Perpus Keliling Javlec Junior di Borobudur

Javlec Junior adalah program khusus Java Learning Centre untuk anak-anak. Sejak bulan Juni 2011 lalu, program ini mengadakan perpustakaan keliling di wilayah Desa Borobudur sebagai bagian dari menanamkan cinta membaca sejak dini. Javlec bekerja sama dengan penduduk Dusun Maitan berencana akan membangun sebuah sanggar belajar permanen. Saat ini, mereka sedang mengumpulkan dana dan buku. Apabila rekan-rekan tertarik untuk membantu, silahkan hubungi Lutfi Retno Wahyudyanti melalui Lrwahyudyanti[at]yahoo.com.

Perkembangan dan kegiatan Javlec Junior bisa dilihat di http://kotakpermen.wordpress.com/category/perpustakaan-borobudur/

Desa Borobudur menjadi lokasi pertama program karena ada ironi. Wilayah tersebut memiliki Candi Borobudur yang mendapat pemasukan besar dari turisme. Dalam setahun, tempat tersebut dikunjungi lebih dari 2.500.000 wisatawan dalam dan luar negeri. Namun, perputaran uang itu belum bisa dinikmati masyarakat di sekelilingnya. Sepertiga dari 2.340 KK di Desa Borobudur, hidup di bawah garis kemiskinan. Javlec percaya jika masyarakat sejak kecil mendapat banyak informasi mengenai dunia luar, kelak mereka bisa memanfaatkan peluang dari turisme yang ada di sekelilingnya.

Comments