Membanggakan, Developer Nokia di Indonesia Hampir 50.000 Orang

Fakta bahwa Nokia merupakan merek ponsel yang paling banyak penggunanya bukan hal baru termasuk di Indonesia. Namun, siapa yang menyangka bahwa Indonesia bukan hanya konsumen karena juga punya puluhan ribu pengembang (developer) software yang siap mengeksploitasi platform buatan Nokia.

Paling tidak itu tercermin pada jumlah pengguna yang mendaftar dalam Forum Nokia, wadah berbagi pengetahuan bagi para pengembang yang berminat mengembangkan aplikasi untuk ponsel Nokia. Hal tersebut dikatakan Dominicus Susanto, Developer Relation Manager Nokia Indonesia di Bandung, Kamis (11/2/2010).

“Kalau ditanya berapa jumlah developer Nokia saat ini ada 4 juta di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri 40.000 lebih bahkan mendekati 50.000 developer yang register di Forum Nokia,” ujar Dominicus, dalam diskusi usai pencanangan Mobile Inno Sphere Center yang merupakan hasil kerja sama Nokia dan Kampus ITB.

Ia mengatakan, Forum Nokia memberikan dukungan agar para developer tidak hanya bisa menciptakan berbagai jenis aplikasi namun juga bisa digunakan dan dirasakan langsung untuk keperluan masyarakat luas. Di forum tersebut, tersedia dukungan teknis dan tutorial dalam proses pengembangan aplikasi, pengujian, hingga pemasarannya.

Nokia juga menyediakan kit pengembangan dan perkakas yang memudahkan para pengembang untuk membuat aplikasi dalam waktu singkat serta lintasplatform. Antara lain dari yang sederhana dan siap pakai seperti Qt dan Web Runtime hingga yang lebih kompleks seperti software development kit (SDK) untuk Ovi Apps.

“Apabila aplikasi yang dibuat memang bagus bisa dijual lewat Ovi Store atau any other distribution channel,” katanya. Melalui bursa aplikasi dan konten untuk Nokia, Ovi Store, aplikasi, solusi, dan konten buatan pengembang lokal memungkinkan untuk diakses dari seluruh dunia secara online.

Pangsa pasar penggunanya pun mencengangkan karena menurut Dominicus jumlah pengguna ponsel Nokia saat ini lebih dari satu miliar orang. Tertarik?

 

Comments