Mengapa Berbahaya saat Menggendong Bayi Menghadap Depan dengan Baby Carrier? Simak Ulasannya Berikut!

Saat menggendong bayi biasanya butuh alat gendong yang berbentuk selendang atau dengan baby carrier yang memang sudah dirancang khusus sehingga memudahkan Anda untuk bisa menggendong anak Anda. Gendongan bayi yang bisa dibeli di toko online ini, jika Anda mencari di pasaran, terdapat beberapa jenis yang bisa Anda pilih sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan Anda misalnya tipe kain yang panjang yang cara penggunaannya adalah dengan di lilit di badan sehingga membentuk tempat yang nyaman untuk menggendong anak. Akan tetapi, saat menggendong bayi sebaiknya tidak menghadap depan. Mengapa?

Menurut penuturan dari Dr. Catherine Fowler yang berasal dari Australia mengemukakan jika orang tua yang menggendong bayi dengan cara menghadapkannya ke depan merupakan orang tua yang kejam serta egois. Hal tersebut disebabkan karena alasan berikut ini. Pertama adalah Anda akan kesulitan untuk menggendong anak menghadap depan dibandingkan ke arah Anda, kecuali jika menggunakan alat gendong yang memang sudah dibentuk atau didesain untuk menggendong menghadap depan.

Kedua adalah tidak bisa menyangga kaki dengan baik. Hal ini disebabkan saat bayi Anda sedang digendong, posisi atau letak kaki bayi sering tidak disangga dengan baik sehingga menyebabkan kaki bayi bergelantungan padahal seharusnya, posisi lutut bayi lebih tinggi atau sama tingginya dengan pinggang. Jika kaki bayi tidak disangga dengan baik maka yang akan menahan berat tubuh adalah tulang belakang dan hal tersebut tentunya tidak baik untuk perkembangan dari tulang belakang sekunder.

Ketiga adalah bisa menekan paha bayi di bagian dalam. Disebabkan karena tidak bisa menyangga kaki dengan baik saat menggendong bayi dengan menggunakan baby carrier, berat badan dari bayi Anda tidak hanya akan menekan tulang belakangnya namun juga menekan paha di bagian dalam terutama jika yang Anda gendong adalah anak laki-laki. Dengan menggendong menghadap depan juga bisa menekan alat kelamin dan pasti hal tersebut tidak akan nyaman untuk anak laki-laki Anda.

Keempat adalah bisa merangsang bayi secara berlebihan. Saat bayi dihadapkan ke arah depan, akan membuat bayi melihat berbagai macam hal yang bisa menyebabkan bayi menjadi lelah sehingga secara otomatis menyebabkan terjadinya overstimulated. Kelima adalah membuat Anda sakit punggung. Dengan menggendong bayi dengan posisi yang berlawanan dengan Anda akan menyebabkan Anda tidak hanya mengalami sakit punggung namun juga sakit pinggang.

Keenam adalah tidak bisa menyangga punggung dan leher dengan benar. Dengan menghadapkan bayi ke arah depan akan menyebabkan bayi Anda bisa berada dalam posisi asphyxia yang artinya adalah posisi bayi yang tidak memiliki kontrol lehernya sehingga menyebabkan dagunya menempel pada dada. Posisi tersebut bisa menghambat jalan nafas anak Anda dan jika dilakukan secara terus menerus bisa menyebabkan masalah yang besar. Karena hal tersebut hindari untuk menggendong bayi menghadap depan saat bayi masih belum kuat menyangga kepalanya.

Ketujuh adalah Anda akan susah untuk memperhatikan bayi Anda. Jika saat Anda menggendong bayi Anda menggunakan baby carrier Anda bisa berkomunikasi dengan anak Anda apalagi saat anak Anda sedang rewel. Berkomunikasi secara langsung dengan bayi juga bisa membantu untuk memperlancar kemampuan interaksi dan bayi tidak mudah rewel. Sedangkan jika Anda menggendong menghadap depan justru Anda akan susah memperhatikan anak Anda misalnya apakah anak Anda sedang ingin menyusu, gumoh atau saat anak Anda mulai mengantuk.

Comments