Pendhowo.com

Terbaru dan Terbaik 2013

deposit pulsa all operator, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Ini 6 Cara Cegah Sakit Punggung Saat Traveling

Ini 6 Cara Cegah Sakit Punggung Saat Traveling

Sejak dulu, sakit punggung selalu identik dengan penyakit yang diidap oleh orang tua. Padahal sakit punggung bisa juga dialami oleh kita yang masih berusia muda. Kan semua tergantung dari aktivitas dan juga pola hidup yang dijalani.

Beberapa orang yang berusia muda juga kerap kali mengalami masalah sakit punggung. Selain karena memang masalah gaya hidup ada juga yang memang karena faktor kelainan ataupun kurang asupan.

Sakit punggung yang dialami selama berada di rumah saja sudah sangat menyiksa, apalagi ketika dalam perjalanan. Terbayang kan rasa sakitnya seperti apa. Pasti akan membuat kita sulit untuk beraktivitas dan juga bergerak bebas menjelajahi destinasi.

Kerap mengalami sakit punggung padahal sebentar lagi akan pergi traveling? Simak dulu ulasan bagaimana mengatasinya berikut ini:

 

  1. Atur jadwal penerbangan kamu sebaik mungkin

Tidak bisa kita pungkiri kalau rasa lelah paling sering kita alami di dalam perjalanan. Terutama di dalam pesawat dengan penerbangan kelas ekonomi. Skenario kaki tertekuk dan duduk berdiam selama berjam-jam terasa sangat melelahkan. Terlebih lagi kalau perjalanan ke luar negeri bisa memakan waktu seharian.

Nah, kalau sudah begitu terkadang sulit untuk menghindari naik pesawat karena itulah moda transportasi yang paling nyaman di antara moda lainnya. Yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih penerbangan yang tidak memerlukan transit. Atau kalau memang harus transot pilih jeda yang lumayan panjang untuk kamu bisa istirahat sejenak di hotel terdekat.

Kamu bisa saja pesan tiket yang lumayan mahal tapi bisa memberikan kenyamanan yang ekstra. Tidak usah khawatir masalah harga. Kamu wajib cari promo tiket murah pesawat sebelum berangkat dan bandingkan dengan berbagai online travel agency lainnya.

 

  1. Rutin bergerak, jangan cuma duduk sepanjang perjalanan

Selama perjalanan panjang. Kalau bisa kamu harus rajin mengangkat badan dan juga rutin bergerak. Pasalnya kalau kamu hanya melakukan satu posisi duduk tanpa mengubahnya sesering mungkin, rasa sakit di punggung kamu akan muncul dan menghantui sepanjang perjalanan.

Gerakan yang bisa dilakukan adalah merentangkan tangan ke atas sambil menggerakkan leher dan kepala ke kanan lalu ke kiri. Kamu bisa melakukan ini di lorong pesawat tanpa harus mengganggu penumpang yang duduk di sebelah kamu.

Wajar jika duduk dalam jangka waktu yang lama dapat memicu sakit punggung datang. Selama tidak mengalami pergerakkan, otot-otot akan dengan mudah kaku dan juga peredaran darah menjadi tidak lancar.

 

  1. Perhatikan beban berat barang bawaan

Barang bawaan kamu juga sangat menentukan nasib punggung kamu selama perjalanan. Meskipun yang kamu bawa adalah koper, tetap saja selama proses menarik, mendorong dan mengangkatnya dari satu tempat ke tempat lain juga butuh otot punggung.

Untuk itu, usahakan untuk membawa barang bawaan yang penting saja, terutama kalau kamu membawa ransel. Kalau dirasa ada barang yang mudah ditemukan dan dibeli di tempat tujuan ya sebaiknya beli di sana saja, tidak peru repot membawanya.

Penting juga untuk membawa tas kecil yang bisa cukup untuk memasukkan handphone, dompet dan paspor, jadi selama berkeliling dan jalan-jalan kamu tidak perlu menenteng tas ransel yang berukuran besar.

Ini 6 Cara Cegah Sakit Punggung Saat Traveling

Foto: shutterstock

 

  1. Maksimalkan layanan hotel

Meskipun kamu termasuk orang yang mandiri, kamu jangan sampai melewatkan fasilitas hotel yang memang ditawarkan. Misalnya membawa koper dari lobby ke kamar.

Jika barang bawaan kamu besar, jangan sungkan untuk meminta bantuan roomboy membawakannya. Lalu, meskipun nantinya kamar hotel kamu terletak di lantai dua, gunakan saja lift supaya bisa menghemat tenaga dan mengistirahatkan otot-otot kamu.

Akan lebih baik lagi kalau kamu menginap di hotel berbintag. Tidak usah takut mahal, karena kamu bisa cek harga hotel terbaik di Reservasi.com.

 

  1. Selalu bawa perlengkapan tidur yang praktis untuk perjalanan

Maksudnya di sini adalah kamu membawa perlengkapan tidur seperti bantal leher ataupun penutup mata. Sekarang kan banyak tuh perlengkapan yang praktis dan inovatif yang bisa kamu bawa ke mana saja tanpa merepotkan.

Fungsi dari bantal leher ini jangan dianggap remeh lho, karena selama kita duduk berjam-jam dan tidur dalam posisi terduduk leher kita lama kelamaan akan merasa lelah menopang kepala. Parahnya, ini bisa memengaruhi otot di punggung juga hingga memicu sakit punggung.

Karenanya, ada bantal leher yang bisa membantu menopang kepala dan mengistirahatkan leher sejenak. Dan ada juga penutup mata yang bisa membantu tidur kamu lebih nyenyak dan berkualitas.

 

  1. Jangan biarkan stres menguasai dirimu

Ada banyak orang yang mengakui kalau stres bisa memicu sakit punggung. Sebenarnya ada penjelasan ilmiah soal ini, tapi tidak akan kita bahas panjang lebar di sini.

Intinya, stres berhubungan dengan otot-otot yang ada di sekitar punggung dan pundak yang tersambung ke kepala. Nah, saat stres, otot-otot tersebut akan langsung tegang dan bisa membuat bagian punggung hingga pundak kaku dan sakit jika bergerak.

Karenanya, hindari stres selama liburan dan sebisa mungkin atasi sebuah masalah dengan rileks dan jangan terlambat supaya kamu bisa santai sejenak.

Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.