Perbedaan Asuransi Mobil TLO Dan All Risk Yang Wajib Anda Ketahui

Apakah anda tertarik menggunakan asuransi mobil? asuransi mobil sangat penting untuk menjamin keamanan mobil anda dari berbagai bahaya sehari-hari. Investasi ini sangat tepat untuk melindungi kendaraan kesayangan anda atau untuk melindungi satu-satunya transportasi mewah yang anda miliki.

Ada berbagai perusahaan yang menawarkan asuransi mobil saat ini. perusahaan-perusahaan tersebut juga berlomba menarik nasabahnya dengan berbagai fasilitas tambahan yang bisa anda dapatkan. Perusahaan asuransi biasanya menawarkan 2 jenis asuransi mobil umum kepada nasabahnya. Kedua jenis asuransi tersebut adalah asuransi mobil TLO dan all risk. Kedua asuransi ini memang merupakan asuransi mobil. namun mereka memiliki perbedaan mendasar di dalamnya. Banyak nasabah asuransi mobil yang dibingungkan oleh detail dari kedua jenis asuransi ini. mereka pun akhirnya kecewa dengan layanan asuransi yang mereka terima karena ketidaktahuannya.

Perbedaan Asuransi Mobil TLO Dan All Risk Yang Wajib Anda KetahuiApa sajakah perbedaan asuransi mobil TLO dan all risk? Mari simak penjelasannya sebagai berikut.

  1. Asuransi mobil TLO

Asuransi mobil TLO merupakan singkatan dari Total Lost Only. Asuransi ini merupakan asuransi yang umum ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi. Asuransi mobil jenis ini menawarkan penggantian biaya reparasi mobil dengan tingkat kerusakan parah. Asuransi dapat diklaim apabila kerusakan mobil anda mencapai 70%.asuransi ini juga bisa diklaim apabila mobil anda hilang karena kasuspencurian. Singkat kata, asuransi mobil TLO akan mengganti biaya kerusakan mobil parah hingga mobil yang sudah tidak bisa dikembalikan lagi.

Asuransi ini umumnya digunakan untuk mobil kelas menengah ke bawah. Premi asuransinya yang murah akan sesuai untuk kantong anda. biaya reparasi kerusakan kecil pun biasanya cukup terjangkau unuk mobil kelas ini.

Kelebihan:

  • Biaya premi yang rendah
  • Biaya kerusakan mobil parah dapat ditanggung seluruhnya oleh perusahaan
  • Biaya premi per bulan rendah

Kekurangan:

  • Hanya menanggung biaya reparasi jika kerusakan mobil mencapai 70%
  1. Asuransi mobil all risk

Asuransi mobil all risk menawarkan fasilitas yang sesuai dengan namanya. Asuransi mobil all risk akan menanggung seluruh biaya reparasi mobil seperti apapun kerusakannya. Asuransi mobil all risk dapat digunakan untuk menutupi biaya kerusakan mobil ringan, seperti lecet pada bodi mobil. asuransi ini juga dapat diklaim apabila ada kerusakan parah pada bodi mobil disebabkan kecelakaan. Asuransi ini berada satu tingkat di atas asuransi TLO. Maka dari itu biaya premi per bulan yang harus anda keluarkan untuk memiliki asuransi ini lebih tinggi dari asuransi mobil TLO.

Anda sebaiknya memilih asuransi all risk jika mobil anda memiliki harga tinggi. harga mobil yang tinggi biasanya mengharuskan biaya perbaikan yang tinggi pula. Suku cadang mobil mewah biasanya mengharuskan anda mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk sekali perbaikan.

Kelebihan:

  • Asuransi all risk mampu diklaim untuk berbagai tingkat kerusakan mobil
  • Asuransi ini biasanya memiliki fasilitas tambahan yang lebih lengkap

Kekurangan:

  • Biaya premi per bulan cenderung lebih mahal

Referensi – Asura : Pilih dan bandingkan asuransi kendaraan dari perusahaan asuransi terbaik yang ada di Indonesia.