Khasiat dan Kandungan Yang Terdapat Pada Buah Alpukat

Khasiat dan Kandungan Yang Terdapat Pada Buah Alpukat

Buah yang paling kaya kandungan asam folatnya adalah alpukat (avokad), buah berkulit hijau, umumnya berbentuk lonjong, ini termasuk dalam keluarga Lauraceae. Buah yang berasal dari Amerika Tengah, dan saat ini banyak  kita jumpai tumbuh di daerah tropis, termasuk di Indonesia.

Banyak orang yang  takut mengonsumsi buah ini karena beranggapan alpukat sangat tinggi kandungan lemaknya. Kandungan lemak dalam alpukat bisa mencapai 20-30 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan yang lainnya. Tetapi, perlu diketahui bahwa lemak yang terkanduung dalam alpukat adalah lemak baik. Lemak tak jenuh tunggal yang mampu membantu menurunkan kada r kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan menaikkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

 Khasiat dan Kandungan Yang Terdapat Pada Buah Alpukat


Khasiat dan Kandungan Yang Terdapat Pada Buah Alpukat

Buah alpukat merupakan satu-satunya jenis buah yang paling kaya mengandung asam folat – zat gizi yang harus dipenuhi oleh ibu hamil. Kekurangan folat dapat mempengaruhi pembentukan fungsi otak, saraf, dan sumsum tulang belakang, sehingga dapat mengakibatkan bayi yang dilahirkan dalam kondisi cacat.

Selain asam folat dan lemak, buah alpukat juga mengandung serat yang mampu mencegah sembelit. Sedangkan kadar kalium pada alpukat 2-3 kali lebih banyak dari buah pisang, kalium bermanfaat untuk membantu menyeimbangkan tekanan darah. Selain buah alpukat, bahan makanan yang merupakan sumber asam folat adalah susu, pisang, brokoli, taoge, jeruk, kacang-kacangan seperti tempe, bayam dan sayuran hijau lainnya.

Demikian artikel mengenai khasiat dan kandungan yang terdapat pada buah alpukat, semoga bermanfaat.