Nokia “Comes With Music” Kurangi Pembajakan di Indonesia

Masih tingginya tingkat pembajakan lagu di Indonesia ternyata menjadi salah satu pertimbangan Nokia untuk memilih layanan Comes With Music ke pasar Indonesia. Melalui layanan ini, pengguna ponsel baru Nokia tipe tertentu bisa bebas mengunduh jutaan lagu secara cuma-cuma dari ponsel maupun dari komputer.

“Kami paham lagu bajakan masih sangat marak jadi sulit kalau harus jual secara ala carte,” kata Haryati Lawidjaya, Software and Services Manager Nokia Indonesia saat konferensi pers Nokia Comes With Music di Jakarta, Kamis (18/3/2010). Ia mengatakan dengan layanan download lagu gratis hingga jutaaan track, pengguna ponsel mungkin tidak akan berpkir lagi untuk mencari lagu bajakan.

Nokia sebenarnya memiliki dua model distribusi konten musik melalui layanan OVI. Ovi Music di beberapa negara melayani penjualan lagu secara satuan dengan konten yang bebas DRM (digital right management). Sementara konten musik pada Comes With Music dilengkapi DRM sehingga hanya bisa dimainkan di ponsel Nokia yang mendukung dan OVI Player di komputer.

Produk pertama yang akan disertai layanan Comes With Music adalah Nokia X6 yang akan dirilis resmi 25 Maret 2010 mendatang di Indonesia. Dalam paket penjualan ponsel ini disertakan nomor PIN yang merupakan akses bagi pengguna ponsel untuk mengunduh lagu-lagu yang tersedia. Tipe ponsel lainnya akan menyusul kemudian. Layanan ini tidak tersedia untuk ponsel Nokia yang sudah dirilis sebelumnya.

“Sampai saat ini kami belum berpikir untuk menyediakan bagi ponsel lama. Kami lihat dulu respon pasar. Tapi, bukan tidak mungkin suatu saat dijual PIN untuk pemilik ponsel lama,” tandas Haryati.

Sumber : http://id.news.yahoo.com/kmps/20100319/ttc-comes-with-music-akan-saingi-lagu-la-566ebb2.html

Comments