Lenovo ThinkPad Edge, Tampil Simpel

Casing notebook Lenovo ThinkPad berlayar LED backlight 13,3” dengan resolusi 1366×768 (HD) ini tidak lagi kaku bersiku. Ujung-ujungnya kini agak melengkung, alias tanpa sudut lancip. Apa lagi yang baru di seri ThinkPad ini? Tentu saja warna casing. Casing-nya kelak akan terdiri dari tiga pilihan warna: hitam mengilap, hitam tak mengilap, dan merah.

“Ini kali pertama seri ThinkPad datang tidak dalam warna hitam,” kata Azis Wonosari (Business Development & Technical Manager, Lenovo). Namun pada preview di kantor Lenovo Jakarta tadi siang, yang ditunjukkan adalah casing yang hitam mengilap dan masih rentan mengumpulkan jejak sidik jari pemegangnya. Casing hitam ini dibingkai dengan aksen silver.

Dibandingkan model-model ThinkPad sebelumnya, jajaran terbaru Lenovo ThinkPad yang diberi nama Edge ini dirancang lebih simpel. Deretan LED di bagian depan misalnya, ditiadakan.

Namun fitur-fitur khas Lenovo ThinkPad tetap dipertahankan. Cara masuk dan tampilan BIOS-nya sama dengan ThinkPad classic. Sistem proteksi harddisk dari guncangan, Active Protection System, pun dipertahankan, seperti juga software khas Lenovo, ThinkVantage. Keyboard-nya juga tetap spill resistant. Trackpoint khas Lenovo pun hadir, bersama dengan touchpad yang lebar dan multi-gesture.

O ya bicara tentang keyboard, keyboard pada ThinkPad Edge ini terkesan bersih. Jika diperhatikan dengan seksama ada yang berbeda. Pertama, deretan tombol Fungsi (Fn) di bagian atas. Biasanya, tulisan F1, F2, dst yang diutamakan, alias ber-font besar bukan?

Nah di sini tidak demikian. Justru icon fungsi yang ditonjolkan, dan diletakkan di bagian atas. Bahkan tiga fungsi tombol multimedia – Back, Play/Stop, Forward – sudah disertakan. Artinya, saat ingin memutar lagu kita tidak perlu lagi menekan kombinasi tombol Fn-F12 (misalnya). Cukup tekan tombol F12 itu saja. Lebih nyaman bukan?

Kedua, tombol angka numerik yang biasanya bergabung di tombol U, I, O, J, K, L dan M ditiadakan. Karena itulah tombol-tombol keyboard ini terlihat lebih bersih. Kendati demikian, layaknya semua seri ThinkPad begitu klaim Azis, keyboard ini tetap empuk ditekan. “Persis seperti keyboard ThinkPad lainnya.”

Sisi belakang notebook ini bersih dari port apa pun. Namun sisi kiri dan kanannya ‘berisi’. Di sisi kiri, ada security lock, lubang sirkulasi udara, port VGA, port HDMI, port LAN (Gigabit Ethernet), dan satu port USB 2.0. Port yang bagian dalamnya berwarna kuning ini istimewa. “Bisa dipakai isi daya baterai perangkat USB seperti iPod dalam keadaan off. Namanya USB power-on,” jelas Azis.

Port di sisi kanan Edge tidak sepadat sisi kiri. Di sisi kanan hanya terdapat dua port USB 2.0, jack speaker, dan slot 4-in-1 card reader.

Merasa ada yang masih kurang, misalnya port DVI? Silakan tambahkan ThinkPad USB Port Replicator with Digital Video yang dijual terpisah. Perlu optical drive? Lenovo menyediakannya secara opsional. “Ini agar bobotnya tidak berat,” kilah Azis tentang notebook yang dengan baterai 4-cell berbobot 1,64kg ini.

Bagaimana dengan jeroannya? ThinkPad Edge 13” dimotori oleh prosesor Intel Core 2 Duo SU7300 1,3GHz. Prosesor ULV (ultra low voltage) ini juga berkontribusi dalam membuat desain badan Edge langsing, dan daya tahan baterai 6-cell-nya cukup panjang. “Sekitar 8 jam,” kata Azis. O ya, baterai ini juga membuat posisi notebook agak terungkit ke atas, yang membuatnya lebih ergonomis.

“Harddisk-nya standar 250GB, tapi bisa di-upgrade ke 320 atau 500GB. Untuk memori, standarnya 1 atau 2 GB, dan bisa ditambah sampai 4GB,” ungkap Azis.
Selain versi Intel, Edge juga akan tersedia dengan prosesor AMD. “Yang ini lebih ke kinerja grafik,” kata Azis. Sedangkan untuk sistem operasi, sudah dikemaskan Windows 7.

Berapa Lenovo akan menjual notebook ThinkPad Edge yang akan dijual dalam dua versi: dengan modem built-in dan tanpa built-in ini? Saat preview, Azis menolak mengungkapkan harganya. “Tunggu saja minggu depan saat launching,” kilahnya.

 

Comments