Tips Aman Ber-Twitter dari AVG

Pembuat piranti lunak keamanan global, AVG, memberikan sepuluh tips aman menggunakan situs jejaring sosial twitter.

AVG Global Head of Online Engagement, Ema Linaker melalui siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin, memberikan sepuluh tips penggunaan Twitter secara aman di blognya.

“Hanya dalam empat tahun, popularitas Twitter meningkat pesat di seluruh dunia. Peningkatan ini menjadikan Twitter sebagai sasaran empuk para penjahat dunia maya. Sifat Twitter yang memang amat terbuka memudahkan para penjahat ini untuk mencari korban diantara para pengguna Twitter. Sudah saatnya para pengguna mengambil langkah-langkah pencegahan dan perlindungan dari ancaman ini,” kata Ema Linaker.

Sepuluh tips ber-twitter tersebut batasi pembicaraan karena dapat diketahui kegiatan harian yang dapat digunakan oleh para penjahat.

Tips kedua yaitu berhati-hatilah membuka tautan (link) dan bila terdapat keraguan mengenai tautan yang ddapatkan, sebaiknya jangan dibuka.

Tips ketiga adalah waspada dengan kegiatan-kegiatan mencurigakan di timeline atau inbox.

Tips selanjutnya yaitu berpikirlah sebelum “tweeting” karena konsekuensinya mungkin akan lebih jauh dari yang diperkirakan.

Tips berikutnya yaitu jangan lekas percaya karena kita tidak pernah tahu siapa saja follower di twitter yang mungkin memiliki niat buruk.

Tips keenam yaitu periksa aplikasi pihak ketiga secara seksama untuk memastikan bahwa keamanan mereka.

Banyak aturan dasar keamanan situs jejaring sosial lainnya yang juga bisa diterapkan di Twitter, seperti informasi password, dengan menggunakan password berbeda untuk tiap akun jejaring sosial Anda.

Saat Log in, periksalah pengaturan browser yang digunakan dan pastikan bahwa informasi tidak pengguna terekam bila menggunakan komputer bersama.

Tips kesembilan yaitu waspadalah terhadap serangan “phising” yaitu usaha-usaha untuk mendapatkan informasi pribadi Anda melalui tweet atau DM (direct message) yang menipu.

Tips kesepuluh yaitu berhati-hatilah saat menggunakan telepon seluler.

Sumber : http://id.news.yahoo.com/antr/20100322/ttc-avg-berikan-tips-aman-ber-twitter-65082e6.html

Comments