Tips Sedekah Online Melalui Aplikasi Atau Situs

Seperti yang diketahui sedekah online itu berarti memberikan sumbangan secara ikhlas sebagian hartanya kepada orang lain dengan tujuan mencari ridho Allah melalui online. Banyak yang mengatakan harta merupakan sebuah titipan jadi sifatnya sementara, maka dari itu lebih baiknya berbagi dengan sesama yang membutuhkan. Sumbangan yang diberikan bukan hanya dari harta, uang, pakaian atau makanan saja melainkan bisa juga hanya dengan memberikan senyuman kepada orang lain. Banyak yang masih bingung apakah memberikan harta sebagian ke orang lain itu wajib hukumnya. Lalu apa bedanya dengan zakat?

Keduanya tentu berbeda mulai dari syarat maupun hukumnya, tapi disini tidak akan membahas mengenai lebih jauh perbedaan keduanya. Karena yang akan dibahas mengenai memberikan bantuan yang dilakukan secara online baik via aplikasi ponsel atau situs. Perkembangan jaman memang tidak bisa dipungkiri merubah semua hal yang sudah menjadi kebiasaan manual digantikan dengan teknologi. Tetapi memang menggunakan internet semuanya lebih dipermudah, selain itu prosesnya juga lebih cepat. Dari kelebihannya tentu akan ada kekurangannya, seperti banyaknya tingkat kejahatan yang semakin mengkhawatirkan.

Maka dari itu lebih baik hati-hati jika memilih sebuah situs atau aplikasi untuk memberikan sumbangan supaya dalam penyalurannya juga jelas, berikut ini beberapa tips menggunakan sistem online saat memberikan bantuan, antara lain:

Tips Sedekah Online Melalui Aplikasi Atau Situs

1. Kenali situs atau aplikasi yang dipilih.

Hal yang pertama harus dilakukan yaitu mengenai situs yang akan digunakan sebagai media penyaluran dana sumbangan. Pilih saja situs yang benar-benar resmi seperti milik organisasi penyalur dana internasional UNICEF. Itu merupakan salah satu organisasi yang dipercaya dalam memberikan dana bantuan ke seluruh dunia, maka dari itu Anda bisa menggunakannya. Tinggal masuk dalam website resminya dan pilih pemberian donasi Indonesia secara online.

 2. Perhatikan rekening yang diberikan.

Jika suatu lembaga atau penyalur bantuan tersebut resmi tentunya rekening juga atas nama perusahaan. Tidak sedikit orang yang menjalankan kejahatan berkedok sedekah online tetapi dana yang terkumpul masuk rekening pribadi. Jika Anda menemukan rekening yang diberikan atas nama pribadi lebih baik untuk mencari tahu lebih lanjut terlebih dahulu kebenarannya.