Pengertian Kegiatan Ekonomi Beserta Contohnya

Secara pengertian sederhana, Kegiatan ekonomi adalah segala tindakan yang melibatkan produksi, distribusi, dan konsumsi suatu barang atau jasa di semua tingkatan masyarakat.

Produk domestik bruto atau PDB adalah salah satu cara menilai kegiatan ekonomi dalam suatu negara. Kegiatan ekonomi di suatu negara dapat secara signifikan berdampak pada aktivitas bisnis, laba, inflasi dan suku bunga negara tersebut.

* Pembahasan di bawah ini adalah pengertian kegiatan ekonomi dilihat dari suduk pandang ekonomi konvensional. Sedangkan dari sudut pandang ekonomi syariah, Anda bisa mengunjungi Muamalatku.com

A. Pengertian Kegiatan Ekonomi

Ekonomi adalah ilmu sosial dan manusia adalah makhluk sosial. Oleh karena itu, dalam suatu perekonomian setiap orang harus melakukan kegiatan baik untuk mendapatkan uang atau untuk memenuhi berbagai keinginan & kebutuhan.

Contoh kegiatan tersebut adalah semisal pertanian, pekerjaan industri, pendidikan, pemasaran, mencuci pakaian, dll. Jadi, semua kegiatan ini dilakukan untuk menghasilkan uang. Lalu uang itu digunakan untuk memenuhi beberapa keinginan dan memelihara kehidupan yang damai dan nyaman.

Oleh karena itu, kita dapat mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan dengan maksud untuk mendapatkan kekayaan atau penghasilan disebut kegiatan ekonomi.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita terlibat dalam beberapa kegiatan yang berkaitan dengan pendapatan atau pengeluaran uang dalam rangka memenuhi kebutuhan keinginan kita yang tidak terbatas. Maka kegiatan itu semua juga dikategorikan sebagai kegiatan ekonomi.

B. Jenis-Jenis Kegiatan Ekonomi

Berdasarkan latar belakang di atas, maka kegiatan ekonomi utama dikategorikan ke dalam tipe-tipe berikut; seperti:

  1. Produksi

Produksi merupakan aktivitas ekonomi yang inti dan utama bagi manusia. Produksi berarti penciptaan utilitas untuk memenuhi keinginan manusia dengan menghasilkan barang dan jasa tertentu. Misalnya, seorang guru yang mengajar di kelas, seorang tukang kayu yang membuat mebel kayu, seorang petani yang menanam tanaman, dll. Itu semua adalah contoh produksi.

  1. Konsumsi

Konsumsi juga merupakan kegiatan ekonomi penting yang berkaitan dengan penggunaan barang dan jasa. Konsumsi berarti sebuah aktivitas yang menggunakan utilitas suatu barang dan jasa dalam rangka memenuhi keinginan atau kebutuhan tertentu.

Misalnya, dengan mengonsumsi suatu makanan, seseorang dapat memuaskan keinginannya akan makanan atau rasa lapar. Demikian pula, segelas air dapat memuaskan dahaga seorang pelaku ekonomi yang merasa sangat haus.

  1. Distribusi

Distribusi tak kalah penting dengan bagian kegiatan ekonomi lainnya. Distribusi inilah yang menghubungan bagian produksi dan konsumsi.

Harga faktor produksi yang beragam dikenal sebagai distribusi. Artinya, fiksasi sewa, upah, bunga dll, berasal dari teori distribusi. Oleh karena itu, distribusi juga disebut sebagai teori ‘Faktor-harga’.

  1. Pertukaran (Transaksi)

Perturakan juga dianggap sebagai kegiatan ekonomi yang penting. Secara Istilah, pertukaran berarti penjualan dan pembelian barang dan jasa yang berbeda baik secara langsung oleh sistem barter atau melalui sistem moneter untuk memenuhi tujuan pihak tertentu.

Semua kegiatan yang berkaitan dengan produksi, konsumsi, distribusi dan pertukaran semua barang dan jasa yang memiliki utilitas dan langka di alam dianggap sebagai kegiatan ekonomi. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memastikan terpenuhinya keinginan dan kebutuhan manusia.

