Perkembangan dan Perawatan Kehamilan Berumur 30 Minggu

Jadi hanya tersisa sekitar 10 minggu untuk melahirkan, Anda akan melihat waktunya nampaknya melambat. Janin berusia 30 minggu terus bertambah besar dan menunggu setiap hari untuk keluar ke dunia. Mulai sekarang, Anda perlu memusatkan perhatian pada bayi dan persiapan persalinan yang akan datang.

Perubahan tubuh ibu pada 30 minggu kehamilan

Seiring kemajuan Anda menjelang akhir kehamilan, semakin lelah Anda. Anda cenderung tidak bisa tidur, susah tidur dan kurang tidur. Sesekali mimpi akan sangat aneh. Ini adalah hasil perubahan hormon dalam tubuh.

Beberapa wanita hamil akan mengubah mood mereka di minggu-minggu terakhir. Anda sangat ingin berkencan dan juga cemas tentang segala hal, bahkan hal terkecil sekalipun.

Sendi Anda menjadi lebih longgar, otot juga melebar untuk mempersiapkan kelahiran. Rasa sakit akan terus mengganggumu hingga lahir.

Kaki wanita hamil akan tumbuh dewasa, sehingga ukuran sepatu rata-rata akan meningkat menjadi sekitar 1 ukuran. Ini adalah perubahan permanen. Mulas biasanya terjadi, tergantung tingkat orangnya.

Semakin besar bayi berusia 30 minggu, semakin besar tekanan pada semua bagian di sekitarnya, terutama punggung dan pinggul. Beberapa ikat pinggang untuk wanita hamil akan membantu Anda mengangkat perut atau membantu menunjang bayi, cukup efektif.

7 Perkembangan dan Perawatan kehamilan berumur 30 minggu

Perkembangan janin 30 minggu kehamilan

Bayi Anda sekarang panjang 38,5 cm; Beratnya sekitar 1,4kg. Sekarang, semua bagian terbentuk sepenuhnya, di tempat yang tepat dan berfungsi dengan baik.

Pada saat ini Anda akan merasa di rahim agak sempit karena ukuran janin sedang tumbuh. Cairan ketuban yang mengelilingi bayi hanya setengah dari yang sebelumnya.

Mata bayi semakin matang, mereka bisa membedakan antara siang dan malam. Keriput di otak tumbuh. Bayi berusia lima belas minggu dapat memiliki kontrol suhu tubuh yang lebih baik dari sebelumnya.

Bayi akan berangsur-angsur kehilangan rambut, jatuh dari bulu ke tubuh. Jadi saat Anda lahir, Anda akan melihat banyak rambut rontok, terutama di punggung dan bahu.

Fetus lebih kuat, tampil dalam gaya tinju, menendang. Sumsum tulang terus menghasilkan banyak sel darah merah untuk bayi. Bayi berangsur-angsur semakin rendah di panggul, dalam persiapan melahirkan. Gerakan bayi biasanya kurang, tapi setiap kali cukup kuat. Menyentuh perut Anda, Anda juga bisa merasakan gerakan bayi.

Saran untuk anda di minggu ke 30 kehamilan

  • Air hangat, pijatan, hindari makan terlalu banyak sebelum tidur akan membantu Anda tidur lebih nyenyak, membatasi gejala sakit maag dan badan untuk rileks.
  • Mengubah postur tubuh Anda, berolahraga secara teratur, pijat akan membantu Anda mengurangi nyeri punggung.
  • Pada tanggal 30, Anda harus pergi ke rumah sakit untuk tes darah, tes urine. Prosedur pendaftaran tetanus, vaksinasi tetanus (AT1), ultrasound 2D.
  • Minumlah beberapa kalsium, zat besi, vitamin, … jika perlu dan sesuai dengan penunjukan dokter.
  • Merencanakan kelahiran rutin atau operasi caesar; Ingat teknik yang dibutuhkan untuk digunakan di ruang persalinan.
  • Memiliki persediaan siap saat lahir, kalau-kalau Anda lahir lebih awal.

Pada akhir kehamilan, Anda perlu meluangkan seluruh perhatian dan waktu Anda pada bayi. Ada daftar panjang hal-hal yang perlu diingat, dan itu bisa membuat Anda gugup, jangan berpelukan, dan bagikan semuanya dengan ayah, keluarga, dan teman Anda. Berharap Anda dan bayi sehat pada usia 30 minggu kehamilan!

Demikian artikel ini kami tulis yang terkait dengan perkembangan dan cara perawatan kehamilan yang berumur 30 minggu, semoga bayi anda terus sehat dan tumbuh secara optimal hingga waktunya lahir dipangkuan anda. Aamiin.

Comments