Sony AK VS Sony Corp, 10 Poin Balasan Sony AK ke Sony Corp

Setelah menerima surat somasi dari Sony Corp soal penggunaan nama domain Sony-AK.com, Sony Arianto Kurniawan berusaha memberikan jawabannya. Upaya itu dilakukan Sony sebagai cara untuk mencari jalan keluar agar pihaknya tak tersangkut masalah hukum.

Pria yang akrab dengan panggilan Sony AK ini menerima surat dari pihak Sony Corp sejak awal Maret 2010. Setelah mendapati surat itu, Sony AK berusaha mencaritahu apakah posisinya memang salah di mata hukum.

Kemudian, Sony pun berupaya menghubungi perwakilan hukum Sony Corp di Indonesia. Ia bermaksud memberikan klarifikasi agar masalah ini tidak berlarut-larut dan sampai pada gugatan hukum.

Berikut adalah salinan balasan Sony AK kepada Sony Corp:

Saya sudah menerima e-mail mengenai keberatan pengunaan nama domain sony-ak.com. Sebelumnya saya ingin menyampaikan beberapa poin mengenai domain tersebut.

  1. Domain sony-ak.com saya daftarkan karena berawal dari nama saya “sony” dari Sony nama depan saya, “-ak” merupakan singkatan dari nama belakang saya “Arianto Kurniawan”.
  2. Domain tersebut sudah saya daftarkan sejak July 28, 2003 (www.whois.sc/sony-ak.com)
  3. Saya mengisi sony-ak.com dengan tulisan-tulisan saya pribadi, karena kompetensi saya di bidang IT dan saya hobby menulis, dan saya suka knowledge sharing maka saya menulis segala sesuatu mengenai IT pada domain tersebut.
  4. Situs sony-ak.com saya beri label Sony AK Knowledge Center karena sebagai media knowledge sharing saya pribadi dengan semua pembaca online di seluruh dunia
  5. Sony AK Knowledge Center mengandung kata SONY tapi Sony AK Knowledge Center bukanlah MEREK.
  6. Sony AK Knowledge Center tidak berbadan hukum dan saya juga tidak ada niat untuk membuat badan hukum atas label tersebut.
  7. Sony AK Knowledge Center juga bukan organisasi dan tidak mendapat profit apa-apa.
  8. Sony AK Knowledge Center juga tidak berhubungan dengan produk-produk “SONY Corporation” Jepang, walaupun di surat Anda menyebutkan bahwa usaha kelas 41 (seputar pendidikan) mungkin bersinggungan dengan konten kita, tapi saya dari dalam hati tidak ada niat sedikitpun untuk sengaja “mendompleng” nama SONY Corporation.
  9. Saya juga tidak ada niat untuk membuat bingung para audience dengan menanggapi
  10. Saya tidak melakukan promosi apapun sejak situs ini berdiri tahun 2003, paling-paling semua berawal dari internet dan masuk search engine.

Demikian beberapa poin yang ingin saya sampaikan mengenai latar belakang domain sony-ak.com yang saya gunakan. Intinya saya mau membuka diskusi mengenai penyelesaian masalah ini.

Setelah itu, ujar Sony AK, dirinya juga telah melakukan kontak dengan perwakilan Sony Corp dalam kasus ini, yaitu dari Kantor Hukum Hadiputranto, Hadinoto & Patners. Namun Sony AK merasa kedua pihak tidak menemukan jalan keluar.

Baik Sony Corp maupun Sony AK, tuturnya, sama-sama ingin mempertahankan posisinya. Sony AK ingin mempertahankan penggunaan domain Sony-AK.com, sedangkan pihak Sony Corp ingin penggunaan domain itu dihentikan.

Sumber : http://www.detikinet.com/read/2010/03/12/151950/1317230/399/10-poin-balasan-sony-ak-ke-sony-corp

Comments