Tips Ampuh Cara Mengobati Bibir Pecah – Pecah

Mungkin setiap orang pernah mengalami yang namanya bibir pecah-pecah, hal ini tentu dapat membuat penampilan menjadi kurang menarik. Disamping itu gangguan ini juga dapat mengakibatkan darah keluar dari bibir serta menjadi tidak nyaman ketika berbicara maupun saat makan.

Gangguan semacam ini sangat tidak baik bila tidak segera diatasi. Bibir merupakan salah satu komponen tubuh yang tidak mempunyai kelenjar keringat, maka dari itu bibir kerap mengalami pecah-pecah.

Tips Cara Mengobati Bibir Pecah Pecah

Bila anda saat ini mengalami bibir pecah-pecah maka pakailah beberapa rekomendasi obat dari kami untuk mengatasi bibir pecah-pecah ini, antara lain sebagai berikut :Tips Ampuh Cara Mengobati Bibir Pecah - Pecah

Pelembab Bibir/Lip Balm

Biasakanlah untuk selalu memakai lip balm atau pelembab bibir. Ada bermacam jenis pelembab bibir yang dapat Anda pilih, pilihlah produk yang  emoliennya tinggi. Bahan lainnya yang harus ditemukan yaitu seperti petrolatum dan dimethicone yang dapat menjadikan bibir senantiasa lembab saat terkena cuaca panas atau dingin. Waktu terbaik untuk memakai lip balm yaitu sesaat sebelum memakai produk lain pada bibir.

Air Putih

Mungkin sebagian besar orang beranggapan bila air putih merupakan cairan biasa, namun ternyata air putih juga dapat mengatasi bibir pecah-pecah. Cairan dari air putih didalamnya terkandung mineral yang cukup tinggi, lalu mineral akan diserap oleh tubuh kemudian bibir Anda juga akan memperoleh bagiannya. Air putih juga dapat menjadikan tubuh Anda mampu mempertahankan kelembapan sehingga area bibir juga tidak gampang pecah. Anda wajib membiasakan mengkonsumsi air putih secara rutin guna mencegah dehidrasi dan kulit kering. Saat Anda kekurangan air putih maka semua area kulit bibir akan menjadi mudah pecah.

Hindari Air Liur Untuk Bibir

Apakah Anda mempunyai kebiasaan menjilat bibir? Kebiasaan ini sebenarnya sangat tidak baik, karena dapat menjadikan bibir menjadi lebih gampang pecah. Air liur yang membasahi area bibir mungkin akan nampak basah dan nyaman, akan tetapi setelah itu bibir akan menjadi semakin kering. Saat bibir Anda kering memang sangat memerlukan kelembapan tetapi bukan dari air liur. Kadang air liur juga memiliki kandungan bakteri dan kuman sehingga saat terkena bibir yang pecah maka dapat mengakibatkan infeksi. Jadi sebaiknya hentikan kebiasaan buruk menjilat bibir yang justru dapat memperparah masalah bibir kering anda.

Obat Salep Topikal

Bila anda mengalami bibir pecah yang sangat parah maka Anda dapat memakai salep antibakteri kategori salep topikal. Beberapa macam obat ini antara lain seperti salep Bacitracyin dan Neosporin. Dua jenis obat ini dapat dipakai secara langsung pada area bibir anda. Cara pemakaian sebaiknya dilakukan langsung di bagian bibir, lalu jagalah supaya Anda tidak menjilat atau membuat bibir kena air liur. Setelah keadaan membaik segera hentikan pemakaian obat supaya bibir Anda tidak ketergantungan.

Salep Carmex

Obat ini dipercaya mampu mengatasi masalah bibir kering dan sangat mudah didapatkan di apotik tanpa harus memakai resep dokter. Obat ini bekerja untuk memblokir kegiatan bakteri dan kuman yang mengenai bibir yang pecah. Selain itu obat akan menjaga kelembapan alami bibir dapat bertahan lebih lama. Sebelumnya anda wajib membersihkan bibir menggunakan air, lalu oleskan menggunakan tangan yang bersih dan diamkan  hingga obat menjadi kering. Jangan menjilat obat ini atau jaga supaya tidak terkena area dalam mulut.

Salep Hydrocortisone

Salep Hydrocortisone merupakan salah satu jenis obat salep yang mampu mengatasi bermacam jenis keluhan di kulit. Pada umumnya bila anda ingin memakainya untuk bibir maka ada baiknya menggunakan resep dokter. Dosis yang paling ringan paling tidak mengandung 2,5 persen hydrokortisone sehingga tidak menimbulkan efek samping. Obat bisa di aplikasikan langsung di area bibir lalu jaga supaya tidak terkena bagian mulut dalam. Bila tidak sengaja masuk ke dalam mulut, maka Anda harus berkumur sampai bersih. Hentikan pemakaian obat bila sudah sembuh, dan ingat jika obat tidak boleh dipakai dalam jangka waktu yang terus-menerus.

Salep Rosen

Obat jenis ini biasa anda temukan di apotik dan Anda tidak harus mengantongi resep dokter untuk memperolehnya. Pada dasarnya obat ini merupakan pelembab bibir yang mempunyai kandungan alumunium asetat, Aquaphor serta seng oksida. Ketiga bahan ini mempunyai efek yang sangat bagus untuk bibir yang pecah. Selain itu obat ini juga dapat bekerja dengan cepat sehingga kelembapan alami bibir dapat pulih seperti semula. Hanya saja obat ini menjadikan bibir berwarna putih, maka dari itu lebih baik dipakai saat akan tidur. Setelah bangun tidur kemudian bersihkan bibir menggunakan air hangat sehingga bibir akan nampak lebih lembut.

Demikianlah beberapa cara mengobati bibir pecah-pecah yang bisa anda coba, semoga bermanfaat.

Comments