Mengulas Tentang Kisaran Harga Mie Lidi Mentah dan Cara Membuatnya

Di tahun 90an, banyak jenis makanan ringan yang sudah tidak bisa ditemukan lagi saat ini namun, kembali terkenal di era millennial ini dan salah satunya adalah mie lidi atau dikenal juga sebagai mie biting. Mie ini memiliki bentuk seperti sapu lidi dan keras. Biasanya, mie lidi ini akan diberi bumbu seperti bubuk cabai ataupun jenis bumbu yang lain untuk memberikan rasa yang lebih enak. Harga mie lidi mentah sendiri saat ini di toko online dibanderol dengan harga sekitar Rp 14-15 ribuan per kg.

Mie lidi atau mie biting atau mi nyere (bahasa Sunda) termasuk sebagai makanan ringan yang terbuat dari tepung terigu sebagai bahan utamanya dan kemudian dicampurkan dengan bumbu rempah yang lain kemudian dibuat menjadi seperti bentuk lidi atau nyere. Pada awalnya mie lidi ini ditemukan di daerah Sumatra dan Aceh. Mie tersebut awalnya dijadikan sebagai santapan special seperti untuk membuat mie instant.

Seiring perkembangannya, di tahun 90an, mie lidi ini terkenal dan dibungkus hanya dengan menggunakan plastik bening dan diberi penyedap rasa dan bubuk cabai. Kala itu, tidak banyak pilihan rasa yang dapat dinikmati. Anda hanya akan menemukan mie lidi dengan rasa gurih, asin dan pedas. Mie lidi tersebut kemudian tidak popular dan di sekitar tahun 2010an, mie lidi kembali popular. Mie biting tersebut kini dikemas dengan bentuk yang lebih modern yaitu diletakkan di gelas kecil dan diberi berbagai bumbu yang lebih bervariasi misalnya bumbu barbeque, rumput laut, dan juga ada mie biting berdasarkan pada tingkat kepedasannya.

Mengulas Tentang Kisaran Harga Mie Lidi Mentah dan Cara Membuatnya

Dengan harga mie lidi mentah yang berkisar hanya Rp 14-15 ribuan ini bisa memberikan keuntungan yang lebih untuk Anda, apalagi jika Anda menjualnya hanya beberapa gram. Akan tetapi, selain membeli mie lidi mentah, Anda bisa mencoba untuk membuat mie lidi sendiri sehingga Anda dapat menjualnya ke pasaran dalam kondisi mentah atau bisa diolah lebih dahulu untuk dijual ke konsumen.

Untuk membuat mie lidi tersebut di rumah, terdapat bahan utama dan bahan untuk taburan yang bisa Anda persiapkan, yaitu:

Bahan utama:

  • ½ sdt baking powder.
  • 250 gr tepung terigu protein tinggi.
  • 60 ml air.
  • 2 butir telur. Pisahkan dan ambil putihnya saja.
  • 30 gr tepung sagu.
  • ¼ sdt penyedap rasa.
  • Garam secukupnya.

Bahan taburan:

  • 1 sdm bubuk balado.
  • 1 sdm bubuk cabai.
  • 25 gr tepung sagu.

Cara untuk membuat mie lidi tersebut sehingga bisa dijual dengan harga mie lidi mentah dan matang yang terjangkau adalah:

  1. Campur bahan utama tersebut, kecuali telur dan air, ke dalam 1 wadah dan aduk hingga merata lalu sisihkan.
  2. Kocok lepas putih telur tersebut kemudian tambahkan campuran tepung terigu. Uleni hingga merata.
  3. Masukkan air dan uleni lagi hingga merata dan pulen hingga tidak lengket. Diamkan kurang lebih 15 menit.
  4. Siapkan gilingan lalu giling adonan tersebut dengan ketebalan sesuai dengan selera Anda. Misalnya jika Anda ingin membentuk mie lidi yang tipis yang mudah untuk dikonsumsi.
  5. Potong mie tersebut berukuran 8 cm lalu potong kecil-kecil.
  6. Panaskan wajan yang diberi minyak di atas api sedang.
  7. Masukkan mie tersebut dan goreng hingga matang.
  8. Lalu angkat.
  9. Campurkan bahan taburan atau bisa dipilih sesuai selera, lalu taburkan ke atas mi lidi dan campurkan.
  10. Mie lidi siap dijual.

Comments