang lebih satu kilometer jauhnya.

Namun, tidak perlu khawatir akan merasa kelelahan atau bosan selama perjalanan, sebab panorama yang ditawarkan sepanjang jalan justru akan membuat mata dan pikiran lebih segar dan menyingkirkan kepenatan. Pepohonan rimba serta pinus terhampar dengan indahnya dan tidak ada salahnya bila diabadikan dalam bentuk foto untuk dipajang di akun jejaring sosial. Rute yang dilalui sendiri berupa jalan setapak. Namun, perlu hati-hati karena di beberapa titik berbatasan langsung dengan tebing curam. Hal ini juga cukup memacu adrenalin selama di perjalanan.

Semua kesulitan itu akan tertebus lunas ketika sampai di lokasi air terjun. Coban Parang Tejo memiliki ketinggian sekitar 100 meter, namun percikan airnya sangat halus dan tidak menakutkan. Nama coban itu memiliki filosofi sendiri, yakni “Parang” berarti “Percikan” dan “Tejo” artinya pelangi. Dengan kata lain, Coban Parang Tejo berarti Air Terjun Percikan Pelangi. Penamaan tersebut bukan tanpa alasan, karena seusai hujan, biasanya percikan airnya seperti pelangi yang berwarna-warni.

Lokasi wisata ini gratis, jadi pengunjung bebas keluar masuk tanpa dikenakan biaya sepeserpun. Namun seperti destinasi cuma-cuma yang lain, tidak ada fasilitas publik yang tersedia. Tentu agak menyulitkan saat pengunjung membutuhkan toilet, terutama setelah bermain-main air di bawah air terjun yang membuat pakaian basah semua. Satu-satunya solusi hanya berjalan turun ke areal perumahan penduduk dan menumpang ke kamar kecil.

  1. Coban Rondo

Coban RondoWisata Coban Rondo memang sudah menjadi kebanggaan Malang untuk didatangi para wisatawan. Air terjunnya sangat tinggi dan menjadikan pemandangan yang sangat elok nan eksotis sangat cocok untuk wisata alam yang menyejukkan. Lokasinya berada di Jl. Coban Rondo, Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur. Dari area parker menuju segmen wisata sangat dekat sehingga tidak repot-repot untuk mencapainya.

  1. Coban Jahe

Coban JaheTempat wisata cantik yang berlokasi di ds. begawan, Taji, Jabung, Taji, Jabung, Malang ini cukup eksotis untuk menarik daya interes masyarakat unutk berkunjung kesana. Jalanan masuk menuju coban didampingi oleh bunga hijau ungu yang sangat cantik menarik untuk spot foto anda. Sesampai di coban, hawa segar dari air terjun sangat menarik untuk menemani suasana anda dalam berekreasi dan menenangkan diri.

  1. Coban Glotak

Coban GlotakTempat wisata coban di Malang yang terakhir menjadi rekomendasi bagi anda untuk daftar list destinasi wisata adalah Coban Glotak. Tempat wisata yang berada di Jalan Raya Coban Glothak, Gang I, Sukodadi, Wagir, Dalisodo, Wagir, Malang ini cukup mengundang decak kagum sebagai tujuan wisata. Dadi sekian banyak air terjun yang ada di Malang, air terjun inilah yang paling sulit dijangkau karena keberadaannya membutuhkan tenaga ekstra. Tempatnya berada di bawah sehingga perjalanan naik turun bukit harus dilalui.

Comments