PESAN TIKET PESAWAT SECARA ONLINE, AMANKAH?

PESAN TIKET PESAWAT SECARA ONLINE, AMANKAH

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya internet, maka banyak kegiatan yang dapat kita lakukan hanya lewat internet, salah satu contohnya pembelian tiket pesawat. Dahulu sebelum internet berkembang pesat seperti sekarang ini, untuk memesan tiket pesawat maupun kereta api kita harus membelinya secara langsung seperti di stasiun, bandara, atau agen perjalanan. Jika sedang peak season siap-siap saja untuk mengantri panjang dan bahkan berdesakan untuk mendapatkan tiket yang diingiinkan. Namun sekarang kita tidak perlu lagi mengantri dan berdesak-desakan, semua bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun hanya dengan melalui gadget dan e-cash yang kita miliki.

 

Untuk memesan tiket pesawat caranya pun mudah, cukup dengan mengunduh aplikasi yang menyediakan jasa pemesanan tiket, mengunjungi website dari maskapai penerbangan yang dituju, atau dapat juga mengunjungi website agen travel penyedia tiket yang telah bekerja sama dengan maskapai penerbangan. Selanjutnya, pilih rute penerbangan beserta tanggal keberangkatan pulang-pergi, maka pilihan maskapai, jadwal penerbangan dan juga harga tiket akan segera muncul. Jika Anda merasa cocok dengan hasil pencarian tersebut, Anda dapat langsung memesan dan membayarnya.
Tidak hanya melalui cara yang telah disebutkan sebelumnya, dewasa ini di beberapa social media terdapat akun-akun agen travel yang menjual tiket pesawat dengan harga yang murah sehingga terkadang membuat konsumen bertanya-tanya “Amankah membeli tiket pesawat murah secara online?”

Berikut beberapa tips yang dapat kami sampaikan untuk membeli tiket pesawat online secara aman :

CEK TERLEBIH DAHULU WEBSITE PENJUALAN TIKET

Hal ini penting dilakukan, karena reputasi ditentukan oleh kualitas. Tentunya Anda tidak mau tertipu, bukan? Maka dari itu wajib mengetahui reputasi dari website atau bahkan akun media sosial penyedia tiket yang anda tuju dengan membaca komentar-komentar atau rating dari pembeli sebelumnya. Jika kedua indikator tersebut menunjukkan penilaian positif, tidak ada salahnya untuk dicoba. Selain itu patut untuk diperhatikan juga apakah website tersebut memiliki support system yang memadai seperti layanan konsumen 24 jam, kontak yang dapat dihubungi, dan lain sebagainya.

 

BACA DAN PAHAMI TATA CARA PEMBELIAN

Penting bagi konsumen untuk membaca dan memahami tata cara pembelian yang berlaku dan tertera pada website tersebut seperti contoh sistem pembayaran, sistem refund, sistem pembatalan, dan lain sebagainya.

BANDINGKAN HARGA

Anda harus rajin-rajin mengupdate kisaran harga tiket pesawat dengan destinasi yang Anda inginkan. Sebagai contoh, tiket pesawat Jakarta-Bali rata-rata berkisar antara 500 ribu rupiah hingga 700 ribu rupiah (tergantung musim) untuk sekali jalan, jika ada yang menawarkan lebih murah dari harga rata-rata dengan iming-iming promosi yang kurang masuk akal, ada baiknya tinggalkan saja.

BERHATI-HATI SAAT MELAKUKAN PEMBAYARAN

Agen travel online terpercaya biasanya memiliki pilihan pembayaran yang bervariasi untuk memudahkan para konsumen mulai dari pembayaran via ATM sampai pembayaran via kartu kredit. Pilihlah cara pembayaran yang sesuai dengan kemampuan Anda.

PANTAU

Apabila Anda telah memesan tiket dan melakukan pembayaran dengan e-wallet sebaiknya sangat penting untuk terus memantau proses pemesanan tiket Anda dengan cara menanyakan kepada customer service apakah tiket Anda sudah berhasil di proses atau tidak, tentunya dengan menggunakan bahasa yang baik dan santun.

Sekian tips yang dapat kami sampaikan. Selamat berlibur dan tetap waspada!