Jerman Ciptakan Sekrup Tulang Biodegradable

BREMEN – Selama bertahun-tahun, pasien penderita kerusakan tulang harus merasakan sakit akibat keberadaan sekrup titanium pada tulang mereka.

Sekrup titanium yang dipasang sementara pada tulang rusak harus diambil melalui proses operasi dan menyebabkan proses penyembuhan berlangsung lama.

Philip Imgrund dari Fraunhofer Institute di Bremen, Jerman kemudian menemukan solusi bagi masalah ini dengan menciptakan jenis sekrup baru yang tidak perlu dicabut saat tulang sudah membaik.

Seperti dilansir Cnet, Rabu (3/3/2010), sekrup ini bersifat biodegradable sehingga akan menghilang dengan sendirinya, dan dalam kurun waktu dua tahun akan diserap perlahan oleh tulang. Sekrup yang terbuat dengan teknologi biomaterial ini kemudian akan mendukung penyembuhan dan pertumbuhan tulang rusak dan tidak akan meninggalkan bekas rongga pada tempat yang dipasangi sekrup.

Kebanyakan sekrup biodegradable saat ini terbuat dari bahan polylactic acid. Bahan ini akan meninggalkan lubang ketika sekrup perlahan menghilang. Sementara sekrup yang dikembangkan ilmuwan di Imgrund menambahkan campuran bahan hydroxylapatite, yaitu bahan utama pembentuk tulang.

“Kami telah memodifikasi biomaterial ini sehingga mereka dapat dibentuk menjadi sekrup yang kuat sekaligus dapat diserap tulang,” kata Imgrund.

Dia menambahkan, komposisi ini memiliki kandungan hydroxylapatite lebih tinggi yang dapat mendukung pertumbuhan tulang implan.

Sumber : OkeZone.com

Comments