Penyebab dan Cara Cegah Penyakit Kanker Serviks

Kanker serviks adalah salah satu jenis penyakit yang sangat ditakuti para wanita. Kanker serviks ini muncul di bagian leher rahim wanita. Leher rahim itu sendiri berperan sebagai pintu masuk dari vagina menuju rahim. Tak mengenal usia, kanker serviks ini bisa menyerang semua wanita. Akan tetapi, penyakit kanker serviks ini cenderung menyerang wanita yang aktif secara seksual. Mengingat bahayanya kanker serviks ini, penting bagi kita untuk mengetahui penyebab penyakit kanker serviks. Selain itu, alangkah baiknya juga untuk mempelajari dan mempraktekkan cara cegah penyakit kanker serviks.

Penyebab Penyakit Kanker Serviks

Berikut ini adalah beberapa penyebab penyakit kanker serviks yang perlu anda ketahui.

Virus HPV
HPV merupakan satu golongan virus, dimana ada lebih dari 100 jenis HPV. Dari sekian banyak jenis HPV tersebut, ada dua jenis HPV yang paling berbahaya, yakni HPV 16 dan HPV 18. Pada umumnya, virus HPV tersebar melalui hubungan seksual, dimana telah terjadi kontak langsung antara membran mukosa, kulit kelamin, pertukaran cairan tubuh, serta melalui seks oral. Banyak wanita yang tak menyadari telah terinfeksi. Hal ini dikarenakan HPV tidak menimbulkan gejala.

  • Aktivitas seksual terlalu dini
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Suka bergonti-ganti pasangan seksual
  • Melahirkan anak
  • Kebiasaan merokok
  • Minum pil kontrasepsi atau KB dalam kurun waktu lebih dari lima tahun

Penyebab dan Cara Cegah Penyakit Kanker Serviks

Cara Cegah Penyakit Kanker Serviks

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, kini saatnya anda juga ketahui bagaimana cara cegah penyakit kanker serviks. Berikut ulasannya.

1. Pemeriksaan Pap Smear
Pap smear adalah salah satu cara terbaik dalam mencegah kanker serviks. Metode screening yang satu ini memiliki fungsi untuk mendeteksi sel-sel yang ada di dalam leher rahim yang berpotensi berkembang menjadi kanker nantinya. Apabila anda tertarik dengan pemeriksaan pap semear ini, anda harus jadwalkan waktu untuk pap smear dalam periode menstruasi. Dianjurkan minimal lima hari sesudah menstruasi berhenti. Selain itu, sebelum melakukan tes, hindarilah penggunaan jeli ataupun krim lainnya di vagina. Jangan juga melakukan hubungan seksual sebelum anda melakukan tes.

2. Suntik Vaksin HPV
Vaksin HPV merupakan vaksin yang tak hidup, akan tetapi selalu melindungi. Perlindungan yang diberikan oleh vaksin HPV bisa sangat diharapkan bertahan lama. Hanya saja, tahap vaksinasi masih membutuhkan skrining. Hal ini dikarenakan vaksin tak dapat melindungi semua jenis HPV penyebab kanker serviks. Wanita yang aktif secara seksual harus melakukan pemeriksaan pap smear dulu sebelum suntik vaksin HPV. Apabila hasil pap smear normal, maka anda boleh mendapatkan vaksin HPV. Akan tetapi, jika pemeriksaan pap smear tidak normal, anda harus melakukan pemeriksaan lanjutan guna mendapatkan diagnosis lebih lanjut.

3. Menjaga Kebersihan Vagina
Cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk cegah penyakit kanker serviks ialah selalu menjaga kebersihan vagina, terutama ketika tengah mengalami menstruasi dan keputihan. Anda bisa membersihkan vagina dengan cairan antiseptik kewanitaan yang didalamnya ada kandungan povidone iodine.

4. Hidup Sehat
Gaya hidup sehat tentu saja bisa menghindarkan diri anda dari segala jenis penyakit, tak terkecuali penyakit kanker serviks. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk memulai gaya hidup sehat, salah satunya ialah dengan memakan makanan sehat yang kaya akan serat serta vitamin. Selain itu, anda juga bisa melakukan olahraga secara teratur. Olahraga ini memang bisa meningkatkan kekebalan tubuh sehingga bisa menurunkan resiko terserang penyakit.

Comments