Lagi.. Hina Teman Lewat Twitter, Pelajar SMP di Malang Berurusan Dengan Polisi

IL (15), seorang pelajar sebuah SMP swasta di Kota Malang harus berurusan dengan hukum. Dia dituduh menghina melalui jejaring pertemanan Twitter ditujukan terhadap Cl (14), rekannya, yang juga sama-sama pelajar SMP.

Meski telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus tersebut, namun Satreskrim Polresta Malang yang menangani kasus ini tidak melakukan penahanan terhadap tersangka, dengan pertimbangan tersangka tidak melarikan diri.

“Antara tersangka dengan korban sudah damai dan permintaan maaf satu sama lain. Tapi proses hukum harus tetap berjalan. Atas pertimbangan tersangka tidak melarikan diri dan mangkir dari panggilan petugas, maka kami tidak menahan tersangka,” jelas Kasatreskrim Polresta Malang, AKP Decky Hermansyah, dihubungi detiksurabaya.com melalui telepon genggamnya, Senin (22/3/2010) malam.

Mantan Kasatreskrim Polresta Batu ini menuturkan, berdasarkan Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE) Pasal 45, pihaknya menetapkan IL sebagai tersangka, karena terbukti menulis pada akun twitternya, “Claudia Anak Tersundel Yang Gue Tahu”.

Kasus ini sendiri sebenarnya dilaporkan korban ke Polresta Malang pada, Rabu (18/3/2010) lalu, karena merasa tersinggung dengan kalimat yang ditulis tersangka pada, Senin (15/3/2010).

“Korban melapor setelah pelaku tetap bersikukuh bahwa yang dilakukannya itu benar. Karena kesal dan menilai pelaku tidak mau meminta maaf, korban pun akhirnya melapor ke polisi,” jelas Hermansyah.

Hermansyah menambahkan, dugaan penghinaan di Twitter itu dilakukan tersangka, karena kesal terhadap korban yang dinilai telah merebut teman prianya.

“Sebelumnya, tersangka juga kerap mengirim pesan singkat kepada korban yang isinya menghina dengan kata-kata kotor. Keduanya sudah saling kenal, tapi karena masalah pribadi, hubungan keduanya berubah permusuhan,” pungkas Hermansyah.

Sumber : http://id.news.yahoo.com/dtik/20100322/tid-hina-lewat-twitter-pelajar-smp-di-ma-b1ae096.html