Penganut Atheis Sedunia Berkumpul di Australia

Para penganut atheis atau tak bertuhan sedunia berkumpul di Melbourne, Australia. Tiket untuk pertemuan yang berlangsung 12-14 Maret 2010 di Melbourne Convention and Exhibition Centre ini bahkan sudah habis.

Menurut BBC, pertemuan ini merupakan konvensi atheis terbesar di dunia. Sejumlah nama besar yang dikenal sebagai atheis terlibat dalam acara ini seperti Richard Dawkins, Taslima Nasrin, Peter Singer, John Perkins, Robyn Williams, hadir dalam acara ini.

Saking ramainya, “Daftar tunggu tiket untuk Konvensi Atheis Global telah ditutup.” Begitu bunyi pengumuman di www.atheistconvention.org.au, Sabtu 13 Maret 2010. Sehingga bagi yang masuk daftar tunggu, berharaplah mendapatkan tiket dari orang yang ingin menjual tiket yang hanya dijual sebanyak 2.500.

Pertemuan ini berencana membahas sebuah pernyataan yang berisi efek-efek negatif agama pada masyarakat. Pertemuan ini menghadirkan ilmuwan, filsuf, penulis dan komedian.

Salah satu nama terkenal yang menjadi peserta aktif dalam konvensi ini adalah Taslima Nasrin. Taslima dilahirkan di sebuah keluarga muslim di India pada 1962. Meski kemudian berprofesi sebagai dokter, Taslima sering menulis tema-tema kontroversial bagi masyarakat India yang dikenal relijius itu.

Pada tahun 1993, novel dokumenternya “Lajja” dilarang pemerintah Bangladesh. Taslima bahkan dikenakan fatwa halal untuk dibunuh. Sejak 1994, Taslima kemudian hidup eksil di Swedia dan kemudian berkembang menjadi simbol kebebasan berpendapat. Meski demikian, Taslima tak mau melepas paspor Bangladeshnya.

Sumber : http://dunia.vivanews.com/news/read/136233-atheis_sedunia_berkumpul_di_australia

Comments