Jus Jeruk Bermanfaat Hancurkan Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu gangguan kesehatan yang umum dialami kaum lelaki. Gangguan ini seringkali menimbulkan rasa sakit yang cukup mengganggu. Bagaimana cara mencegah pembentukan lanjutan?

Selain menggunakan obat-obatan, penderita seringkali didorong mengubah diet, salah satunya adalah dengan minum jus sitrus. Kandungan sitrat dalam buah mengurangi pembentukan batu kalsium oksalat (tipe yang paling umum) dan menurunkan kadar keasaman urin. Cara kerja ini hampir sama dengan obat-obat batu ginjal.

Jus apa saja? Tidak semua jus mempunyai efek yang sama. Penderita batu kalsium biasanya dianjurkan minum lemonade atau jus lemon yang telah diencerkan. Akan tetapi, studi yang didanai National Health Institutes menemukan hasil yang agak berbeda.

Keasaman urin

Dalam studi ini, peneliti membandingkan efektivitas jus jeruk dengan lemonade pada pasien batu kalsium. Peneliti menemukan, tiga cangkir jus jeruk sehari (dipadukan dengan diet untuk pasien batu ginjal) lebih efektif meningkatkan kadar sitrat dan menurunkan keasaman urin dibandingkan lemonade atau air yang telah disuling.

Selain itu, studi ini juga menemukan bahwa jus cranberry dan jus apel baik untuk beberapa jenis batu tetapi buruk untuk jenis lainnya. Kedua jus ini, seperti dikutip situs nytimes.com, meningkatkan risiko kekambuhan batu kalsium, tapi mencegah jenis batu ginjal lain yang dikenal dengan brushite.

Sedang jus grapefruit meningkatkan risiko batu ginjal. Sebuah studi yang dipublikasikan di The Annals of Internal Medicine menemukan bahwa secangkir jus grapefruit sehari meningkatkan risiko batu ginjal hingga 44 persen.


Hasil Pencarian Populer:

obat batu ginjal apel.

Comments