Mobil Keluarga Paling Banyak Diburu Pembeli Mobil Bekas

Tiga pekan menjelang lebaran penjualan mobil bekas mulai merangkak naik. Kenaikkan diperkirakan 5-10 persen dibanding bulan sebelumnya. Mobil yang paling banyak dicari pembeli adalah Multi Purpose Vehicle (MPV) atau Mobil Keluarga serbaguna Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Kijang Innova dan Suzuki APV.

“Di tempat kami, sekitar 70-80 persen mobil yang terjual adalah jenis MPV low dan medium Toyata Avanza, Daihatsu Xenia, Kijang Innova, sisanya sedan, Sport Utility Vehicle, serta MPV premium. Namun yang terbesar masih Avanza dan Xenia, sekitar 60 – 75 persen,” papar Tribayu Januar, Operation Analyst Mobil 88 kepada Tempo di Jakarta, Selasa (17/8).

Hal serupa juga terjadi di bursa mobil WTC Mangga Dua, Jakarta Pusat. Di tempat ini, dari rata-rata penjualan 100 unit saban hari, 70 – 80 unit di antaranya adalah jenis MPV. “Terbanyak tetap Avanza dan Xenia. Setelah itu Innova, Suzuki APV, Mitsubishi, Hyundai, Kia dan lain-lain,” aku Herjanto Kosasih, Senior General Manager Bursa Mobil WTC Mangga Dua.

Laris manisnya permintaan MPV kecil Toyota Avanza dan Xenia juga terjadi di tempat penjualan mobil bekas skala kecil. Di Simpang Lima Motor, misalnya. Penjualan mobil bekas di bursa mobil yang berlokasi di perumahan Kompas, Tambun, Bekasi, itu sebelum Juni rata-rata hanya enam hingga tujuh unit mobil.

Namun sejak Juni hingga kini penjualan rata-rata mencapai tujuh hingga 10 unit.

“Dari jumlah itu empat sampai enam unit diantaranya adalah Toyota Avanza dan Xenia. Orang berpikir, mobil ini ringkas, tenaganya cukup bagus, memuat tujuh penumpang dan irit,” tutur Winarno, pemilik Simpang Lima Motor saat dihubungi, hari ini.

Ihwal harga, baik Tribayu maupun Herjanto mengaku sejak Juli kenaikan harga jual telah mencapai Rp 5 – Rp 7 juta. “Kalau rata-rata di tempat kami ya, masih sekitar Rp 5 – Rp 5,5 juta,” sebut Tribayu.

Sedangkan di WTC, ujar Herjanto, kenaikan mencapai peningkatan Rp 3– 4 juta untuk mobil yang berbanderol Rp 100 juta ke bawah dan Rp 5 juta–Rp 7 juta untuk mobil dengan harga di atas Rp 100 juta. Kisaran kenaikan serupa juga terjadi di Simpang Lima Motor.

Menyinggung permintaan, Tribayu optimitis sepanjang Agustus permintaan meningkat hingga 15 persen dibanding Juli. “Kalau Juli penjualan mencapai 1.050 unit, bulan ini diperkirakan mencapai 1.200 unit atau naik sekitar 15 persen,” kata dia.

Adapun di WTC, Herjanto memperkirakan kenaikkan mencapai 25 persen. Ia mengatakan sepanjang Juli lalu penjualan telah mencapai 2.000 unit, dan bulan ini hingga sepekan menjelang lebaran diperkirakan mencapai 2.500 unit.

Sementara itu, dari pantauan Tempo di WTC Mangga Dua, Selasa (17/8) kunjungan calon pembeli di lantai 3, 5, 7 terlihat sepi dibanding hari biasanya. Beberapa orang pedagang mengaku sedikitnya pengunjung karena bertepatan denagn hari libur peringatan kemerdekaan Indonesia.

Hanya terlihat beberapa calon pembeli yang serius mengamati mobil yang menarik minatnya. Dedi Syafei, warga Citeureup, Bogor, misalnya. Pria ini mengaku dirinya sengaja datang ke WTC Mangga Dua untuk mencari Toyota Avanza produksi 2006 – 2007.

Ia menyebut, mobil yang dipasarkan di tempat itu relatif lebih murah ketimbang di tempat lain. “Selisihnya bisa Rp 500 ribu sampai Rp 1,5 juta. Lumayan kan?” ujar dia.

Ihwal pilihan ke MPV kecil itu, ia mengatakan meski bentuknya kecil namun mampu mengangkut tujuh penumpang, gesit,dan irit bahan bakar. Nilai jual kembalinya pun cukup stabil. “Nilai jualnya itu yang menjadi nilai lebih,” tandas dia. (tempointeraktif.com)

Hasil Pencarian Populer:

mobil keluarga bekas, mobil bekas keluarga, mobil bekas untuk keluarga, mobil keluarga bekas murah.

Comments