Ini Dia Pesan Twitter Pertama Langsung dari Ruang Angkasa

Untuk pertama kalinya, pesan Twitter dikirim langsung dari luar angkasa. Hal tersebut terlaksana berkat layanan baru yang diberikan NASA kepada para astronot yang tengah bertugas di Stasiun Antariksa Internasional atau International Space Station (ISS).

“Hello Twitterverse!. We r now LIVE tweeting from the International Space Station — the 1st live tweet from Space! 🙂 More soon, send your ?s” atau kalau di-Indonesiakan kira-kira “Halo Twitterverse! Kami sekarang bisa ngetweet langsung dari stasiun antariksa internasional-tweet pertama langsung dari luar angkasa :)”

Pesan tersebut dikirimkan oleh astronot bernama Timothy Creamer yang menggunakan nama @Astro_TJ di layanan Twitter. TJ saat ini tengah bertugas di ISS sejak 20 Desember 2009 dan akan menghabiskan waktu di antariksa selama enam bulan.

Pesan tersebut dikirimkan TJ dari layanan akses web personal yang diberi nama Crew Support LAN, Jumat (22/1/2010). Layanan ini hanya bisa digunakan saat jalur komunikasi satelit berkecepatan tinggi melalui Ku-band antara stasiun antariksa dan pusat pengendali di darat tengah terhubung. Tak hanya Twitter, layanan tersebut juga dapat digunakan untuk mengakses web secara umum.

Untuk mengakses internet, astronot dibekali laptop khusus yang dilengkapi papan ketik virtual. Laptop tersebut bisa digunakan untuk mengakses komputer desktop yang ada di pusat kontrol di darat dari jarak jauh. Tampilan di desktop akan bisa dilihat di laptop tersebut, termasuk melakukan akses internet.

Pesan Twitter yang dikirimkan TJ sebenarnya bukanlah pesan tweet pertama yang dikirim dari luar angkasa. Sebelumnya, Mei 2009, astronot Mike Massimino dengan nama @Astro_Mike sudah lebih dulu menceritakan pengalamannya di luar angkasa lewat Twitter. Namun, ia tidak langsung mengakses Twitter tetapi mengirimkan pesan tersebut lewat email, kemudian staf NASA yang akan mengirimkannya ke Twitter.

 

Comments