Sepeda Termahal, Rancangan Para Insinyur Formula One

Para insinyur di BERU f1system di Norfolk, Inggris, menciptakan apa yang mereka sebut sebagai ‘sepeda pertama di dunia yang dirancang dan dibuat oleh tangan-tangan para insinyur Formula One’. Sepeda canggih ini dijual dengan harga dasar 22 ribu Poundsterling, atau sekitar Rp318 juta Lebih.

Dengan uang itu, konsumen akan mendapatkan sepeda dengan rangka ringan carbon monocoque frame yang dirancang sesuai dengan bentuk tubuh pemiliknya. Sepeda ini tidak sesuai dengan aturan balap sepeda manapun. Perancangnya hanya ingin menciptakan mesin yang sanggup berakselerasi cepat dengan tingkat kestabilan yang tinggi.

Tampilan sepeda juga dapat dirancang sesuai dengan keinginan pemesannya, misalnya pahatan nama pemilik yang tercantum pada batang setang.

“Setiap model digarap oleh 6 orang insinyur berpengalaman dengan lama pembuatan satu minggu untuk menyelesaikannya. Dibuat dalam jumlah yang sangat terbatas sehingga kami memperkirakan Factor 001 akan menjadi collector item yang sangat dicari,” ujar BERU executive John Bailey.

Di bagian dalam rangkanya terdapat sensor-sensor beban yang sangat canggih, kabel-kabel, baterai, kebel kontrol dan jalur untuk sistem rem hidrolis. Dengan penambahan perangkat elektronik, sepeda dapat mengumpulkan data tentang ergonometrik, biometrik, kekuatan fisik, dan faktor-faktor lingkungan. Data kemudian ditampilkan pada layar LCD berfitur touchscreen dan bisa juga di-download ke dalam komputer untuk dianalisa.

Sepeda ini dijual dengan paket rem carbon ceramics dan Shimano Di2 gear shift. Untuk versi dengan penambahan perangkat elektronik akan dijual dengan harga 27 ribu Poundsterling atau sekitar Rp390 juta lebih. Sepeda canggih ini akan diproduksi beberapa ratus unit saja.


Hasil Pencarian Populer:

sepeda balap termahal, sepeda termahal di indonesia, sepeda termahal.

Comments