Mengenal Lebih Jauh Harga Cat Tembok dan Jenisnya

Cat tembok menjadi salah satu barang yang dibutuhkan tidak hanya dalam membangun rumah namun juga dalam renovasi. Dengan mengaplikasikan cat tembok, rumah baik di dalam ataupun di luar rumah memiliki warna atau motif yang bisa diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan. Harga cat tembok yang ada di pasaran sangat beragam, ada yang harganya murah ada pula yang harganya sangat mahal karena memiliki kualitas yang bagus.

Produk yang bisa dibeli di toko cat atau bahkan di toko online terpercaya ini, dibedakan berdasarkan pada beberapa hal. Pertama adalah berdasarkan pada tempat dimana Anda akan mengaplikasikan cat tersebut, yaitu:

  • Cat tembok eksterior: untuk memberikan aksen di bagian luar dan agar bisa melindungi bangunan tersebut dari cuaca misalnya dari hujan. Kini bahkan sudah ada beberapa jenis produk yang dilengkapi dengan fitur seperti pelapis anti bocor.
  • Cat tembok interior untuk tembok yang ada di dalam ruangan. Jenis cat ini memiliki kekentalan yang lebih halus sehingga lebih mudah dibersihkan.

Kedua adalah berdasarkan pada tingkat kilapnya. Cara jenis ini umumnya digunakan di dalam ruangan atau interior. Ada 4 jenis cat tembok berdasarkan tingkat kilapnya, yaitu:

  • Cat doff/matte yang meresap dan sangat menempel sehingga memberikan sedikit efek kilap di permukaan akan tetap terlihat lembut. Umumnya jenis cat ini tahan cuaca dan pas matahari sehingga bisa dipergunakan di luar rumah ataupun di dinding kamar.
  • Tipe eggshell yang tampilannya seperti kulit telur dan bertekstur namun tetap halus. Jika dibandingkan dengan tipe doff, jenis cat ini tidak terlalu memantulkan sinar matahari sehingga mudah dibersihkan. Cat tipe eggshell ini cocok dipergunakan di ruang keluarga atau ruang tamu.
  • Tipe satin memiliki tampilan yang mewah namun tidak glossy atau mengkilap dan tidak terlalu menempel seperti cat doff. Memiliki tekstur yang lembut di tangan, cat ini biasanya untuk ruang galeri ataupun resto dengan memberikan efek teduh. Cat ini bisa juga digunakan untuk di kamar tidur dan ruang tamu.

Selain ketiga cat tersebut, berdasarkan tingkat kilapnya juga ada tipe glossy yang memiliki harga cat tembok yang bervariasi. Tipe glossy sendiri dibagi menjadi 2 yaitu:

  • High glossy: Cenderung memantulkan cahaya sehingga berkilau namun mudah dibersihkan sehingga cocok untuk eksterior yang kerap terpapar sinar matahari misalnya di pilar rumah.
  • Semi gloss memiliki tingkat kilap rendah dan tidak mudah untuk mengelupas sehingga cocok untuk di ruangan yang kerap terkena noda misalnya di kamar mandi atau di dapur.

Sedangkan berdasarkan pada bahan baku utama yang umum (latex/resin/binder) yaitu full acrylic untuk interior dan eksterior namun lebih ditekankan pada eksterior, styrene acrylic untuk interior atau interior/eksterior (2 in 1) sedangkan vinyl acrylic untuk interior saja. Selain ketiga bahan baku tersebut, terdapat pengembangan dari bahan baku vinyl acrylic yang disebut dengan veoba acrylic dan VAE Acrylic (vinyl Acetate/Ethylene untuk meningkatkan kualitas binder.

Jika berdasarkan kualitas, harga cat tembok akan semakin mahal jika kualitasnya semakin bagus. Harga dipengaruhi dari penggunaan latex dan juga adanya variasi Pigment volume content atau PVC. Pigmen pada PVC tersebut merupakan filter atau bahan pengisi dan pewarna atau pigment. Berdasarkan PVC, cat dikategorikan menjadi 3, yaitu:

  • High PVC atau flat wall paint merupakan cat tembok loe-end (murah) dengan 85-90% PVC.
  • Medium PVC disebut medium/semi gloss/satin wall paint dengan 50-60% PVC.

Low PVC atau gloss wall paint dengan PVC 30-40%.

Comments