Kapasitas Blu-ray Tembus 128GB

Blu ray Kapasitas Blu ray Tembus 128GB

Dahulu kapasitas cakram Blu-ray mungkin hanya mencapai 30GB – 50GB. Nah, seiring berkembangnya jaman, kapasitasnya kini telah meningkat menjadi 128GB.

Seperti dikutip detikINET dari maximumpc, Jumat (9/4/2010), Asosiasi Blu-ray telah menetapkan standar kapasitas cakram tersebut menjadi 128GB (untuk cakram sekali pakai) dan 100GB (untuk cakram yang bisa ditulis berulang).

Format baru ini bernama BDXL. Sayangnya, ada kemungkinan bahwa BDXL tidak kompatibel dengan hardware lama. Terkait masalah aplikasi film komerisal, belum ada kejelasan apakah BDXL akan menggantikan cakram Blu-ray yang ada saat ini atau tidak.

Ada kemungkinan nantinya bakal dikembangkan home theatre 3D berbasis BDXL, mengingat besar kapasitas yang diusungnya. Tentunya ini bakal menjadi lompatan teknologi bagi industri film box-office.

Cakram baru ini akan memuat tiga atau empat layer dalam satu keping BDXL. Dengan ini, BDXL otomatis akan membutuhkan laser yang lebih kuat untuk membaca data di tiap kepingnya.

Diharapkan BDXL pun dapat menyasar ke segmen pengguna PC untuk menggantikan sistem optik terdahulu. Bisa diprediksi, cakram ini pasti berharga relatif mahal saat pertama diluncurkan

Sumber : http://www.detikinet.com/read/2010/04/09/131528/1335247/317/kapasitas-blu-ray-tembus-128gb

Kapasitas Blu-ray Tembus 128GB

Blu ray Kapasitas Blu ray Tembus 128GB  5465

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Current ye@r *

CommentLuv badge
 

Hot Newsclose