Pengertian Kegiatan Ekonomi Beserta Contohnya

C. Unsur-unsur penting dari kegiatan ekonomi:

Dari penjabaran di atas bisa kita tarik benang merah bahwa, kegiatan ekonomi memiliki unsur sebagai berikut:

  1. Kegiatan ekonomi harus memiliki utilitas;
  1. Kegiatan ekonomi berkaitan dengan uang atau kekayaan;
  1. Kegiatan Ekonomi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan manusia.

 

D. Klasifikasi Kegiatan Ekonomi

Kegiatan Ekonomi juga dapat diklasifikasikan berdasarkan pelakunya.

  1. Profesi

Profesi adalah pekerjaan yang dilakukan oleh orang-orang profesional seperti Dokter, Pengacara, Insinyur, dll. Mereka menyediakan layanan khusus dengan imbalan berupa uang.

Untuk menjadi seorang profesional, seorang manusia membutuhkan pengetahuan khusus dan kualifikasi profesional. Misalnya, Dokter membutuhkan pengetahuan khusus dalam bidang kedokteran, seorang pengacara membutuhkan gelar dalam bidang hukum, dll.

  1. Pekerjaan

Pekerjaan adalah jenis kegiatan di mana seseorang memberikan jasanya, baik fisik atau pikiran kepada orang lain. Dan sebagai gantinya dia mendapat gaji atau upah. Orang yang mempekerjakan disebut majikan dan orang yang dipekerjakan disebut karyawan atau pekerja.

  1. Bisnis

Bisnis adalah kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan produksi dan distribusi barang atau jasa dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Bisnis mencakup semua kegiatan yang secara langsung atau tidak langsung berkaitan dengan produksi, pembelian, dan penjualan barang & jasa. Jadi produksi, pemasaran, periklanan, pergudangan, asuransi, perbankan, dll adalah contoh dari kegiatan bisnis.

Oleh karena itu, agar bisnisnya lancar, seorang pengusaha perlu merancang rencana bisnis sebelum menjalankannya.

 E. Kegiatan Non-Ekonomi

Sebaliknya, kegiatan non-ekonomi tidak memperdulikan uang atau kekayaan. Kegiatan non ekonomi ini dibagi lagi menjadi beberapa kelompok, seperti berikut:

(i) Kegiatan Sosial:

Contohnya seperti menghadiri pesta perkawinan kerabat atau teman, pesta ulang tahun, festival budaya dan program dll.

(ii) Kegiatan Politik:

Misalnya, menghadiri pertemuan dan seminar partai politik seperti Kongres, BJP dan kegiatan politis lainnya.

(iii) Kegiatan Keagamaan

Misalnya, beribadah, berdoa, sumbangan untuk membangun kuil, gereja, masjid, dll.

(iv) Kegiatan Amal:

Misalnya membantu orang miskin atau cacat, korban bencana, donor darah, dll.

(v) Kegiatan Orang Tua:

Misalnya interakasi orang tua-anak yang melibatkan cinta, kasih sayang, perhatian, dll. Interaksi antar anggota keluarga juga termasuk.

(vi) Kegiatan Rekreasi:

Misalnya bermain game, menonton televisi, melakukan tarian atau bernyanyi, dll.

Yang patut diketahui adalah, kegiatan non ekonomi tidak selalu berarti tidak menggunakan uang. Tetapi, seperti yang dijelaskan di atas, kegiatan non ekonomi tidak mempedulikan uang.

Seperti itulah pembahasan kita tentang pengertian kegiatan ekonomi, jenis-jenisnya, dan para pelakunya. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Sumber Referensi Artikel tentang Kegiatan Ekonomi

  • businessdictionary.com/definition/economic-activity.html
  • economicsdiscussion.net/articles/what-are-economic-and-non-economic-activities/1978
  • http://kalyan-city.blogspot.co.id/2011/03/what-are-economic-activities-types-of.html

Comments