Pengeluaran Rumah Tangga Selalu Boros, Apa Sebabnya?

Mungkin Anda suka bertanya-tanya mengapa pengeluaran rumah tangga selalu membengkak. Tandanya Anda perlu mencermati ulang apa saja perabotan rumah tangga yang dipakai dan kegiatan apa yang dilakukan tiap hari. Karena tanpa disadari, perabotan rumah tangga dan berbagai kegiatan kita memengaruhi pengeluaran tiap bulannya, lho.

Bagi Anda yang ingin mengelola keuangan keluarga dengan benar, sebaiknya ketahui dulu apa saja sumber kebocoran yang dapat menyebabkan pengeluaran membengkak. Penasaran? Yuk, simak ulasan berikut

TV berlangganan

Memiliki home theater di rumah, tentu kurang lengkap rasanya jika tidak menggunakan TV berlangganan. Tapi apakah Anda pernah menghitung berapa biaya per tahunnya jika menggunakan TV berlangganan? Tanpa disangka, ternyata angkanya lumayan besar. Sebaiknya, pilihlah paket yang termurah agar lebih ringan biayanya. Hindari menggunakan paket tambahan yang sekiranya tidak akan Anda tonton.

Bahan makanan yang tidak digunakan

Saat ke pasar atau supermarket, terkadang melihat aneka ragam buah, sayur, hingga daging begitu menggiurkan dan ingin semuanya dibeli. Alhasil keranjang belanja pun menumpuk padahal tidak akan dimasak semuanya dalam satu waktu. Bahan makanan yang kurang awet pun menjadi membusuk di kulkas. Alih-alih ingin menikmatinya, Anda justru harus membuat bahan makanan tersebut. Boros dan sayang tentunya. Untuk menyiasatinya, rencanakan menu makan tiap minggunya. Dengan begitu setiap belanja, Anda tidak perlu mengambil bahan untuk menu 2 minggu kemudian.

Menggunakan jasa cleaning service

Pengeluaran Rumah Tangga Selalu Boros, Apa Sebabnya

Tiap gedung perkantoran pasti menggunakan jasa cleaning service kantor untuk menjaga kebersihan gedung. Walau kini sudah ada perusahaan jasa cleaning service yang bisa membersihkan rumah, Anda tidak perlu menggunakan jasanya demi menghemat pengeluaran rumah tangga.

Member gym yang tidak terpakai

Beberapa dari Anda pasti ada yang menjadi anggota gym hanya karena tertarik dengan diskon yang diberikan padahal jarang berolahraga di sana. Nah hal ini tentu sebuah pemborosan. Meskipun diskon, tetapi tetap saja, kan, tidak digunakan juga keanggotaannya? Lebih baik lakukan olahraga yang murah dan praktis seperti jogging, sepeda, atau yoga di rumah

Comments