Samsung Galaxy Tab

Samsung Galaxy Tab

Banyak vendor yang mulai menggelontorkan sabak digital atau tablet ke pasaran. Samsung merupakan salah satu vendor yang memperkenalkan tablet pertamanya Samsung Galaxy Tab di Jakarta, Selasa (19/10/2010). Tak sekadar tablet, Galaxy Tab juga dilengkapi fitur telefoni dan layanan lainnya yang tidak ditemui pada tablet lainnya.

Samsung Galaxy Tab merupakan salah satu sabak digital (tablet PC), yang akhir-akhir ini menjadi tren di kalangan profesional muda di tanah air. Dengan layar TFT LCD berukuran 7 inci, produk yang sebetulnya digolongkan dalam pasar smartphone tersebut menjadi jalan tengah bagi konsumen yang membutuhkan perangkat multimedia dan mobile telephony dengan ukuran yang pas di saku celana.

“Semuanya bisa dilakukan dengan Samsung Galaxy Tab ini,” kata Product Manager Samsung Mobile PT Samsung Electronics Indonesia Adinda Nesvia dalam peluncuran Samsung Galaxy Tab di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (19/10/2010).

Kemampuan multimedia itu, seperti dikatakan Adinda, antara lain terdapat pada web browser di dalam perangkat tersebut. Tidak seperti pada tablet PC lain, aplikasi selancar internet pada Galaxy Tab ini mendukung penggunaan teknologi Flash.

Galaxy Tab juga dilengkapi dengan fitur Mobile AP yang akan memfungsikan alat tersebut sebagai router untuk menghubungkan lima perangkat mobile lainnya ke jaringan internet 3G melalui koneksi WiFi.

Perangkat ini juga dapat menjalankan ribuan aplikasi yang dapat diunduh melalui Android Market. Samsung Galaxy Tab menggunakan sistem operasi Android 2.2 atau Froyo. Selain itu, perangkat ini dilengkapi dua kamera masing-masing 3,2 MP di bagian belakang dan 1,3 megapixel di depan untuk video chat.

Samsung Galaxy Tab juga bisa dipakai untuk menelepon karena mendukung jaringan 3G. Namun, pengguna harsu menggunakan headphone kabel maupun bluetooth untuk mengakses layanan teleponnya.

Tak hanya itu, Samsung Indonesia membenamkan aplikasi lokal yang khusus untuk perangkat ini. Kompas Gramedia merupakan salah satu partner yang menyediakan konten majalah, koran, dan buku edisi digital untuk diakses pengguna perangkat tersebut secara berlangganan.

Samsung Galaxy Tab ini rencananya akan diluncurkan pasar domestik pada 30 Oktober mendatang. Samsung menyediakan paket Galaxy Tab dengan langganan internet broadband dari Indosat dengan harga Rp 6.999.000 per unit. (KOMPAS.com)

Comments