Lenovo ThinkPad X100e Bagaikan Netbook

ThinkPad X100e

Berbarengan dengan ThinkPad Edge, siang tadi Lenovo mem-preview-kan satu notebook baru lainnya. Namanya ThinkPad X100e.

Apa yang langsung mengundang perhatian? Dimensinya! Lebih kecil dari lazimnya seri X ThinkPad. “Yang ini layarnya memang 11,6”, sedikit lebih kecil dari X200 yang 12”. Ini seri ultraportabel notebook, bukan netbook,” tandas Azis Wonosari (Business Development & Technical Manager, Lenovo) tentang notebook berlayar LED backlight dengan resolusi 1366×768 tersebut.

“Memorinya bisa ditambah sampai 4GB, dari standar 2GB. Harddisk-nya pun standar 250GB, dengan pilihan upgrade ke 320GB dan 500GB,” tambah Azis lagi.

Apa lagi yang membuatnya lain dari kebiasaan Lenovo? Warnanya! Saat preview, selain yang ber-casing hitam, dihadirkan juga X100e dengan casing merah. Cukup cantik, kendati harus disandingkan dengan kemasan baterai yang berwarna hitam. Selain itu akan tersedia pula warna putih. O ya, baterai 6-cell yang diklaim tahan sekitar 5 jam itu juga akan menonjol ke luar dari bagian belakang notebook. “Kalau pakai baterai 4-cell tidak begitu,” kata Azis.

Yang juga menarik, ultraportabel yang datang standar dengan sistem operasi Windows 7 ini mengemaskan prosesor AMD Athlon Neo, bukan Intel. Ditambah lagi, modul modem sudah terpasang di dalam unit sehingga pengguna tinggal menyelipkan kartu SIM saat ingin menjelajah Internet selain di lokasi hotspot.

“Tapi modul modem itu bisa dikeluarkan. Nanti ada dua versi yang dijual, dengan modem dan tanpa modem built-in,” ungkap Azis. Sayangnya, letak slot kartu SIM itu kurang mudah dijangkau, karena ada di balik cover. “Untuk memasang kartu, harus melepas tujuh sekrup dulu,” kata Azis.

Namun seperti ThinkPad Edge, X100e ini mengemaskan tiga port USB yang salah satunya merupakan port USB power-on, alias port USB yang bisa dipakai untuk mengisi daya baterai perangkat USB seperti iPod saat notebook dalam kondisi mati. Seperti juga ThinkPad Edge, notebook ultraportabel ini tidak menyertakan optical drive. “DVD drive-nya eksternal, opsional,” kata Azis.

Di AS, ultraportabel ini dijajakan dengan harga murah, US$ 499. Di Thailand, 1000-an unit X100e yang berbobot sekitar 1,5kg dengan baterai 6-cell ini sudah terjual saat ia diluncurkan. Bagaimana di tanah air? Jika harganya menarik, ia bisa saja melibas pasar netbook. Nah kita tunggu saja minggu depan berapa harga resmi ThinkPad X100e ini.

Sumber : Kompas.com


============
Blog ini mendukung dan ikut berpartisipasi dalam Kontes SEO | Astaga.com Lifestyle On The Net | nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular | Selamat Berjuang…
============

Comments