Macam – Macam Termometer Beserta Fungsinya

Setiap orang pernah merasakan suhu tubuhnya meninggi atau yang biasa kita sebut demam. Suhu merupakan suatu derajat atau tingkat panas suatu benda. Apakah anda bisa mengukur panas, dingin, sejuk suatu hal atau benda? Untuk mengukur suhu tubuh kita diperlukan suatu alat yang terstandarisasi yang dinamakan termometer. Termometer merupak suatu alat yang digunakan untuk mengukur suhu. Bail itu suhu badang, atau suhu dari suatu zat. Termometer ini memanfaatkan sifat termometik dari suatu zat. Perubahan sifat suatu zat atau benda karena adanya perubahan suhu dari benda tersebut. Termometer itu sendri berasal dari bahasa termoyang artinya panas. Sedangkan kata meter merupakan suatu alat ukur terhadap benda atau zat. Termometer ini berfungsi sebagai alat untu mengukur suhu yang diperuntukan untuk berbagai kajian ilmu pengertahuan seperti dalam dunia kedokteran, farmasi, ilmu kimia, ilmu fisika, ilmu matematika, dan cabang ilmu yang lainnya.

Macam – Macam Termometer Beserta FungsinyaAda berbagai macam termometer yang bisa anda jumpai di pasar penjualan termometer. Macam – macam termometer ini disesuaikan dengan fungsi dan kegunaannya yang berbeda – beda. Untuk lebih jelasnya akan di uraiakan sebagai berikut:

1. Termometer Alkohol

Termometer ini dinamakan termometer alkohol karena zat yang mengisi termometer ini adalah alkohol. Alkohol merupakan senyawa kimia yang mudah menguap ketika suhu dinaikan,Karena titik didik alkohol yang kecil. Sehingga ketika termometer alkohol ini mengukur sesuatu, akan terlihat jelas perubahannya. Termometer ini di sebut sebagai termometer minimum karena dapat mengukur suhu yang rendah. Ketika suhu dingin, alkohol akan bergerak ke arah kiri. Sebaliknya ketika suhu panas akan mengembang dan bergerak ke arah kanan.

2. Termometer Raksa

Termometer raksa merupakan salah satu jenis termometer yang menggunakan air raksa sebagai pengisi termometernya. Termometer ini paling sering digunakan dan di sebut sebagai termometer maksimum. Karena termometer ini mampu mengukus suhu yang sangat tinggi. Saat mengukus suhu yang tinggi, air raksa akan memuai dan akan terbaca di kaca termometer. Namun ketika suhu turun, air taksa akan sulit ke poisisi awalnya. Hal ini terjadi karena adanya sebuah kontraksi yang sedikit menghambat air raksa kembali ke tempatnya semula.

Comments